Cara Memantau Suhu Laptop Anda

CPU adalah komponen inti dari komputer mana pun. Tapi listrik yang melewati CPU diubah menjadi panas. Jika CPU menjadi terlalu panas, umur panjang dan kinerjanya akan terhambat.

Sangat penting untuk memantau suhu CPU Anda untuk mencegah panas berlebih. Panas yang berasal dari PC Anda mungkin menunjukkan bahwa suhunya cukup tinggi untuk menyebabkan kerusakan. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk memantau suhu laptop Anda.

Cara Memantau Suhu Laptop di Windows 11

Kisaran suhu ideal CPU – tanpa membahayakan perangkat – adalah antara 65 hingga 70 derajat Celcius. Namun, beberapa CPU dapat mencapai hingga 80 derajat Celcius dan masih berfungsi dengan baik dalam kondisi seperti bermain game atau mengedit video.

Dalam hal memantau suhu CPU Anda, ada dua cara untuk melakukannya. Anda dapat menginstal perangkat lunak pihak ketiga untuk melakukannya secara real-time, atau Anda dapat membuka BIOS untuk melihat suhu saat ini. Berikut cara memonitor suhu PC di Windows 11.

Cek Suhu Laptop Menggunakan BIOS

BIOS dapat memberikan informasi suhu PC Anda. Kerugian utama dengan menggunakan metode ini adalah Anda harus terus-menerus membuka BIOS untuk melihat informasinya. Jadi, ini bisa menjadi metode pemeriksaan yang relatif tidak efisien.

Ada dua cara untuk mengakses BIOS. Mari kita lihat di bawah ini.
Buka BIOS Selama System Reboot
Saat PC atau laptop Anda dinyalakan, ada jendela kecil yang muncul di antara saat logo muncul dan halaman awal Windows. Pada titik ini, Anda dapat menggunakan hotkey untuk mengakses BIOS. Tombol pintas yang harus Anda gunakan khusus untuk merek PC. Setelah boot komputer Anda, menekan hotkey terus menerus akan membawa Anda ke layar BIOS dan bukan halaman start-up Windows.
Membuka BIOS Menggunakan Windows Start-Up Menu
Menggunakan metode ini, Anda harus menggunakan menu start-up Windows lanjutan untuk buka BIOS. Ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti.
Tap “Start” lalu tombol Power. Tahan tombol “Shift” sambil mengklik “Restart.” Dari layar start-up lanjutan, tekan “Troubleshoot.” Pilih “Advanced Options,” lalu “UEFI Pengaturan Firmware.” Sekarang tekan “Restart” untuk membuka layar dengan informasi suhu.
Periksa Suhu Laptop Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Ada banyak program perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk memantau suhu CPU Anda. Aplikasi pihak ketiga ini juga dapat memberikan detail tentang properti perangkat keras lainnya seperti kecepatan clock dan kecepatan kipas. Anda dapat menggunakan program seperti NZXT CAM untuk mengawasi suhu perangkat Anda. Setelah diunduh dan diinstal, aplikasi akan memantau komputer Anda dan menampilkan informasi, termasuk suhu, penyimpanan yang tersedia, dan metrik lainnya.

Cara Memantau Suhu Laptop Windows 10

Jika suhunya antara 65 dan 75 derajat Celcius, CPU tidak boleh menyebabkan kerusakan apa pun pada perangkat. Apa pun yang lebih tinggi dari ini, dan Anda berisiko merusak sebagian besar prosesor.

Anda dapat memantau suhu PC Anda melalui berbagai metode, seperti menginstal perangkat lunak pihak ketiga atau menggunakan BIOS Anda. Mari kita lihat cara memonitor suhu laptop di Windows 10.

Check Laptop Temperature Menggunakan BIOS

BIOS adalah utilitas yang dapat memberikan informasi tentang suhu PC Anda. Sayangnya, ini adalah metode pemantauan suhu perangkat yang relatif tidak efisien karena Anda harus terus membukanya untuk pembacaan. BIOS dapat diakses menggunakan langkah-langkah yang ditunjukkan di bawah ini.
Buka BIOS Saat Mem-boot Ulang System
Anda dapat mengakses BIOS segera setelah logo komputer ditampilkan tetapi sebelum layar pengaktifan Windows muncul. Setelah logo terlihat, ketuk hotkey terus menerus hingga layar BIOS ditampilkan. Setiap merek komputer memiliki hotkey tersendiri.

Cek Suhu Laptop Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Ada berbagai program perangkat lunak yang dapat memantau suhu PC Anda. Beberapa aplikasi ini bahkan memberikan detail tambahan seperti kecepatan clock dan kecepatan kipas. Program seperti Speccy atau NZXT CAM akan memberi Anda informasi real-time tentang suhu perangkat Anda setelah diunduh dan diinstal.

Cara Memantau Suhu Laptop di Windows 8

Manajemen panas sangat penting untuk menjaga komputer tetap berjalan dengan lancar. Jika perangkat menjadi terlalu panas, itu dapat memperlambat kinerja dan menyebabkan shutdown yang tidak terduga. Untuk memantau suhu pada laptop yang menjalankan Windows 8, Anda dapat menggunakan BIOS atau perangkat lunak pihak ketiga.

Periksa Suhu Laptop Menggunakan BIOS

BIOS Anda adalah menu yang memungkinkan Anda melihat pengaturan dasar komputer Anda. Ini juga memiliki monitor perangkat keras yang memungkinkan Anda untuk memeriksa hal-hal seperti suhu. Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk membuka BIOS di laptop Anda.
Arahkan ke menu Power dan tekan “Shift” sambil mengklik “Restart.” Ketuk “Troubleshoot” di menu start-up lanjutan yang terbuka. Pilih “Advanced Options,” lalu “UEFI Firmware Settings.” Klik “Restart” untuk mendapatkan akses ke BIOS.
Periksa Suhu Laptop Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Anda dapat menggunakan program pihak ketiga untuk membaca suhu komputer dan menampilkan informasinya kepada Anda. Program-program ini sering mendeteksi variabel lain seperti penyimpanan komputer dan kecepatan kipas. Program seperti Core Temp sangat baik dalam memantau suhu perangkat Anda karena memiliki layar yang dapat Anda akses dengan mudah, tidak seperti BIOS.

Cara Memeriksa Suhu Laptop di Windows 7

Sistem manajemen panas yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan berbagai masalah saat menggunakan Windows 7. Untuk menghindari kerusakan pada perangkat Anda, Anda dapat memantau suhu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau BIOS. Lihat cara melakukannya.

Periksa Suhu Laptop Menggunakan Bios

BIOS adalah utilitas yang memungkinkan pengguna memantau data PC seperti suhu perangkat mereka. Umumnya, suhu CPU tidak boleh melebihi 65 hingga 75 derajat Celcius. Suhu di atas level ini dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin.

Saat me-reboot komputer, Anda dapat mengakses BIOS dengan mengetuk tombol pintas berulang kali segera setelah logo muncul tetapi sebelum layar Windows ditampilkan. Layar BIOS akan memiliki informasi tentang suhu CPU Anda.

Periksa Suhu Laptop Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Banyak program pihak ketiga memungkinkan pengguna untuk memantau suhu CPU mereka. Utilitas ini juga dapat memberikan detail tentang properti perangkat keras perangkat, seperti kecepatan clock dan kapasitas penyimpanan yang tersedia. Perangkat lunak seperti NXZT CAM akan membantu Anda melihat statistik suhu perangkat Anda, memungkinkan Anda mendeteksi tingkat yang mungkin berbahaya bagi komputer Anda.

Tetap Keren

Karena ini adalah komponen vital laptop, CPU harus dilindungi dari panas berlebih. Untungnya, aplikasi pihak ketiga dapat membantu Anda memeriksa suhu prosesor. Anda juga dapat menggunakan BIOS di komputer Anda untuk mengawasi berbagai hal. Informasi yang diberikan di sini akan membantu Anda mencegah kerusakan panas pada CPU Anda.

Apakah Anda memantau suhu laptop Anda? Beri tahu kami bagaimana Anda melakukannya di komentar di bawah.