Cara Mematikan Mac Dengan Keyboard

Meskipun banyak orang percaya bahwa Apple Mac lebih solid daripada PC Windows, mereka terkadang mengalami masalah serupa. Mereka mungkin mengalami masalah mematikan menggunakan metode biasa karena berbagai alasan. Untungnya, setidaknya ada tiga cara berbeda untuk mematikan Mac. Jika Mac Anda menolak untuk dimatikan melalui opsi antarmuka, berikut cara mematikannya menggunakan keyboard Anda. Kami juga akan membahas apa yang harus dicoba jika tidak dapat dimatikan.

Matikan Mac Dengan Keyboard

Ada pintasan keyboard yang dapat Anda gunakan untuk mematikan komputer. Pintasan berikut akan menutup semua aplikasi dan menanyakan apakah Anda perlu menyimpan pekerjaan apa pun sebelum mematikan:
“Kontrol” +”Opsi” + “Perintah” + Tombol daya
Selanjutnya, kami memiliki beberapa tips yang dapat Anda coba jika komputer Mac Anda menang ‘t off.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Mac Tidak Mati

Bersabarlah

Jika Mac Anda tampaknya tidak mati, hal pertama yang harus dicoba adalah memberikan sedikit lebih banyak waktu. Terkadang proses penonaktifan bisa memakan waktu lama, karena macOS mencoba menutup semua program. Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak aplikasi yang terbuka, macOS memerlukan waktu beberapa saat untuk membukanya. Proses ini tidak akan memakan waktu lebih dari satu menit untuk diselesaikan, meskipun mungkin terasa lebih lama.

Jika salah satu aplikasi membeku atau gagal ditutup karena alasan lain, untuk menemukan akar masalahnya, coba langkah berikut:
Periksa apakah ada peringatan aplikasi di Dock; ini akan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang memerlukan perhatian Anda. Jika file perlu disimpan, klik “Simpan” dari jendela peringatan untuk setiap dokumen. Jika Anda memilih “Batal”, itu juga akan membatalkan permintaan penonaktifan. Jika aplikasi masih tidak dapat dimatikan, Anda dapat “Berhenti Paksa”. Namun, ini dapat mengakibatkan hilangnya data, jadi mungkin ada baiknya mengambil tangkapan layar dokumen untuk membantu membuat ulang kehilangan data. Anda dapat menutup paksa aplikasi dengan mengklik kanannya di Dock dan memilih “Paksa Keluar.”
Setelah aplikasi ditutup, Mac Anda akan mati seperti yang diharapkan. Di sisi lain, jika tidak, lanjutkan membaca.

Cara Mematikan Mac yang Beku

Jika menurut Anda Mac tidak dapat dimatikan karena dibekukan, coba gerakkan kursor untuk mengonfirmasi. Jika kursor tidak merespons, coba:
Tekan lama tombol Daya selama beberapa detik, semoga kotak dialog yang menanyakan apakah Anda ingin tidur, memulai ulang, atau mematikan akan muncul. Jika tidak, pada Mac yang lebih baru, coba pintasan: “Kontrol” + “Opsi” + “Perintah” + Tombol daya. Dan pada Mac yang sangat lama itu adalah “Perintah” + “Kontrol” + “Keluarkan.” Ini akan menutup aplikasi yang terbuka sebelum mematikan Mac.
Jika Mac Anda masih belum mati, Anda dapat menggunakan paksa:
Tekan lama tombol Daya di Mac Anda hingga layar menjadi hitam dan lampu daya padam.Tunggu sekitar 30 detik sebelum menekan tombol Daya lagi.
Hanya gunakan metode ini jika perlu, karena Mac bekerja lebih baik saat dimatikan dengan benar. Jika Mac Anda secara teratur menolak untuk dimatikan dan tidak ada aplikasi atau dokumen yang belum disimpan yang terbuka, maka akar masalahnya harus diselidiki lebih lanjut daripada mengandalkan penghentian paksa.

Coba Cabut Semua Periferal

Periferal yang terhubung mungkin juga menjadi penyebab Mac Anda mengalami masalah saat dimatikan . Untuk hasil terbaik, lepaskan semua periferal dan coba lagi. Jika Anda menggunakan iMac, coba cabut semuanya selain Magic Trackpad atau mouse dan keyboard Anda.

Putuskan sambungan drive eksternal dengan mengklik kanan dan memilih “Keluarkan [DISK]” atau dengan menyeretnya ke kaleng “Sampah” . Jika drive tidak mau keluar, maka itu mungkin masalah Anda. Jendela sembulan baru mungkin muncul dengan pilihan “Force Eject..” jadi cobalah dan lihat apa yang terjadi.

Jika tidak, paksa eject menggunakan perintah Terminal berikut. Ganti “DISK” dengan nama drive Anda.

“diskutil unmountDisk force /Volumes/DISK”

Dan berikut adalah perintah untuk daftar drive yang terpasang:

“diskutil list”

Cara Mencegah Masalah Shut Down di Masa Depan

Berikut adalah tiga tips yang perlu dipertimbangkan menerapkan untuk mencegah masalah mematikan Mac Anda.

Pastikan Kemungkinan Aplikasi Bermasalah Diperbarui

Jika aplikasi adalah alasan Anda tidak dapat mematikan, pastikan semua aplikasi Anda mutakhir dengan memeriksa pembaruan perangkat lunak. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menukar aplikasi dengan alternatif jika tersedia.

Pastikan macOS Diperbarui

macOS perlu diperbarui untuk menangani masalah termasuk ini. Buka “System Preferences” dan “Software Update” untuk memeriksa apakah Anda menjalankan versi macOS terbaru. Anda dapat mengaktifkan pembaruan otomatis dengan memilih “Advanced…” dan mencentang kotak yang relevan.

Boot Into Safe Mode

A “safe mode” restart dapat mencegah masalah shutdown terjadi lagi. Setiap kali Anda memulai Mac dalam mode aman, disk mulai dipindai untuk mencari masalah, lalu macOS akan mencoba memperbaiki masalah yang ditemukan. Mode aman juga menghapus kernel, font, cache sistem, dll. Berikut cara mem-boot Mac Anda dalam mode Aman:
Matikan Mac Anda. Gunakan matikan paksa jika perlu. Tekan tombol daya, lalu segera tekan lama tombol “Shift” apa pun. Kemudian lepaskan tombol “Shift” setelah jendela masuk ditampilkan, dan masuk seperti biasa.
Saat Anda memulai ulang Mac, Mac akan boot ke mode biasa.

Mac Keyboard Shutdown Sukses

Meskipun macOS secara eksplisit dirancang untuk berjalan seperti mimpi, terkadang ada masalah saat mematikan. Bisa jadi Mac Anda dimatikan tetapi hanya membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya karena aplikasi yang bentrok atau periferal atau pekerjaan yang belum disimpan. Biasanya, macOS dapat mengatasi masalah dan dimatikan sesuai permintaan. Namun, jika dibekukan, Anda dapat melakukan intervensi dengan menggunakan pintasan di keyboard Anda untuk mematikannya. Pertimbangkan untuk memastikan macOS dan app Anda mutakhir untuk membantu mencegah masalah penonaktifan di masa mendatang.

Apakah Anda berhasil mematikan Mac menggunakan pintasan keyboard? Bagikan pendapat Anda di bagian komentar di bawah.