Cara Melihat Riwayat Perintah Anda di Command Prompt pada PC Windows

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
Windows 10Windows 11Perangkat Hilang?
Program Command Prompt adalah salah satu alat paling berguna di komputer Windows mana pun. Ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan mereka dan mengontrol perilaku komputer mereka. Namun, tergantung pada versi sistem operasi yang Anda instal, ini mungkin bukan program yang paling ramah pengguna. Akibatnya, Anda mungkin kesulitan mengakses riwayat Command Prompt.

Untungnya, Anda dapat menyelesaikan masalah ini hanya dalam beberapa klik, terlepas dari apakah komputer Anda berjalan pada Windows 10 atau 11.

Teruskan membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Memeriksa Riwayat Command Prompt di Windows 10 PC

Command Prompt di komputer Windows 10 hanya merekam data tentang sesi aktif. Jadi, jika Anda telah menjalankan beberapa perintah dan secara tidak sengaja me-reboot PC Anda, Anda tidak akan dapat melihat perintah tersebut menggunakan Command Prompt. Masalah ini telah lama membuat frustrasi pengguna Windows, dan Microsoft belum merilis solusi jangka panjang.

Ada dua cara Anda dapat mengakses riwayat Command Prompt di Windows 10. Yang pertama melibatkan pintasan keyboard, sedangkan yang kedua menggunakan baris perintah sederhana .

Periksa Riwayat Perintah Dengan Pintasan Keyboard

Jika Anda berada dalam krisis waktu, Anda dapat mempercayai keyboard Anda untuk membantu Anda mengambil riwayat Prompt Perintah untuk sesi saat ini. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan Command Prompt dan jalankan beberapa perintah di jendela.Tahan tombol F7 untuk membuka daftar perintah yang baru saja Anda jalankan.Pindai daftar dan tekan yang ingin Anda jalankan lagi.Klik pada “Enter.”
Ini adalah trik praktis saat bekerja dengan baris perintah baru yang masih belum Anda hafal. Cara lain Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk menemukan perintah tertentu adalah dengan mencari riwayat perintah. Prosesnya relatif mudah. Pastikan Anda mengingat setidaknya sebagian dari baris untuk mempersempit pencarian Anda dengan cepat. Petunjuk di bawah ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas:
Pastikan jendela Command Prompt masih terbuka. Tekan tombol F7 untuk membuka riwayat perintah dan tekan F8. Ketik apa yang Anda ingat dari perintah dan tekan F8 lagi. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat menekan F8 sekali lagi untuk melihat entri lain.
Manfaat lain dari mengakses riwayat Command Prompt adalah menjalankan perintah yang disimpan dengan cepat. Alih-alih mengetiknya berulang kali, Anda dapat menggunakan riwayat untuk mengeksekusinya sesering yang Anda suka dalam waktu yang lebih singkat. Langkah-langkah di bawah ini akan memandu Anda melalui proses:
Buka jendela Command Prompt, jalankan perintah yang sesuai, dan akses riwayat. Pindai daftar hingga Anda menemukan entri yang diinginkan, dan ingat nomor di awal baris. Tekan F9 tombol dan ketik nomor perintah yang ingin Anda ulangi. Ketuk “Enter” untuk menyelesaikan tindakan.
Periksa Riwayat Perintah Dengan Doskey

Anda juga dapat menggunakan perintah untuk mengakses riwayat Prompt Perintah di komputer Windows 10 Anda. Sebagian besar pengguna memiliki sedikit kesulitan menggunakan metode ini. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan Command Prompt dari menu Start dan ketik jendela pop-up berikut: “doskey /history” Tekan “Enter.” Perintah yang Anda jalankan di sesi aktif akan muncul di Command Jendela Prompt.Periksa riwayat Anda dan pilih perintah yang sesuai menggunakan panah “Atas” dan “Bawah”. Tekan “Enter” untuk mengulangi perintah.
Jika karena alasan tertentu, panah pada keyboard Anda tidak berfungsi dengan benar, Anda dapat menyalin perintah dari riwayat yang diambil. Rekatkan ke jendela Command Prompt dan tekan “Enter” untuk menjalankannya kembali.

Sayangnya, ketika Anda me-restart komputer Anda, Windows akan menghapus riwayat perintah Anda dari program dan memulai kembali untuk sesi baru. Jika Anda telah menjalankan beberapa perintah berguna yang ingin Anda simpan untuk penggunaan di masa mendatang, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan menyimpan riwayat perintah sebagai file TXT. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya:
Luncurkan Command Prompt dan lihat riwayat perintah Anda.Masukkan “doskey /HISTORY> history.txt” di jendela Command Prompt.
Tindakan ini akan menyimpan riwayat sebagai file TXT di folder Pengguna Windows Anda.

Cara termudah untuk menghapus riwayat perintah Anda adalah dengan me-restart komputer Anda. Tetapi jika Anda ingin tetap menggunakan program ini, Anda dapat menekan “Alt + F7” untuk menghapus data dari sesi saat ini.

Memeriksa Riwayat Prompt Perintah di Windows 11 PC

Fitur Windows 11 Terminal, program konsol yang ditingkatkan. Namun, banyak orang yang telah menggunakan komputer Windows selama bertahun-tahun masih lebih suka bekerja dengan Command Prompt daripada dengan PowerShell atau Terminal.

Anda dapat melihat riwayat perintah Anda di komputer Windows 11 dengan dua cara. Pertama, Anda dapat menggunakan tombol F7. Atau, Anda dapat menjalankan perintah “doskey”.

Periksa Riwayat Prompt Perintah Dengan Pintasan Keyboard

Pintasan F7 akan membantu Anda mengakses riwayat perintah Anda dalam waktu singkat. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk melakukannya:
Tekan tombol “Start”. Ketik “Command Prompt” di bilah pencarian dan pilih hasil teratas. Tekan tombol “F7”.
Tindakan ini akan menghasilkan antarmuka grafis yang menampilkan daftar perintah Anda telah dieksekusi selama sesi saat ini. Perhatikan bahwa daftar akan berisi perintah yang salah ketik.

Saat Anda melihat riwayat, gunakan panah “Atas” dan “Bawah” pada keyboard untuk memilih perintah yang ingin Anda jalankan kembali.

Saat Anda siap untuk melanjutkan, pilih tombol “Esc” untuk menutup jendela.

Periksa Riwayat Command Prompt Dengan Doskey

Perintah “doskey” dapat memanggil kembali perintah yang dieksekusi sebelumnya, mengedit baris perintah, dan bahkan membuat makro dalam program Command Prompt. Untuk menggunakannya untuk memeriksa riwayat perintah Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Tekan tombol “Mulai”. Masukkan “Prompt Perintah” di bilah pencarian dan ketuk hasil teratas untuk meluncurkan program. Ketik jendela Prompt Perintah berikut: “doskey /history“Tekan “Enter.”
Riwayat Anda saat ini akan muncul di layar.

Dengan metode ini, Anda tidak dapat memilih perintah semudah dengan tombol F7. Tetapi Anda dapat menggunakan pintasan keyboard berikut untuk meninjau riwayat Anda dan menjalankan kembali perintah yang sudah dijalankan.

Anda juga dapat mengekspor riwayat perintah dan menyimpannya dalam folder untuk akses cepat. Lain kali Anda kesulitan mengingat perintah yang tepat, cukup periksa dokumen untuk menyegarkan ingatan Anda. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk menyimpan riwayat perintah Anda:
Klik “Mulai” dan ketik “Prompt Perintah” di bilah pencarian. Pilih hasil teratas untuk membuka program dan pilih “Jalankan sebagai Administrator.” Masukkan baris berikut di aplikasi window: “doskey /h >c:cmd_history.txt“Tekan “Enter.”
Pastikan untuk mengganti “doskey /h > c:cmd_history.txt” dengan nama dan jalur folder tempat Anda akan menyimpan file yang diekspor history.

FAQ
Apa perbedaan antara Terminal dan Command Prompt?

Kedua program adalah shell baris perintah yang dapat memecahkan masalah kesalahan dan mengelola pemeliharaan sistem. Namun, Command Prompt lebih ramah pengguna dan cocok untuk tugas sehari-hari. Di sisi lain, Terminal memiliki fungsi yang lebih canggih dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa tugas atau mengerjakan beberapa proyek secara bersamaan.

Keinginan Anda Adalah Command Prompt, Yah, Command

Meskipun beberapa pengguna merasa tidak nyaman mengutak-atik Command Prompt, khawatir mereka akan menyebabkan perangkat lunak masalah, mengambil riwayat perintah Anda relatif cepat dan mudah. Anda dapat menggunakan tombol F7 untuk mengakses informasi ini atau menjalankan perintah “doskey”. Ingat bahwa program hanya menampilkan data dari sesi saat ini, jadi sebaiknya simpan riwayat perintah Anda di komputer untuk akses cepat.

Pernahkah Anda mencari riwayat perintah Anda sebelumnya? Manakah dari metode di atas yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.