Cara Memasang Python 3.11 di Ubuntu, Debian dan LinuxMint

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Python 3.11 adalah versi stabil terbaru pada saat penulisan tutorial. Yang hadir dengan beberapa fitur baru dan peningkatan keamanan. Versi ini hadir dengan pesan kesalahan yang ditingkatkan untuk kesalahan umum dalam petunjuk jenis. Sintaks baru untuk anotasi variabel, untuk membuatnya lebih jelas saat variabel dimaksudkan untuk digunakan untuk petunjuk jenis versus tujuan lain. Meningkatkan dukungan untuk pemeriksaan tipe dan inferensi tipe di perpustakaan standar dan perpustakaan pihak ketiga.
Advertisement
Dalam tutorial ini, kami akan membantu Anda menginstal Python 3.11 di sistem operasi Ubuntu, Debian, dan Linux Mint menggunakan PPA serta mengompilasinya dari Kode sumber. Tutorial ini juga akan berfungsi pada sistem Linux berbasis Debian lainnya.
Anda mungkin juga menyukai: Membuat Lingkungan Virtual Python untuk Aplikasi AndaPrasyarat

Kompilasi kode sumber memerlukan beberapa pustaka build pada sistem. Yang dapat diinstal dengan menjalankan perintah berikut sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

sudo apt install build-essential checkinstall sudo apt install libreadline-gplv2-dev libncursesw5-dev libssl-dev libsqlite3-dev tk-dev libgdbm-dev libc6-dev libbz2-dev 

Metode 1: Menginstal Python 3.11 menggunakan PPA

Tim ~deadsnakes memelihara PPA yang berisi paket Python Debian. Anda dapat mengonfigurasi PPA ini di sistem Anda dan menginstal versi Python.

Untuk menambahkan PPA ke sistem Anda, jalankan:

sudo add-apt-repository ppa:deadsnakes/ppa

Kemudian Anda dapat menginstal Python 3.11 menggunakan apt -get package manager.

sudo apt install python3.11

Ini akan menginstal Python 3.11 di sistem Linux Anda.
Metode 2: Menginstal Python 3.11 menggunakan Kode Sumber

Jika repositori tidak berisi paket Python untuk sistem Anda , instal dengan mengompilasinya dari kode sumber.

Unduh kode sumber Python 3.11: Versi Python 3.11.1 tersedia untuk instalasi. Anda dapat mengunjungi situs web resmi Python untuk memeriksa versi terbaru yang tersedia. Gunakan perintah berikut untuk mengunduh kode sumber Python 3.11.

cd /usr/src sudo wget https://www.python.org/ftp/python/3.11.1/Python-3.11.1.tgz 

Ekstrak arsip: Setelah unduhan selesai, ekstrak konten file arsip.

sudo tar xzf Python-3.11.1.tgz 

Siapkan kode sumber: Sekarang siapkan kode sumber sesuai arsitektur dan lingkungan sistem Anda. Juga gunakan opsi –enable-optimizations dengan perintah configure untuk mengaktifkan dukungan tambahan seperti SSL, dukungan bz2.

cd Python-3.11.1 sudo ./configure --enable-optimizations 

Kompilasi dan instal: Setelah menyiapkan kode sumber, kompilasi menggunakan perintah make. Dengan menggunakan altinstall, untuk menginstalnya sebagai Python terpisah. Sehingga ini tidak menimpa instalasi Python yang ada.

sudo make altinstall 

make altinstall digunakan untuk mencegah penggantian file biner python default /usr/bin/python.Langkah 3: Periksa Versi Python

Akhirnya, Anda telah berhasil menginstal Python 3.11 di sistem Anda. Mari kita periksa versi terinstal python menggunakan perintah di bawah ini.

python3.11 -V Python 3.11.1 

Step 4: Installing PIP

Ini juga akan mengonfigurasi PIP agar Anda dapat menginstal modul Python.

curl -sS https://bootstrap.pypa.io/get-pip.py | python3.11 

Setelah PIP berhasil diinstal, periksa versinya dengan menjalankan perintah:

pip3.6 -V pip 22.3.1 from /usr/local/lib/python3.11/dist-packages/ pip (python 3.11) 

Conclusion

Kesimpulannya, menginstal Python 3.11 di Ubuntu, Debian, dan Linux Mint dengan mengkompilasi kode sumber adalah proses yang mudah. Ini melibatkan pengunduhan kode sumber, mengekstraknya, mengonfigurasinya, membangunnya, dan akhirnya menginstalnya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam panduan ini, Anda seharusnya berhasil menginstal Python 3.11 di sistem Anda dan mulai menggunakannya untuk kebutuhan pemrograman Anda. Perlu diingat bahwa kompilasi kode sumber dapat memakan waktu cukup lama, dan Anda mungkin perlu menginstal dependensi dan alat yang diperlukan di sistem Anda. Namun, metode ini menawarkan fleksibilitas dan kontrol terbesar atas proses instalasi.

Referensi tecadmin.com