Cara Keluar dari Aplikasi Gmail

Tautan Perangkat
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Aplikasi seluler Gmail adalah cara yang bagus untuk tetap mendapatkan informasi terbaru saat bepergian. Namun, Anda mungkin perlu keluar dari akun Gmail di ponsel sesekali. Mungkin Anda ingin berhenti menerima email dari akun lama, atau sedang berlibur dan ingin keluar dari jaringan untuk sementara waktu.

Saat keluar dari Gmail, Anda mungkin mendapati prosesnya lebih rumit dari yang diharapkan. Faktanya, aplikasi Gmail bahkan tidak memiliki tombol logout.

Untungnya, artikel ini dapat membantu. Baca di bawah untuk mengetahui cara keluar dari aplikasi Gmail, terlepas dari apakah Anda menggunakan perangkat Android atau iOS.

Cara Keluar dari Aplikasi Gmail di Ponsel Android

Salah satu cara termudah untuk keluar dari aplikasi Gmail Anda adalah untuk menghapus akun Gmail Anda dari perangkat. Berikut cara melakukannya dalam beberapa langkah sederhana.
Buka “Setelan” di ponsel atau tablet Anda. Buka “Akun dan Sinkronisasi,” lalu ke “Google.” Temukan akun Gmail yang ingin Anda hapus dan ketuk. Ketuk tiga titik vertikal untuk membuka opsi tambahan. Pilih “Hapus akun.”
Jika Anda menggunakan metode ini, Anda harus menyadari bahwa ini akan menghapus akun di semua aplikasi di Google suite. Dengan kata lain, Anda tidak akan dapat menggunakan informasi pribadi yang ditautkan ke Maps, YouTube, Google Drive, atau layanan lain dari Google.

Atau, Anda dapat mencegah email baru muncul tanpa menonaktifkan akun Anda. Untuk melakukannya, cukup matikan opsi sinkronisasi:
Buka akun Google Anda. Masukkan opsi “Sinkronisasi akun”. Nonaktifkan tombol Gmail.
Metode terakhir adalah menghapus data Gmail Anda. Tindakan ini akan secara efektif menyebabkan aplikasi berperilaku seperti baru saja diinstal, dan Anda tidak akan masuk.
Masukkan “Pengaturan”, lalu “Aplikasi”. Temukan “Google” dan ketuk di atasnya. Buka “Penyimpanan & Cache. ”Pilih “Hapus Penyimpanan” atau “Hapus Data.”
Menyetel ulang aplikasi Gmail dengan cara ini tidak akan memengaruhi data yang disimpan di akun Anda. Ini hanya akan menghapus informasi dari aplikasi di perangkat Anda.

Cara Keluar dari Aplikasi Gmail di iPhone

Jika menyangkut iPhone, cara paling andal untuk keluar dari aplikasi Gmail Anda adalah dengan mematikan akun Gmail Anda:
Luncurkan Gmail dan ketuk gambar profil Anda. Buka “Kelola akun di perangkat ini.” Nonaktifkan tombol di sebelah akun Anda. Sebuah pop-up akan muncul. Ketuk “Selesai.”
Setelah Anda menonaktifkan akun, akun itu tidak akan muncul lagi di Gmail. Jika Anda ingin mengaktifkannya kembali, Anda dapat melakukannya dengan mengulangi proses di atas dan mengaktifkan tombol pada langkah 3.

Selain metode ini, Anda juga dapat menghapus akun Google Anda sama sekali. Proses ini sangat mirip dengan yang pertama. Dua langkah pertama akan sama, tetapi pada langkah 3, Anda tidak akan menonaktifkan tombol. Sebagai gantinya, Anda akan mengetuk “Hapus dari perangkat ini.”

Cara Keluar dari Aplikasi Gmail di iPad

Anda dapat keluar dari akun Gmail di iPad dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan di iPhone. Pilihan Anda akan turun untuk mematikan akun Gmail atau menghapus akun.

Untuk mematikan akun Anda, masuk ke aplikasi Gmail dan ikuti langkah-langkah ini:
Pilih gambar profil Anda.Ketuk “Kelola akun di perangkat ini.” Nonaktifkan tombol biru .
Jika Anda ingin menghapus akun, Anda harus mengulangi langkah 1 dan 2. Kemudian, pilih “Hapus dari perangkat ini” alih-alih langkah asli 3.

Cara Keluar dari Aplikasi Gmail di Ponsel Samsung

Karena perangkat Samsung ditenagai oleh Android, metode untuk keluar dari akun Gmail Anda di Samsung akan sama seperti untuk perangkat Android lainnya.

Anda harus masuk ke “Pengaturan” dan pergi ke “Akun dan Sinkronisasi” atau, sebagai alternatif, “Akun dan Cadangan.” Dari sana, Anda akan dapat menemukan akun Gmail Anda dan menonaktifkannya. Metode ini akan mencegah email baru masuk. Semua informasi Anda akan tetap aman dan tidak ada yang akan dihapus. Tentu saja, Anda akan dapat mengakses email baru dengan mengaktifkan akun Gmail Anda.

Mengucapkan Selamat Tinggal pada Aplikasi Gmail

Meskipun keluar dari aplikasi Gmail tidak semudah beberapa tindakan lain di perangkat seluler, tindakan tersebut tentu saja mungkin dilakukan.

Sekarang setelah Anda mempelajari cara keluar dari Gmail di ponsel atau tablet, Anda dapat menyediakan ruang untuk aplikasi email alternatif dan memilih opsi Anda.

Apakah Anda berhasil keluar dari aplikasi Gmail? Beri tahu kami di komentar di bawah.