Cara Mematikan PC Windows 11

Peluncuran Windows 11 membawa beberapa perubahan pada tata letak dan tampilan keseluruhan, terutama di sekitar bilah tugas. Meskipun antarmuka masih cukup intuitif, terutama untuk pengguna Windows jangka panjang, Anda mungkin tidak dapat mengetahui cara mematikan PC dengan segera.

Tetapi juga, ada lebih dari satu cara untuk mematikan komputer Windows 11 Anda, dan penting untuk mengenal mereka semua. Mematikan PC Anda dengan benar menyelesaikan masalah sistem yang mengganggu itu, menghemat kemajuan pekerjaan Anda, dan dapat meningkatkan masa pakai komputer Anda.

Cara Mematikan PC Windows 11 Menggunakan Tombol Power

Salah satu cara termudah untuk mematikan PC di Windows 11 adalah dengan menggunakan tombol power fisik. Jika Anda belum pernah mengubah fungsi tombol daya pada PC Anda, maka perangkat kemungkinan akan masuk ke mode hibernasi saat Anda menekan tombol daya–itu adalah pengaturan default.

Tetapi tidak harus demikian karena Anda dapat mengubahnya di beberapa langkah sederhana. Inilah semua yang perlu Anda lakukan:
Cari “Control Panel” dari taskbar Windows 11 Anda. Pilih “Hardware and Sound” dari daftar opsi. Pilih “Power Options.” Pilih “Choose what the power button do” di sisi kiri jendela.Klik menu tarik-turun di sebelah opsi “Ketika saya menekan tombol daya”. Pilih “Matikan” dari daftar.Klik “Simpan perubahan.”
Perhatikan bahwa Anda harus memilih opsi ini untuk kedua Menu “On battery” dan “Plugged in” jika Anda menggunakan laptop Windows 11.

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah, tombol daya pada PC Anda menjadi alat yang cepat dan efisien untuk mematikan komputer Anda.

Cara Mematikan PC Windows 11 Menggunakan Start Menu

Jika Anda tidak ingin repot mengubah pengaturan tombol power atau lebih suka menggunakannya untuk mengalihkan komputer ke mode hibernasi, ada solusi lain.

Bahkan, banyak pengguna Windows yang sudah terbiasa dengan komputer langsung mati metode down melalui menu Start. Ini mungkin tindakan otomatis bagi banyak orang.

Namun, mengingat Windows 11 masih relatif baru dan belum semua orang menguasainya, penting untuk membahas langkah-langkah mematikan PC Anda dengan cara ini. Begini cara kerjanya:
Arahkan ke menu Start dengan kursor atau tekan tombol Win pada keyboard Anda. Dari sudut kiri bawah, pilih ikon “Power”. Ketika menu pop-up muncul, klik “Shut down.”
Proses shutdown akan otomatis dimulai. Ingatlah untuk menutup aplikasi atau menyimpan pekerjaan Anda terlebih dahulu untuk menghindari kehilangannya.

Cara Mematikan PC Windows 11 Menggunakan Menu Power User

Metode langsung lainnya untuk mematikan PC Windows 11 Anda adalah dengan memanfaatkan menu power user, hub built-in pada semua versi sistem operasi Windows.

Menu power user menawarkan akses cepat ke fitur-fitur penting seperti “Windows Terminal” dan “Device Manager.” Tetapi ini juga memungkinkan Anda mematikan komputer hanya dalam beberapa langkah. Inilah yang harus dilakukan:
Arahkan kursor Anda ke menu Start.Klik kanan pada ikon menu Start.Dari menu pop-up, pilih “Shut down or sign out.” Di menu yang diperluas, klik “Shut down.”
You Anda juga akan melihat opsi untuk memulai ulang, memperbarui, dan mematikan komputer Anda, dan mengalihkan komputer Anda ke mode tidur.

Cara Mematikan PC Windows 11 Menggunakan Pintasan Keyboard

Banyak pengguna Windows yang cerdas mengandalkan berbagai pintasan keyboard untuk mempercepat pekerjaan mereka. Tetapi Anda juga dapat mematikan komputer dengan menggunakan keyboard.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukannya. Metode pertama telah ada sejak awal Windows. Begini cara kerjanya:
Tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan. Layar pop-up “Shut Down Windows” akan muncul. Navigasikan ke menu tarik-turun di bawah “Apa yang Anda ingin komputer lakukan?” pesan.Pilih “Matikan” dari daftar opsi.Klik “OK.”
Kombinasi keyboard kedua membuka utilitas “Task Manager”, terintegrasi ke dalam sistem operasi Windows 11. Ini terutama digunakan untuk memecahkan masalah dengan aplikasi yang tidak responsif, seperti pembekuan browser Anda.

Namun, ia menawarkan beberapa opsi lain, termasuk mematikan PC Anda. Berikut ini cara mengakses utilitas “Task Manager”:
Tekan Ctrl + Alt + Hapus kombinasi keyboard. Ketika “Task Manager” muncul, navigasikan ke tombol daya di sudut kiri bawah layar. Pilih “Sign Out” dari menu.
Komputer Anda akan mati secara otomatis. Sekali lagi, pastikan Anda telah menyimpan pekerjaan Anda sebelum dimatikan.

Cara Mematikan PC Windows 11 Dari Layar Terkunci

Saat Anda menyalakan komputer Windows 11, layar kunci akan muncul terlebih dahulu. Ini adalah tindakan keamanan yang berguna untuk menjaga file dan privasi Anda tetap aman.

Anda akan diminta untuk memasukkan PIN dan membuka desktop Windows Anda. Tetapi bagaimana jika Anda menyalakan PC hanya untuk menyadari bahwa Anda sebenarnya tidak perlu menggunakannya?

Tidak perlu melalui seluruh proses boot sistem–Anda dapat mematikan perangkat dari sana. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut:
Klik tombol daya di sudut kiri bawah dalam mode layar kunci.Dari menu baru, pilih opsi “Matikan”.
Itu saja. PC Windows 11 Anda akan mati secara otomatis.

Cara Mematikan PC Windows 11 Menggunakan Command Prompt

Tahukah Anda bahwa Anda dapat mematikan PC Windows 11 menggunakan command prompt? Jika Antarmuka Pengguna Umum (GUI) bukan gaya Anda, Anda dapat menggunakan baris perintah yang singkat namun efisien dan mematikan komputer Anda dengan aman. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempelajari caranya:
Masukkan “Command Prompt” di bilah pencarian di PC Windows 11 Anda.Luncurkan aplikasi “Command Prompt”.Masukkan baris berikut “shutdown /s”.
Anda akan melihat “Anda tentang akan keluar” peringatan di layar, dan komputer Anda akan mati.

Semua Cara Mematikan PC Windows 11 Anda dengan Aman

Saat Anda sedang terburu-buru, mungkin Anda tergoda untuk menekan tombol daya perangkat dengan keras dan matikan komputer seketika.

Sementara itu berfungsi, ini bukan solusi yang disarankan karena Anda dapat kehilangan data berharga.

Sebaliknya, Anda dapat mengandalkan salah satu opsi yang dibahas di atas. Mungkin mengubah pengaturan tombol daya adalah solusi terbaik untuk Anda. Atau Anda lebih suka menggunakan pendekatan standar menggunakan menu daya. Jangan lupa bahwa Anda selalu memiliki opsi prompt perintah dan Anda juga dapat mematikan PC dari mode kunci.

Apa metode pilihan Anda untuk mematikan PC Windows 11? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.