Cara Mematikan Koreksi Otomatis di Android

Meskipun koreksi otomatis dibayangkan sebagai fitur yang berguna, banyak orang akan mengatakan sebaliknya. Hampir setiap orang memiliki cerita koreksi otomatis yang lucu (atau tidak terlalu lucu) di mana opsi tersebut membuat percakapan menjadi jauh lebih rumit atau canggung. Tidak peduli seberapa canggihnya, tidak ada algoritme yang dapat memprediksi apa yang Anda pikirkan pada saat tertentu. Untuk alasan ini, banyak orang ingin koreksi otomatis hilang.

Jika Anda ingin mempelajari cara mematikan koreksi otomatis di Android, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan menunjukkan cara melakukannya dalam beberapa langkah sederhana.

Cara Mematikan Koreksi Otomatis di Android

Koreksi otomatis memaksa sarannya dan mengubah teks Anda tanpa bertanya. Meskipun ini dapat membantu dalam beberapa situasi, biasanya ini membuat saran yang bahkan tidak mendekati apa yang Anda coba katakan. Jadi, alih-alih membantu Anda mengetik teks lebih cepat, koreksi otomatis membuat pekerjaan Anda lebih sulit. Untungnya, mudah untuk mematikannya di Android.

Karena banyak merek ponsel menggunakan sistem operasi Android, tidak semua keyboard dan pengaturan Android sama. Kami akan membahas langkah-langkah untuk menu default Android dan Samsung Galaxy. Perbedaan antara keduanya kecil, jadi meskipun Anda memiliki menu yang berbeda, Anda akan dapat menemukan pengaturan yang tepat dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Berikut cara mematikan koreksi otomatis di ponsel Android dengan menu default:
Buka menu Anda dan pergi ke “Pengaturan.” Gulir ke bawah dan pilih “Sistem.” Ketuk “Bahasa & masukan.” Tekan “Keyboard virtual.” Pilih keyboard Anda. Karena Gboard adalah keyboard default di sebagian besar perangkat Android, Anda mungkin perlu memilihnya. Ketuk “Koreksi teks.” Gulir ke bawah dan alihkan tombol sakelar di sebelah “Koreksi otomatis.”
Sekarang Anda telah menonaktifkan opsi koreksi otomatis di ponsel Android Anda. Ingatlah bahwa dengan mematikan opsi ini, Anda juga menonaktifkan teks prediktif.

Jika Anda memiliki ponsel Samsung, menonaktifkan koreksi otomatis terlihat sedikit berbeda:
Luncurkan menu Anda dan buka pengaturan.Gulir ke bawah dan pilih “Manajemen umum.”Ketuk “Bahasa dan masukan.” Pilih “Keyboard di layar.” Tekan “Keyboard Samsung” atau keyboard lain yang Anda gunakan. Pilih “Pengetikan pintar.” Ganti tombol sakelar di sebelah “Teks prediktif.”
Anda juga dapat mencoba cara ini :
Buka aplikasi perpesanan pilihan Anda untuk meluncurkan keyboard.Tekan ikon roda gigi untuk mengakses pengaturan.Pilih “Pengetikan cerdas.”Matikan “Teks prediktif.”
Cara Menghapus Kata yang Dipelajari di Android

Keyboard Anda dilatih untuk mengingat kata-kata yang Anda sering digunakan untuk memberi Anda pengalaman terbaik dan beradaptasi dengan gaya penulisan Anda. Meskipun ini bisa sangat nyaman dan menghemat waktu, keyboard terkadang dapat mengingat kata-kata yang salah eja dan mengoreksi teks Anda.

Sebelum Anda menyerah pada koreksi otomatis, cobalah untuk menghapus kata-kata yang dipelajari keyboard Anda dan mulai dari awal. Anda mungkin terkejut dengan betapa lebih efisiennya koreksi otomatis. Berikut cara menghapus kata yang dipelajari di perangkat Android Anda:
Buka menu dan ketuk “Pengaturan.” Tekan “Sistem.” Pilih “Bahasa & masukan.” Pilih “Keyboard virtual” dan pilih keyboard yang Anda gunakan. Dalam kebanyakan kasus, ini adalah Gboard. Ketuk “Kamus.” Pilih “Kamus pribadi.” Tekan “Semua bahasa” jika Anda ingin meninjau semua kata yang dipelajari. Anda juga dapat memilih bahasa tertentu. Ketuk dan tahan kata yang ingin Anda hapus dan tekan ikon tempat sampah di pojok kanan atas.
Tip: Di sinilah Anda dapat menambahkan kata ke kosakata keyboard Anda. Jika Anda sering mengetik kata-kata tertentu, Anda dapat menghemat waktu dengan menambahkannya di sini.

Jika Anda tidak ingin berakhir dengan perpustakaan kata-kata yang salah eja dan aneh, Anda dapat proaktif dan menghapus saran saat mengetik. Setiap kali keyboard Anda menyarankan sebuah kata, ketuk dan tahan dan tekan “Hapus saran”. Beberapa faktor dapat menyebabkan hal ini, jadi jika Anda ingin berhasil menonaktifkan koreksi otomatis, inilah yang dapat Anda coba:
Pastikan Ini Keyboard yang Tepat
Banyak orang memasang banyak keyboard di perangkat Android mereka. Jika Anda sering berpindah antar keyboard, Anda mungkin lupa mematikan koreksi otomatis untuk keyboard tertentu. Ingat, jika Anda tidak ingin koreksi otomatis sama sekali, Anda harus mematikannya untuk setiap keyboard yang telah Anda pasang.
Mulai Ulang Telepon Anda
Ponsel Anda mungkin mengalami kesalahan sementara. Dalam hal ini, mungkin mengabaikan perintah Anda untuk mematikan koreksi otomatis. Sebelum memulai ulang ponsel Anda, tinjau pengaturan keyboard sekali lagi untuk memastikan tombol sakelar dimatikan. Jika ya, tekan dan tahan tombol daya untuk memulai ulang ponsel Anda.
Perbarui App
Aplikasi papan ketik bawaan harus diperbarui sendiri. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi papan ketik pihak ketiga, Anda mungkin perlu memperbaruinya secara manual. Menggunakan keyboard usang dapat menyebabkan gangguan dan malfungsi.

Berikut cara memperbarui aplikasi keyboard Anda:
Buka Play Store dan cari nama aplikasi. Jika Anda tidak tahu nama aplikasinya, tekan inisial atau gambar profil Anda di pojok kanan atas, tekan “Kelola aplikasi & perangkat”, dan buka “Kelola”. Setelah Anda menemukan aplikasi yang dimaksud, tekan ” Perbarui.” Perbarui Perangkat Anda
Jika Anda menggunakan aplikasi papan ketik bawaan, Anda mungkin mengalami masalah yang tidak biasa jika sistem Anda tidak diperbarui. Salah satu masalah tersebut adalah ketidakmampuan untuk menonaktifkan koreksi otomatis atau malfungsi keyboard lainnya. Berikut cara memperbarui perangkat Android Anda:
Luncurkan menu Anda dan buka pengaturan. Gulir ke bawah dan pilih “Pembaruan perangkat lunak.” Tekan “Unduh dan instal.” Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihatnya di sini. Instal Aplikasi Lain Jika Anda sudah mencoba semuanya dan Anda masih tidak dapat menonaktifkan koreksi otomatis, coba instal aplikasi keyboard lain. Pilihan populer adalah Gboard dan SwiftKey.

Jangan Biarkan Koreksi Otomatis Mengubah Kata Anda

Kebanyakan koreksi otomatis yang gagal adalah lucu dan menggemaskan. Namun, saat Anda menulis email kantor, Anda tidak ingin koreksi otomatis memutarbalikkan kata-kata Anda dan menulis sesuatu yang tidak pantas atau tidak logis. Karena alasan ini, banyak pengguna Android memutuskan untuk mematikan koreksi otomatis mereka. Meskipun mungkin perlu waktu lebih lama untuk mengetik beberapa kata, ini adalah upaya minimal dari pihak Anda, terutama dibandingkan dengan potensi kerusakan yang disebabkan oleh kata-kata yang salah.

Kami harap artikel ini menjelaskan segalanya tentang mematikan koreksi otomatis pada perangkat Android Anda dan bahwa Anda sekarang mengetik bebas kesalahan.

Apakah Anda menggunakan koreksi otomatis atau pemeriksa ejaan di program yang berbeda? Apakah menurut Anda mereka efisien? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.