Cara Memaksa Menutup Program di

Program
A mungkin “mengunci”, “membeku”, atau tidak menawarkan cara standar untuk mematikan. Aplikasi yang macet akan menghabiskan memori dan berpotensi menyebabkan masalah untuk program lain. Dalam skenario umum seperti ini, Windows mengizinkan aplikasi untuk dimatikan secara paksa, dan ada beberapa cara untuk melakukannya.

Baca terus untuk mempelajari cara menutup paksa aplikasi dan opsi yang tersedia jika menutup secara paksa tidak berhasil.

Force Close a Program

Cara tercepat untuk mematikan program yang tidak responsif di Windows 11 adalah dengan menekan tombol “Alt + F4” secara bersamaan. Mungkin perlu beberapa saat untuk menutup program, terutama jika dibekukan. Anda selalu dapat mencoba menekan hotkey lagi untuk memastikan itu berlaku. Namun, Anda dapat mematikan program lain jika Anda melakukannya beberapa kali.

Jika tidak ada respons, coba solusi berikut.

Cara Menutup Paksa Program Non-Responsif

Jika tidak terjadi apa-apa menggunakan hotkey “Alt + F4”, yang terbaik berikutnya pilihannya adalah mencoba dengan Task Manager. Ikuti langkah-langkah ini:
Secara bersamaan tekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” untuk meluncurkan Task Manager. Anda mungkin perlu mengklik opsi “More Details”. Pastikan tab “Processes” dipilih. Temukan aplikasi yang ingin Anda tutup. Klik kanan padanya, lalu pilih “End Task.”
Cara Force Close Tanpa Task Manager

Anda juga memiliki opsi untuk menggunakan perintah “taskkill” melalui layanan “Run”, berikut caranya:
Buka “Run” dengan menekan “Windows + R.” Di bidang “Buka” ketik: taskkill / im program.exe / tGanti bagian “program.exe” dengan nama aplikasi yang ingin Anda matikan. Misalnya, untuk menutup “Word,” ketik: taskkill / im word.exe / tKlik “OK.”
Jika masih tidak berhasil, coba reboot PC Anda.

Memboot ulang komputer Anda selalu merupakan pilihan terbaik untuk menyelesaikan masalah kecil, termasuk gangguan perangkat lunak, yang dapat menyebabkan program Anda tidak ditutup. Secara keseluruhan itu adalah praktik yang baik untuk dilakukan secara teratur untuk membantu menjaga PC Anda tetap sehat. Sangat penting untuk me-reboot PC Anda dengan benar. Berikut beberapa caranya:

Reboot Menggunakan Start Menu

Cara standar untuk me-reboot PC Windows adalah melalui menu “Start”. Begini caranya:
Luncurkan menu “Start”.Klik ikon daya di bagian bawah layar.Pilih “Restart.”
Reboot Menggunakan Power User Menu

Atau, cara yang lebih cepat adalah mengakses menu “Power User”, ikuti langkah berikut :
Tekan hotkey “Windows + X” untuk membuka menu “Power User”. Temukan opsi “Shut down or sign out” di bagian bawah opsi. Pilih “Restart.”
Reboot Using Shortcut

Untuk mengakses kotak dialog shutdown untuk mem-boot ulang PC, lakukan hal berikut:”
Secara bersamaan tekan tombol “Ctrl + Alt + Delete”. Di kanan bawah layar, klik ikon daya, lalu “Restart.”
Reboot Menggunakan Command Prompt

Anda juga dapat melakukan reboot menggunakan perintah shutdown. Begini caranya:
Launch “Command Prompt.” Ketik: shutdown /rKomputer Anda akan otomatis reboot.
Catatan: “shutdown /r” untuk restart, dan “shutdown /s” untuk shutdown.

Jika program Anda masih berjalan pada tahap ini , penyebabnya mungkin lebih dari sekadar program yang membandel. Dalam hal ini, saatnya untuk masuk dengan reset pabrik. Reset pabrik dapat memperbaiki masalah yang lebih serius, menciptakan catatan yang bersih dengan menghapus semua pengaturan Anda. Windows 11 akan menawarkan opsi untuk menghapus atau menyimpan file Anda. Namun, itu akan menghapus semua pengaturan dan aplikasi dengan cara apa pun.

Jika Anda memutuskan untuk melanjutkan dengan reset, pastikan Anda telah membuat cadangan semua file Anda. Metode paling aman dan paling aman adalah menyimpan data Anda ke hard drive eksternal.

Windows 11 Cara Mengatur Ulang Windows 11 ke Pengaturan Pabrik

Setelah Anda membuat cadangan semua file yang ingin Anda simpan, ikuti langkah-langkah ini untuk melakukan pabrik reset:
Luncurkan aplikasi “Pengaturan”. Pilih “Sistem” di sebelah kiri. Klik “Pemulihan” pada halaman “Sistem”. Dari menu “Pemulihan”, klik “Reset PC” di sebelah opsi “Reset PC ini”. Pilih salah satu dari dua opsi berikut di jendela “Reset PC ini”: Untuk menyimpan file Anda tetapi menghapus pengaturan dan aplikasi Anda, pilih “Keep My Files.” Untuk menghapus file dan pengaturan aplikasi Anda, pilih “Remove Everything.” Opsi ini disarankan jika Anda akan memberikan PC atau menjualnya. Pilih untuk menginstal ulang Windows 11 dari cloud atau lokal. Setelah Anda memilih pilihan Anda, selesaikan instruksi untuk menyelesaikan reset PC Anda. perbedaan kecil saat memilih cara menginstal ulang Windows 11. Cloud akan menginstal ulang menggunakan file sistem baru dari server Microsoft. Di sisi lain, penginstalan lokal akan menggunakan file sistem yang sudah ada di PC Anda, tetapi metode mana pun akan berfungsi dengan baik.

Catatan: Berhati-hatilah dengan aplikasi yang Anda instal untuk menghindari menyetel ulang komputer Anda lagi.

Menutup Aplikasi Terjebak dengan Force

Terkadang apa pun dapat menyebabkan aplikasi mengalami masalah saat menutup menggunakan metode standar. Aplikasi yang macet atau tidak aktif akan menghabiskan memori dan berpotensi menyebabkan masalah pembekuan, di antara banyak lainnya. Oleh karena itu, Microsoft menawarkan beberapa cara untuk menutup paksa aplikasi. Dan ketika fitur “Tutup Paksa” tidak berfungsi, opsi seperti me-reboot PC Anda dan bahkan mengatur ulang adalah cara pasti untuk memastikan aplikasi akhirnya ditutup.

Jika Anda selalu menggunakan Windows, bagaimana pendapat Anda tentang pengalaman pengguna Windows 11 ? Bagikan suka dan tidak suka Windows 11 Anda di bagian komentar di bawah.