Cara Memantau Aktivitas Server MySQL Dengan Dasbor Grafana

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Grafana adalah solusi observabilitas open-source populer yang memungkinkan Anda memvisualisasikan metrik pada dasbor grafis. Grafana memiliki konektor untuk berbagai pilihan sumber data termasuk database deret waktu, mesin pencari, dan aplikasi individual. Dalam artikel ini Anda akan mempelajari cara menggunakan Grafana untuk menyiapkan pemantauan sederhana untuk server database MySQL menggunakan integrasi resmi Grafana Cloud.

Memulai

Grafana tersedia untuk hosting mandiri di perangkat keras Anda sendiri atau sebagai platform SaaS terkelola yang disebut Grafana Cloud. Kami menggunakan Grafana Cloud dalam tutorial ini karena mendukung integrasi quickstart yang terhubung ke sumber data Anda dan menyediakan tata letak dasbor bawaan untuk metrik yang paling umum.

Masuk ke akun Grafana Anda untuk memulai. Anda dapat membuat akun Grafana Cloud baru secara gratis untuk menyimpan hingga 10.000 seri metrik dan 50GB log.

Menambahkan Integrasi MySQL

Anda dapat menambahkan integrasi MySQL ke akun Anda dengan menuju ke halaman “Integrasi dan Koneksi”, diakses dari petir ikon di bilah sisi kiri. Masukkan “mysql” ke dalam bilah pencarian di bagian atas layar.

Anda akan melihat dua hasil muncul, keduanya berlabel “MySQL”. Pilih salah satu yang ditandai sebagai “Integrasi.” Integrasi mencakup pengalaman konfigurasi yang disederhanakan dan tata letak dasbor yang dibuat sebelumnya untuk memantau statistik server utama. Opsi alternatif, “Sumber data,” mengharuskan Anda untuk terhubung secara manual ke server Anda, mengekstrak metrik, dan merakit dasbor.

Layar berikutnya akan meminta Anda untuk memilih sistem operasi dan arsitektur prosesor dari mesin yang menghosting server MySQL Anda. Sesuaikan opsi menu tarik-turun agar sesuai dengan sistem Anda. Tekan tombol biru “Instal integrasi” untuk melihat petunjuk penginstalan Grafana Agent yang sesuai.

Instalasi Grafana Agent

Grafana Agent adalah utilitas yang berjalan sebagai layanan sistem untuk mengumpulkan metrik dari mesin Anda. Ini mengirimkan data ke akun Grafana Anda di mana itu akan muncul di dasbor Anda. Agen adalah versi singkat dari kolektor data Prometheus.

Menjalankan skrip yang ditampilkan di layar integrasi MySQL akan mengunduh Grafana Agent, mengonfigurasinya dengan akun Grafana Cloud Anda, dan menyiapkan pemantauan MySQL. Data akan dikumpulkan setiap 60 detik saat Anda menggunakan pengaturan default.

Salin skrip yang ditampilkan dan jalankan di server yang menghosting database MySQL Anda. Anda akan melihat beberapa baris keluaran saat skrip mengunduh biner dan mengambil file konfigurasi Anda.

Periksa layanan Agen Grafana telah berhasil dimulai sebelum Anda melanjutkan:

$ sudo systemctl status grafana-agent.service ● grafana-agent.service – Sistem pemantauan dan penerusan Dimuat: dimuat (/lib/systemd/system/grafana-agent.service; diaktifkan; preset vendor: diaktifkan) Aktif: aktif (berjalan) sejak Sabtu 2022-08-13 17:39:03 UTC; 39 detik yang lalu Dokumen: https://grafana.com/docs/agent/latest/

Tekan tombol “Uji integrasi” di akun Grafana Cloud Anda untuk memeriksa apakah semuanya siap digunakan. Agen harus memasukkan data ke Grafana.

Anda sekarang dapat menekan “Lihat Dasbor” untuk mulai berinteraksi dengan visualisasi yang disertakan dengan integrasi.

Menjelajahi Dasbor Anda

Integrasi MySQL dilengkapi dengan dua dasbor: Ikhtisar MySQL dan Log MySQL. Dasbor Ikhtisar menyediakan grafik yang mencakup setiap aspek operasi server MySQL Anda, termasuk waktu aktif, kueri per detik, koneksi aktif, kueri, pengurutan, dan aktivitas jaringan. Anda dapat menggunakan metrik ini untuk menginterogasi kinerja MySQL dan mengidentifikasi peluang pengoptimalan.

Tampilan Log menawarkan umpan file log yang ditulis oleh instans server MySQL Anda. Integrasi secara otomatis mengumpulkan log dalam direktori /var/log/mysql. Dasbor mencakup grafik jumlah baris log yang telah ditulis, dikelompokkan berdasarkan tingkat keparahan dan kode kesalahan.

Dasbor dapat disesuaikan dengan mengeklik ikon pengaturan di kanan atas dan menekan tombol “Jadikan dapat diedit”. Ini akan memungkinkan Anda mengubah konfigurasi dasbor menggunakan kontrol lain di layar pengaturan. Anda juga akan ditambahkan untuk menambah dan mengedit panel grafis yang ditampilkan di dashboard.

Grafana Agent MySQL Server Authentication

Salah satu tantangan yang mungkin Anda temui menyangkut akun pengguna MySQL yang digunakan Grafana Agent untuk mengakses database Anda. Agen dikonfigurasi untuk menggunakan root secara default. Ini tidak akan berfungsi jika login root MySQL dinonaktifkan di server Anda, atau Anda telah memblokir koneksi root ke database tertentu.

Anda dapat meningkatkan keamanan dan mendapatkan kembali kontrol dengan membuat pengguna MySQL khusus untuk Grafana. Jalankan perintah berikut di shell MySQL untuk menambahkan pengguna dan kata sandi, lalu berikan hak istimewa untuk mengakses data Anda:

> CREATE USER `grafana`@`localhost` DIIDENTIFIKASI OLEH “; > HIBAH SEMUA HAK ISTIMEWA *.* KEPADA `grafana`@`localhost`; > HAK ISTIMEWA FLUSH;

Pemberian hak istimewa pada *.* memungkinkan pengguna untuk mengakses tabel apa pun di server Anda, di semua skema. Anda dapat mengubah pernyataan GRANT untuk membatasi hak istimewa Grafana atau membatasi interaksi ke skema dan tabel tertentu. Namun integrasi bekerja paling baik dengan hak tinggi yang mencakup tabel sistem MySQL. Ini memungkinkan pengumpulan pilihan metrics.

yang paling komprehensif Setelah Anda membuat pengguna, edit file konfigurasi Grafana Agent Anda untuk mengautentikasi dengan kredensialnya. Anda akan menemukannya di /etc/grafana-agent.yaml. Cari bagian berikut:

integrations: mysqld_exporter: data_source_name: [email protected](localhost:3306)/

Bidang data_source_name mendefinisikan alamat server MySQL dan kredensial pengguna. Ubah untuk mereferensikan akun baru Anda.

data_source_name: grafana:@(localhost:3306)/

Restart layanan Grafana Agent untuk menerapkan change.

$ sudo service grafana-agent restartSummary

Integrasi MySQL bawaan Grafana menyediakan cara yang nyaman untuk memantau kinerja dari server basis data Anda. Tata letak dasbor yang disertakan menggabungkan log kesalahan Anda dan membuat grafik semua metrik yang biasanya diukur, membuat Anda tetap waspada terhadap pemanfaatan sumber daya dan aktivitas kueri.

Memantau data ini secara teratur dapat membantu Anda menemukan tren kinerja yang muncul dan mengatasi anomali sebelum menjadi masalah. Mencatat dan mengambil metrik ini secara manual akan menjadi tugas yang sulit, sedangkan dasbor Grafana memberi Anda segalanya di satu layar, memfasilitasi analisis yang efisien.

Itulah berita seputar Cara Memantau Aktivitas Server MySQL Dengan Dasbor Grafana, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.