Cara Mem-boot PS4 dalam Mode Aman

Tips dan Trik PS4 2018: Maksimalkan PS4 Anda Cara streaming game PS4 ke Mac atau PC Cara menggunakan Share Play di PS4 Cara gameshare di PS4 Cara upgrade hard drive PS4 Cara mengubah tipe NAT di PS4 Cara booting PS4 dalam Safe Mode Cara menggunakan pengontrol PS4 DualShock 4 dengan PC Headset PS4 terbaik tahun 2018 Game PS4 terbaik tahun 2018 Game PlayStation VR terbaik tahun 2018 Game balap PS4 terbaik tahun 2018 Cara menjadi Sony PS4 beta tester
Even dengan dirilisnya PS5, PS4 tetap sangat populer. Setiap hari, pengguna masuk untuk memainkan game favorit mereka, streaming film, dan banyak lagi. Apapun, hal-hal masih bisa salah. Ini tidak sering terjadi, tetapi terkadang, PS4 Anda mogok atau macet, dan ketika itu terjadi, Anda harus mem-boot PS4 Anda dalam Safe Mode.

Safe Mode sering digunakan sebagai alat diagnostik untuk memecahkan masalah perangkat lunak atau menyelesaikannya masalah tanpa gangguan dari perangkat lunak pihak ketiga.

Memulai PS4 Anda melalui Safe Mode harus dilihat sebagai upaya terakhir. Jika Anda tidak dapat menghidupkan konsol dengan cara biasa, Safe Mode mungkin satu-satunya solusi. Bagi mereka yang menggunakan Mac atau iPhone, konsol ini setara dengan menahan tombol daya dan berharap yang terbaik. Berikut cara mem-boot PS4 Anda di Safe Mode.

Cara Memulai PS4 di Safe Mode

Catatan: Sebelum booting di Safe Mode, pastikan port USB Anda berfungsi semua. Setelah Anda mem-boot PS4, Anda perlu menghubungkan kembali pengontrol Anda. Jadi, jika port USB tidak berfungsi, Anda harus melakukan perbaikan fisik sebelum menyambungkan pengontrol lagi.
Matikan PS4 sepenuhnya. Tekan tombol daya seperti biasa, dan tombol daya akan berkedip beberapa kali sebelum konsol Anda mati. Tekan dan tahan tombol daya untuk menyalakannya kembali. Anda akan mendengar bunyi bip saat ditekan dan bunyi bip lagi tujuh detik kemudian. Setelah Anda mendengar keduanya, lepaskan tombol daya. PS4 Anda harus boot dalam Safe Mode. Colokkan pengontrol Anda ke PS4 seperti yang diinstruksikan dan klik tombol PS4. Untuk mengontrol PS4 Anda dari sini, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki pengontrol DualShock yang terhubung ke konsol Anda melalui USB.
Cukup matikan PS4 Anda dan hidupkan kembali untuk keluar dari Safe Mode. PlayStation Anda harus reboot secara normal.

Bagaimana Cara Kerja Safe Mode PS4

Setelah PS4 Anda boot dalam Safe Mode, Anda akan melihat beberapa opsi:
‘Restart’ membuat boot PS4 Anda secara normal (jika mungkin),’Ubah Resolusi’ memaksa PS4 Anda untuk boot di 480p lain kali .’Perbarui Perangkat Lunak Sistem’ memperbarui firmware Anda melalui drive USB, internet, atau disk. ‘Restore Default’ mengembalikan PS4 Anda ke pengaturan pabrik namun menyimpan data Anda. ‘Rebuild Database’ memindai drive dan pada dasarnya mengindeks ulang isinya. ‘Inisialisasi PS4’ menghapus SEMUA data Anda dari konsol dan pada dasarnya mengembalikannya ke hari Anda mengeluarkannya dari kotak. Mode
Safe bermanfaat jika perangkat Anda mengalami masalah selama pembaruan. Mem-boot ulang PS4 Anda dalam Safe Mode akan memungkinkan Anda untuk melanjutkan, tetapi tidak selalu bekerja seperti itu.

PS4 Terjebak dalam Safe Mode Boot Loop

Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa PlayStation 4 mereka berulang dalam Safe Mode. Skenario ini berarti tidak akan boot dalam mode normal. Jika masalah ini terjadi pada Anda, ada beberapa langkah untuk dicoba.

1. Hubungkan Kabel Pengisian USB PS4

Ketika PS4 Anda tidak keluar dari Safe Mode, baik Anda reboot atau tidak, hal pertama yang harus dicoba adalah menghubungkan pengontrol PS4 Anda ke konsol game menggunakan kabel pengisi daya. Setelah pengontrol terpasang dengan aman, pilih opsi yang keluar dari Safe Mode.

Kadang-kadang, kabel USB gagal terhubung dengan benar ke konsol, terutama karena bagian yang lebih rendah atau keausan. Koneksi dapat tampak berhasil padahal kenyataannya tidak. Coba gunakan kabel pengontrol PS4 yang berbeda untuk melihat apakah Safe Mode dapat keluar dengan sukses.

2. Matikan PS4 Anda selama Dua Puluh Menit

A PS4 Safe Mode boot loop bisa membuat frustasi, tidak peduli siapa Anda. Ketika koneksi langsung ke konsol tidak menyelesaikan masalah, matikan PlayStation selama 20 menit. Terkadang, konsol hanya perlu istirahat yang baik untuk mengatur ulang semuanya dan menenangkan diri.

Selanjutnya, reboot konsol Anda dalam Safe Mode seperti biasanya. Periksa pembaruan apa pun. Pembaruan ini mungkin berisi perbaikan untuk masalah umum, fitur baru, dan kinerja yang lebih baik. Pembaruan adalah semua yang dibutuhkan Playstation 4 untuk menyelesaikan masalah umum dalam banyak situasi.

3. Lakukan Factory Reset

Terakhir, ada opsi untuk mereset PS4 Anda sepenuhnya. Jika macet di loop boot Safe Mode, Anda dapat melakukan reset pabrik PS4.

Opsi ini menghapus semuanya dari konsol Anda, termasuk game, progres, dan profil Anda. Setelah memulai ulang perangkat, masuk menggunakan kredensial PlayStation Anda. Anda harus dapat mengunduh ulang semua konten Anda kembali ke PS4 Anda dari toko.

4. Unduh Pembaruan PS4 Terbaru ke USB

Dalam beberapa kasus, boot loop dapat terjadi jika proses pembaruan gagal atau tidak lengkap. Unduh pembaruan PS4 terbaru, dan coba instal melalui USB. Jika terbukti tidak berhasil, coba opsi file penginstalan ulang. File ini menginstal perangkat lunak sistem yang mungkin rusak, sekaligus menerapkan pembaruan terbaru. Jika Anda mencoba opsi kedua, perhatikan bahwa itu menyegarkan sistem PS4 Anda ke default pabrik, dan semua data dihapus. Adakah hal lain yang bisa saya lakukan?

Selalu merupakan ide yang baik untuk memeriksa apakah semua kabel telah terhubung dengan benar. Jika Anda telah melakukannya tetapi Anda masih tidak dapat mem-boot PS4 Anda dalam Safe Mode, Anda dapat mengunjungi situs PlayStation Fix and Replace untuk langkah pemecahan masalah lebih lanjut dan bantuan tambahan.

Masalah yang Anda alami mungkin khusus untuk perangkat Anda saja. Jika demikian, Anda akan menemukan bantuan yang lebih dipersonalisasi menggunakan situs web PlayStation. Pengontrol saya tidak akan terhubung menggunakan Safe Mode. Apa masalahnya?

Banyak pengguna telah menyatakan masalah dengan Safe Mode dan pengontrolnya. Tentu saja, Anda perlu mencolokkan pengontrol Anda ke salah satu port USB di konsol setelah boot dalam Safe Mode, seperti yang dinyatakan di atas. Pada dasarnya, proses penyandingan ini terjadi karena koneksi USB mengirimkan informasi dari pengontrol ke konsol, memerintahkannya agar berfungsi.

Dengan asumsi pengontrol Anda mengisi daya (jika tidak, coba port USB lain atau periksa konsol Anda untuk perangkat keras yang rusak), kemungkinan kabel yang Anda gunakan adalah penyebabnya. Misalnya, jika Anda masih memiliki kabel USB yang disertakan dengan konsol Anda, gunakan yang itu. Namun, jika Anda menggunakan pihak ketiga, coba yang lain. Anda mungkin harus mencoba beberapa kabel, tetapi Anda memerlukan kabel transfer data dan bukan hanya kabel pengisi daya.

Mungkin agak sulit untuk membedakan kabel mana yang merupakan kabel transfer data, tetapi membandingkan dua kabel secara berdampingan, selubungnya kabel transfer umumnya lebih tebal daripada kabel pengisi daya standar.
Bagaimana cara mengeluarkan PS4 dari Safe Mode?

Setelah menyelesaikan pemecahan masalah atau memperbaiki konsol, Anda dapat keluar dari Safe Mode dengan cepat dengan memulai ulang konsol. Jika, karena alasan tertentu, reboot dalam Safe Mode lagi, lihat instruksi di atas untuk masalah boot loop Safe Mode.