Cara Melihat Metadata EXIF ​​di Foto di iPhone

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setiap foto yang Anda ambil di iPhone menyertakan metadata EXIF, yang merekam informasi tentang bagaimana, kapan, dan di mana Anda mengambil foto. Sebelumnya, Anda memerlukan utilitas khusus untuk melihat metadata EXIF ​​​​di iPhone, tetapi dengan iOS 15 dan lebih tinggi, Anda dapat melihatnya langsung di aplikasi Foto. Begini caranya.

Pertama, buka aplikasi Foto di iPhone Anda. Temukan album yang berisi foto yang metadatanya ingin Anda temukan, lalu ketuk. Pada tampilan thumbnail, ketuk foto untuk melihatnya dengan lebih detail.

Dalam tampilan detail untuk foto, ketuk tombol “Info” yang terletak di bilah alat di bagian bawah layar Anda (terlihat seperti huruf kecil “i” di lingkaran).

Sebuah jendela khusus akan terbuka di dekat bagian bawah layar Anda. Di jendela itu, Anda akan melihat tanggal dan waktu foto diambil dan kotak info. Jika foto tersebut menyimpan lokasi pengambilan foto, Anda juga akan melihat info tersebut.

Tepat di bawah informasi tanggal dan waktu, Anda akan melihat kotak info yang memberi tahu Anda detail tentang foto tersebut termasuk perangkat apa yang mengambil foto, apa format gambarnya (“HEIF” dalam contoh ini), jika itu adalah foto langsung, lensa kamera yang digunakan, resolusi gambar, ukuran gambar (“1,9 MB” di sini), dan informasi eksposur seperti ISO, aperture, dan kecepatan rana.

Sangat berguna! Setelah selesai, Anda dapat menyembunyikan jendela info dengan mengetuk tombol “Info” lagi. Untuk memeriksa data EXIF ​​​​pada foto lain, pilih di Foto dan ketuk tombol Info lagi. Semoga berhasil, dan selamat menyelidiki!

Itulah berita seputar Cara Melihat Metadata EXIF ​​di Foto di iPhone, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.