Cara Memasang Volume Docker Saat Mengecualikan Subdirektori

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Docker Volumes menyediakan penyimpanan persisten ke container Anda. Data yang disimpan dalam volume disimpan secara independen dari wadah sehingga dapat dipulihkan setelah dimulai ulang dan diganti. Volume mendukung penggunaan dengan beberapa wadah secara bersamaan, memfasilitasi situasi berbagi data.

Memasang volume Docker membuat kontennya tersedia di jalur direktori tertentu di dalam wadah target. Segala sesuatu di dalam pohon sistem file volume menjadi dapat diakses. Ini dapat menimbulkan tantangan jika Anda ingin mengecualikan subdirektori tertentu dalam data volume. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari teknik sederhana untuk memasang volume sambil menghindari jalur tertentu.

Mengapa Anda Melakukan Ini?

Perilaku default untuk memasang seluruh volume biasanya diinginkan. Volume dimaksudkan untuk menyimpan data yang dibuat oleh container sehingga kontennya harus relevan dengan aplikasi Anda.

Volume juga dapat diisi menggunakan pengikatan host. Ini secara langsung memetakan direktori di mesin Anda ke jalur di dalam wadah Anda. Perubahan yang dibuat dalam direktori host akan secara otomatis tercermin dalam container.mount

Bind biasanya digunakan untuk mempercepat pengembangan aplikasi. Anda dapat memodifikasi kode sumber dan mengamati perubahan Anda tanpa harus membangun kembali gambar Docker Anda. Direktori kerja proyek sering kali berisi beberapa folder yang tidak ingin Anda cerminkan, seperti node_modules dan vendor. Ini mungkin sudah ada di penampung Anda, diisi selama langkah pembuatan gambar. Mengecualikan folder lokal agar tidak dipasang memungkinkan Anda menguji kode dengan andal menggunakan dependensi yang disediakan oleh image.

Cara Mengecualikan Subdirektori dari Docker Volume Mounts

Subdirektori dapat dikecualikan dari volume mount menggunakan teknik sederhana: buat mount lain di jalur yang Anda inginkan mengabaikan. Jika Anda memasang ~/app ke /opt/app di wadah Anda, Anda dapat mengecualikan direktori ~/app/node_modules dengan memasang volume kosong kedua ke /opt/app/node_modules:

$ docker run –name app -v ~/app:/opt/app -v /opt/app/node_modules app-image:latest

Wadah ini akan dimulai dengan konten direktori ~/app host Anda yang dapat diakses di /opt/app. Namun /opt/app/node_modules akan berisi konten asli yang disediakan oleh gambar dasar, alih-alih direktori ~/app/node_modules host Anda.

Ini berfungsi karena Docker secara otomatis mengisi volume kosong yang baru dibuat dengan konten yang ada dari jalur tujuan mereka dipasang ke. Jika Anda menjalankan npm install sebagai bagian dari Dockerfile Anda, /opt/app/node_modules sudah akan berisi semua dependensi Anda. Mount volume pertama mengikat direktori Host Anda ke dalam wadah tetapi yang kedua menimpanya dengan volume kosong di /opt/app/node_modules. Ini kemudian diisi dengan file dan folder yang disertakan dalam image.

Urutan pemasangan volume Anda penting – pemasangan subdirektori perlu diterapkan setelah pengikatan induk yang kurang spesifik. Jika tidak, konten ~/app, termasuk versi node_modules-nya, akan menggantikan volume kosong yang dimaksudkan untuk membuat pengecualian.

Mengecualikan File

Anda dapat menggunakan teknik serupa untuk mengecualikan file individual secara efektif. Memasang /dev/null host Anda ke jalur file akan mengosongkannya, seolah-olah tidak ada content.

$ docker run –name app -v /dev/null:/opt/app/config.yaml app- image:latest

Ini hanya berfungsi untuk mengecualikan file – /dev/null tidak akan memetakan ke jalur direktori. Metode ini tidak berfungsi untuk menghilangkan file sambil mempertahankan versi asli dari gambar dasar Anda. Ini akan memetakan /dev/null ke path, menggantikan file yang ada yang ada di sana.

Menggunakan Docker Compose

Teknik ini bekerja dengan Docker Compose juga. Sesuaikan bagian volume definisi layanan Anda untuk menyertakan pengikatan reguler Anda dan override volume kosong yang sesuai.

services: app: image: app-image:latest build: . volume: – ~/app:/opt/app – /dev/null:/opt/app/config.yaml # Kecualikan file – /opt/app/node_modules # Kecualikan direktori

Running docker-compose up akan memiliki efek yang sama seperti biasa contoh run docker yang ditunjukkan di atas.

Kesimpulan

Volume mount Docker menggantikan semua yang ada di jalur tujuan penampung dengan konten direktori host terikat. Dalam beberapa situasi, Anda mungkin ingin menyesuaikan perilaku ini dengan mengecualikan jalur host tertentu agar tidak dipasang.

Dalam artikel ini Anda telah melihat bagaimana memasang volume kosong ke subdirektori di dalam penampung akan menggantikan ikatan pertama. Konten subdirektori penampung akan kembali ke konten asli yang disediakan oleh gambar Anda. Variasi dari teknik ini juga dapat digunakan untuk file, meskipun jalurnya akan ditimpa dengan /dev/null sebagai gantinya.

Itulah berita seputar Cara Memasang Volume Docker Saat Mengecualikan Subdirektori, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.