Cara Melihat Segala Sesuatu yang Diketahui Facebook Tentang Anda

Untuk mengatakan Facebook adalah layanan media sosial populer tentu saja meremehkan semua itu sebenarnya. Facebook adalah perusahaan global yang menawarkan produk periklanan dan bisnis. Pengguna sehari-hari masuk untuk melihat teman, keluarga, dan meme lucu mereka sambil jarang mempertimbangkan informasi apa yang dikumpulkan perusahaan ini tentang mereka.

Facebook tidak asing dengan praktik privasi yang dipertanyakan. Pada tahun 2018, perusahaan tersebut terkena skandal yang dikenal sebagai transaksi Cambridge Analytica; perusahaan juga merupakan bagian dari pelanggaran data besar-besaran dan bahkan harus membayar FTC 5 miliar dolar untuk pelanggaran privasi konsumen. memiliki kontrol lebih besar atas data Facebook mereka dan apa yang diketahui situs tentang mereka. Untungnya, perusahaan memungkinkan pengguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang informasi mereka, dan kami telah menjelaskan cara melakukannya di bawah ini. Anda juga dapat mengetahui apakah Anda, atau teman Anda, menjadi korban skandal Cambridge Analytica menggunakan alat online ini.

Be diperingatkan, meskipun, benar-benar ada sejumlah informasi yang mengkhawatirkan. Beberapa orang bahkan memperhatikan Facebook telah melacak semua panggilan dan teks yang dilakukan menggunakan ponsel mereka, banyak yang tidak menyadarinya. Jika Anda ingin mengontrol privasi Anda sambil terus menggunakan platform, kami akan mengajari Anda semua yang perlu Anda ketahui dalam artikel ini.

Bagaimana Mengganggu Facebook?

Ada lelucon bahwa Facebook mendengarkan percakapan Anda di luar aplikasi . Banyak pengguna telah menyatakan bahwa mereka telah melakukan percakapan, dan Facebook kemudian menghadirkan iklan yang terkait dengan percakapan itu. Sang pendiri dengan tegas membantah rumor ini, tetapi algoritme pelacakan Facebook sangat bagus, hampir tampak benar.

Jadi, informasi apa yang dikumpulkan Facebook, dan bagaimana mereka menggunakannya?

Aktivitas Di Luar Facebook

Aktivitas di Luar Facebook adalah cara Facebook melacak kebiasaan belanja dan perjalanan Anda. Menurut Facebook, ketika Anda mencari sesuatu secara online atau bahkan pergi ke toko fisik untuk melakukan pembelian, perusahaan itu membagikan informasi Anda dengan Facebook. Setelah Facebook menerima informasi ini, perusahaan menggunakannya untuk mengirim lebih banyak iklan yang dipersonalisasi ke Umpan Berita Anda.

Aplikasi dan Aktivitas Web

Menurut kebijakan privasi perusahaan, Facebook akan mengumpulkan informasi tentang aktivitas online Anda dan juga aktivitas online teman Anda. Ini berarti bahwa meskipun Anda menonaktifkan atau menghapus akun Anda, informasi yang dikumpulkan Facebook dari teman Anda akan tetap ada.

Izin ini sangat berguna bagi Anda, sebagai pengguna, karena Anda dapat dengan cepat masuk ke sebagian besar situs web, aplikasi, dan bahkan menyimpan kemajuan game Anda dalam beberapa kasus.

Informasi lain yang termasuk dalam kategori ini adalah sebagai berikut:
Kontak Anda – Untuk membantu menemukan “ Orang yang Mungkin Anda Kenal”Jaringan dan Koneksi – Siapa dan bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lainTransaksi dan Penggunaan – Bagaimana Anda menggunakan Facebook dan perusahaan afiliasinya (WhatsApp, Instagram, dll.)
Informasi Perangkat

Ini mencakup semuanya mulai dari lokasi Anda hingga Alamat IP Anda dan bahkan masa pakai baterai Anda. Setelah Anda mengunduh Facebook atau masuk di browser web, Facebook memiliki akses ke tempat Anda berada dan jenis perangkat apa yang Anda gunakan.

Untuk membantu mendeteksi bot dengan lebih baik, Facebook bahkan dapat melacak gerakan mouse Anda saat menggunakan platform.

Any Informasi yang Anda Berikan

Dari postingan hingga minat, acara, dan informasi profil disimpan oleh Facebook. Jika Anda telah mencantumkan pandangan politik atau agama Anda di Facebook, perusahaan melacak dan menyimpan informasi itu.

Cara Melihat Data Apa yang Dilacak Facebook

Ada banyak cara untuk melihat informasi apa yang dilacak dan disimpan Facebook tentang Anda. Untungnya, aplikasi seluler membuatnya sangat mudah untuk melihat apa yang disimpan dan, dalam beberapa kasus, bagaimana Facebook memperoleh data. Jadi, mari kita mulai dengan metode termudah terlebih dahulu.

Perlu diingat, bahwa semua petunjuk ini akan muncul dengan mengikuti ikon menu Tiga baris>Jalur pengaturan di aplikasi seluler.
Cara Melihat Aktivitas Di Luar Facebook Anda

Kita akan mulai dengan menunjukkan kepada Anda dari aplikasi mana Facebook mengumpulkan informasi tentang Anda. Buka Pengaturan di aplikasi Facebook dan ikuti langkah-langkah ini:
Gulir ke bawah di Pengaturan ke opsi Aktivitas Di Luar Facebook di bawah judul Informasi Facebook Anda. Ketuk Kelola Aktivitas Di Luar Facebook Anda. Halaman baru akan muncul di mana Anda dapat melihat setiap sumber dari informasi. Ketuk salah satu untuk mempelajari lebih lanjut. Setelah mengetuk salah satu sumber dalam daftar, Anda akan melihat alat mana yang digunakan Facebook untuk mengumpulkan data, jumlah interaksi yang diterima, dan bagaimana perusahaan menggunakan informasi ini. sedikit terlalu invasif Anda dapat menghapus semua riwayat Off-Facebook di akun Anda dengan mengklik opsi Hapus Riwayat yang ditunjukkan pada langkah 2 di atas. Namun, perlu diingat bahwa ini dapat memengaruhi beberapa informasi login dan kemajuan game Anda, tergantung pada aplikasinya.

Anda juga dapat melarang aplikasi individual untuk mengomunikasikan informasi pribadi Anda dengan mengikuti langkah-langkah ini juga. Ketuk opsi Matikan aktivitas mendatang dari… untuk menghentikan sumber individu berkomunikasi dengan Facebook tentang aktivitas Di Luar Facebook Anda.
Akses Informasi Facebook Anda

‘Informasi Facebook’ Anda adalah istilah luas untuk berbagai bagian data yang dimiliki perusahaan tentang Anda. Beberapa di antaranya adalah hal-hal yang cukup standar seperti posting dan teman Facebook Anda. Elemen lain dari bagian ini sedikit lebih menarik. Mari kita lihat:
Buka Pengaturan di akun Facebook Anda. Kemudian, ketuk Akses Informasi Anda di bawah tajuk Informasi Facebook Anda. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman dengan beberapa kategori. Anda dapat mengklik salah satu dari ini untuk mengakses tautan ke informasi yang disimpan tentang Anda. Untuk contoh kami, kami akan mengetuk Informasi yang Tercatat. Gulir daftar opsi untuk mengetahui lebih lanjut.
Meskipun perlu beberapa waktu untuk menelusuri setiap kategori, dan melalui setiap sub-kategori, Facebook benar-benar membuatnya mudah untuk dilihat apa yang dikumpulkan perusahaan dan bagaimana. Namun, ada metode lain juga.
Download informasi Facebook Anda:

Opsi lain, opsi jangka panjang, adalah mengunduh semua informasi Facebook Anda ke perangkat pilihan Anda. Jadi, jika Anda masih ingin melihat semua yang diketahui Facebook tentang Anda hanya dengan beberapa klik dan sedikit kesabaran, berikut caranya:

Klik panah bawah di akun Facebook Anda dan buka Pengaturan dan Privasi, lalu Pengaturan.

Di sebelah kiri sisi, klik Informasi Facebook Anda.

Klik Lihat di sebelah Unduh Informasi Anda.

Pada halaman berikutnya, klik Buat File.

Klik Salinan yang Tersedia klik Unduh Lagi.

Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi Anda.

File turun sebagai .zip, jadi pastikan Anda memiliki sesuatu yang mampu membongkarnya; baik OS X dan Windows 10 menangani ini tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan.

Sekarang Anda dapat menelusuri jalan Anda melalui serangkaian penyimpanan informasi seperti halaman web. Misalnya, index.htm adalah versi arsip profil Facebook Anda, termasuk hubungan masa lalu, pekerjaan, dan institusi pendidikan. Anda dapat melihat setiap foto yang telah Anda unggah bersama dengan semua data EXIF ​​yang dimiliki Facebook – yaitu, di mana dan kapan foto itu diambil dan bahkan di mana foto itu diunggah. Anda bahkan dapat melihat semua orang yang pernah Anda hapus pertemanannya—maaf, teman-teman.

Faktanya, Facebook telah melacak setiap acara yang pernah Anda hadiri, video yang diunggah, lokasi dan perangkat yang Anda gunakan untuk masuk, pesan yang Anda kirim, gambar yang kompilasi untuk pengenalan wajah, dan bahkan topik iklan apa yang menurut Anda lebih Anda sukai untuk dilayani.
Mengunduh Data Facebook dari Perangkat Seluler

Mungkin lebih mudah untuk mengunduh data Anda dari Facebook di perangkat seluler. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi Facebook dan ketuk tiga garis horizontal untuk mengakses Pengaturan. (Tiga baris mungkin berada di sudut kiri atau kanan atas tergantung pada OS Anda).

Ketuk pada ‘Unduh Informasi Facebook Anda’ yang terletak di bawah bagian Informasi Facebook Anda. pilihan jenis file. Ketuk ‘Buat File’ saat Anda siap mengunduh.
Cara Mengontrol Apa yang Diketahui Facebook Tentang Anda

Jika Anda khawatir dengan informasi yang dimiliki Facebook tentang Anda, Anda dapat menutup akun Anda sepenuhnya (tetapi berhati-hatilah, foto, teman, dan bahkan login akan hilang). Facebook menyatakan bahwa jika pengguna menutup akun mereka, semua informasi yang dikumpulkan dari akun tersebut akan dihapus.

Pengecualian untuk ini adalah bahwa Facebook akan tetap memiliki beberapa informasi Anda, berkat teman dan koneksi Anda.

Cara lain untuk mengontrol apa yang Facebook kumpulkan informasi Anda adalah dengan memperhatikan aktivitas Anda di situs. Seperti yang dinyatakan di atas, Facebook akan melacak apa pun yang Anda posting atau taruh di profil Anda, grup apa pun yang bergabung, atau bahkan acara yang Anda hadiri.

Anda dapat mengontrol cara pengiklan menggunakan data Anda dengan mengunjungi pengaturan akun Anda dan memilih ‘Pengaturan Iklan’. dapat mengubah opsi yang tersedia dari ‘Izinkan’ menjadi ‘Tidak Diizinkan.’ mengambil kembali kendali atas informasi pribadi Anda.

Pertanyaan Umum

Melindungi privasi Anda adalah hal yang paling penting. Jika kami tidak mencakup semua yang ingin Anda ketahui tentang aktivitas Facebook, kami memiliki jawaban untuk lebih banyak pertanyaan Anda.
Apa yang Facebook lakukan dengan data yang mereka lacak?

Seperti yang Anda lihat, Facebook melacak banyak data dan informasi pribadi. Sebagian besar informasi ini digunakan untuk tujuan pemasaran. Facebook mengumpulkan informasi tentang apa yang Anda beli, apa yang dibeli teman Anda, grup yang Anda ikuti (untuk melihat minat Anda), kemudian, menampilkan iklan yang menurut perusahaan mungkin Anda sukai.

Facebook juga menggunakan informasi yang mereka kumpulkan untuk menambahkan fitur dan fungsi ke platform yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik. Setiap kali Facebook melakukan pembaruan baru dan antarmuka berubah, ini adalah hasil dari data yang dikumpulkan tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan aplikasi atau situs web.

Facebook juga mengumpulkan data tentang hal-hal yang Anda atau teman Anda posting. Misalnya, perusahaan menggunakan pengenalan wajah untuk melacak foto dan video Anda dengan lebih baik. Ini adalah salah satu alasan Anda mungkin melihat saran pemberian tag saat mengunggah foto. Seperti banyak fitur lain di Facebook, Anda dapat menonaktifkannya dengan membuka pilihan Pengaturan>Pengenalan Wajah dan mengetuk opsi untuk menonaktifkannya.

Apakah ada daftar semua yang dikumpulkan Facebook tentang penggunanya?

Ya. Facebook transparan tentang informasi yang dikumpulkan dan disimpan perusahaan tentang penggunanya. Anda dapat mengunjungi kebijakan privasi Facebook dengan mengklik tautan ini, atau Anda dapat mengaksesnya dengan mengetuk Kebijakan Data di bagian bawah halaman Pengaturan di aplikasi seluler.