Cara Melihat Riwayat Clipboard di Mac

Mac telah dilengkapi dengan clipboard yang sering kurang dimanfaatkan selama beberapa dekade. Kemampuan untuk menyalin dan menempel sangat berguna, tetapi bisa jadi sulit untuk digunakan. Misalnya, jika Anda menyalin sesuatu dan lupa untuk segera menempelkannya, Anda harus kembali ke teks asli untuk mengulangi prosesnya. Namun, dengan clipboard, Anda tidak perlu melakukan ini.

Artikel ini akan membahas cara menggunakan riwayat clipboard untuk menyalin dan menempel dengan lebih efisien.

Di Mana Clipboard di Mac?

Clipboard Mac Anda berjalan dengan tenang di latar belakang dan tidak bukan sesuatu yang sering kita pikirkan. Ini menggunakan daya pemrosesan minimal dan tidak membutuhkan banyak ruang. Jika Anda berharap untuk membuka clipboard dan menemukan semua yang pernah Anda salin, Anda akan kecewa. Fitur clipboard terbatas Mac hanya akan menampilkan hal terakhir yang Anda salin.

Berikut cara melihat clipboard Anda:
Buka Finder dan ketuk “Edit” di sudut kiri atas.Klik “Tampilkan Clipboard” untuk menemukan hal terakhir yang Anda salin.
Universal Clipboard

Dengan iOS 10 dan macOS Sierra, Apple memperkenalkan Papan Klip Universal yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dan menempel di beberapa perangkat secara bersamaan. Yang diperlukan hanyalah perangkat masuk ke akun iCloud yang sama, terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, dan mengaktifkan Bluetooth. Papan Klip Universal adalah alat penghemat waktu yang luar biasa yang memungkinkan Anda bekerja pada perangkat Apple yang berbeda secara bersamaan.

Papan Klip Sekunder Tersembunyi

Apple memiliki papan klip tersembunyi yang tidak dipublikasikan. Berbeda dengan clipboard biasa, ia menggunakan fitur potong alih-alih menyalin. Untuk menyalin teks dari dokumen, tekan Control + K untuk memotong lalu Control + Y untuk menempelkan konten Anda. Metode ini tidak menghapus konten yang sudah ada di clipboard seperti yang biasanya terjadi dengan fitur salin dan tempel.

Alat Clipboard Pihak Ketiga

Satu-satunya hal yang disimpan di clipboard Mac Anda adalah item terakhir yang Anda salin. Ini adalah batasan besar yang mencegah pengguna melihat riwayat salinan mereka tanpa menggunakan alat khusus. Untungnya, banyak pengembang telah mengerjakan solusi yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol jumlah item yang dapat disimpan oleh clipboard mereka. Bahkan ada aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat beberapa clipboard di Mac.

JumpCut

Aplikasi JumpCut adalah alat sumber terbuka yang memungkinkan Anda melihat riwayat clipboard Anda. Ini adalah aplikasi sederhana dan andal yang telah ada selama beberapa waktu. Saat mengunduh program ini, Anda mungkin mendapatkan perintah dari Apple yang memberi tahu Anda bahwa mereka tidak mengenali pengembangnya. Itu sudah diduga karena JumpCut bukan salah satu aplikasi iOS mereka. Inilah yang perlu Anda lakukan saat mengunduh program.
Head ke “System Preferences” dan ketuk “General.” Pilih “Open Anyway” untuk melanjutkan instalasi.
Setelah JumpCut diinstal di komputer Anda, itu akan mulai membuat daftar item yang Anda salin. Ikon aplikasi adalah gunting kecil yang akan muncul di bilah menu Anda. Untuk menggunakan konten yang disalin, ketuk ikon JumpCut, klik item yang Anda minati, dan tempel di mana pun Anda membutuhkannya.

Flycut

Aplikasi Flycut adalah pengelola clipboard open-source gratis yang dirancang untuk pengembang. Sayangnya, itu tidak mendukung penyalinan gambar atau tabel. Saat Anda meluncurkan Flycut, ikon aplikasi muncul di bilah menu. Mengklik ikon ini akan menampilkan konten yang Anda salin. Untuk menggunakan data ini, ketuk teks yang ingin Anda gunakan, dan rekatkan ke dokumen yang relevan.

CopyClip

Meskipun mirip dengan pengelola clipboard ringan lainnya seperti Jumpcut dan Flycut, CopyClip adalah alternatif yang baik jika Anda mencari yang sederhana namun efektif aplikasi. Sayangnya, CopyClip hanya mendukung teks biasa dan tidak mempertahankan pemformatan. Itu berarti Anda tidak dapat menyalin tautan atau tabel.

Tidak seperti Flycut dan JumpCut, CopyClip tidak memiliki hotkey untuk mengakses perpustakaannya. Sebaliknya, itu hanya menampilkan ikon bilah menu yang dapat Anda klik untuk memilih cuplikan yang ingin Anda salin. Namun, Anda dapat menetapkan batas berapa banyak cuplikan yang akan ditampungnya. Ini akan membantu Anda menghemat beberapa ruang penyimpanan.

Anda juga dapat mencegah aplikasi tertentu disimpan ke riwayat clipboard Anda dengan mengeklik opsi “Kecualikan aplikasi”. Ini akan membantu menjaga kerahasiaan informasi sensitif.

Copy’Em

Copy’Em adalah aplikasi bagus untuk mengelola clipboard Mac Anda. Ini menawarkan berbagai fitur, dan sangat tidak mengganggu.

Anda dapat mengakses perpustakaan Copy’Em Anda melalui bilah menu. Itu dapat melacak semua detail yang Anda salin, termasuk teks kaya, gambar, dan cuplikan kode. Itu bahkan dapat menyalin seluruh file.

Copy’Em memungkinkan Anda untuk mengurutkan konten ke dalam kategori dan menyalin atau menyeretnya ke lokasi yang Anda inginkan. Jika Anda ingin melacak semua item yang telah Anda salin, Anda dapat mengelompokkan dan menyimpannya dalam daftar.

Salah satu fitur terbaik aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar langsung ke pengelola papan klip aplikasi. Anda juga dapat menjeda Copy’Em jika Anda memutuskan bahwa clipboard built-in pada perangkat Anda sudah cukup untuk Anda.

Copy’Em berpasangan dengan baik dengan Paste Queue, yang memungkinkan Anda untuk menyalin banyak item secara bersamaan dan menempelkannya ke lokasi pilihan Anda. Ini berarti Anda tidak perlu bolak-balik antar dokumen.

Paste

Paste adalah aplikasi luar biasa untuk mengelola beberapa clipboard. Ini memiliki antarmuka yang ramah pengguna yang memudahkan untuk menyelesaikan tugas salin-tempel Anda. Namun, ini adalah aplikasi berlangganan, yang mungkin tidak ideal untuk semua orang.

Dengan Tempel, Anda dapat memutuskan berapa banyak cuplikan yang ingin disimpan di aplikasi, mulai dari lima puluh hingga tidak terbatas. Cuplikan ini dapat mencakup teks, tautan, gambar, dan tabel. Tombol Shift + Cmd + V akan memungkinkan Anda untuk menempelkan konten Anda ke lokasi pilihan Anda.

Dengan fitur Pinboard aplikasi, Anda dapat mengatur cuplikan Anda ke dalam berbagai kategori. Anda juga dapat menggunakan bilah pencarian untuk mencari item yang ingin Anda gunakan.

Paste memiliki masa uji coba 14 hari yang memungkinkan Anda menguji coba program untuk melihat apakah program tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Memperbaiki Clipboard

Jika Anda menyalin dan menempel tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Monitor Aktivitas dapat membantu. Berikut cara menggunakannya:
Buka “Aplikasi” dan ketuk “Utilitas.” Luncurkan “Monitor Aktivitas,” ketik “pboard” di bilah pencarian, dan tekan “Enter.” Tekan “X” di sudut kiri atas layar untuk keluar dari jendela.
Ini akan mengatur ulang clipboard Anda dan fungsi salin-tempel akan beroperasi kembali.

Jika masih ada masalah, masalahnya mungkin pada keyboard Anda. Untuk memperbaiki ini, ikuti langkah-langkah di sini:
Sorot teks pada dokumen Anda. Pilih “Salin” dan kemudian “Tempel” dari menu edit.
Jika materi berhasil disalin dan ditempel, maka masalahnya adalah keyboard dan bukan clipboard Anda. Mulai ulang perangkat Anda agar keyboard berfungsi dengan benar.

A Cara yang Lebih Baik untuk Menyalin dan Menempel

Fitur papan klip Mac yang kurang dimanfaatkan membuat proses salin-tempel lebih efisien. Dengan bantuan panduan ini, Anda dapat mempelajari cara menggunakan alat ini untuk meningkatkan produktivitas. Papan klip Mac memiliki beberapa keterbatasan, tetapi untungnya, pengembang telah turun tangan untuk memperbaiki masalah tersebut. Mengunduh beberapa program pihak ketiga yang disebutkan di sini dapat meningkatkan fitur salin-tempel perangkat Anda secara signifikan.

Sudahkah Anda melihat clipboard Mac Anda? Metode apa yang Anda gunakan? Beri tahu kami di komentar di bawah.