Cara Mematikan Ponsel Tanpa Tombol Power

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkats
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Ponsel, karena semua teknologi, rusak. Jika ada sesuatu di ponsel yang macet, banyak yang biasanya mengatasi masalah hanya dengan memulai ulang sistem atau mematikan ponsel.

Ini semua akan jatuh ke air jika tombol daya rusak atau tidak responsif. Ini juga tidak biasa, terutama jika perangkat sedikit lebih tua dan tombolnya telah hilang.

Membuka telepon dan melepas baterai tidak mungkin dilakukan atau dapat merusak port dan baterai itu sendiri, jadi jangan coba-coba.

Untungnya , ada cara aman mematikan ponsel tanpa tombol power. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari cara mematikan perangkat iPhone, Android, dan Samsung saat tombol power tidak berfungsi. . Namun, mereka tentu saja tidak abadi dan tombol dayanya terkadang tidak berfungsi. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menghidupkan iPhone dengan aman tanpa menggunakan paksa.

Matikan iPhone Anda melalui Aplikasi Pengaturan

Ini adalah cara paling sederhana jika iPhone Anda menggunakan iOS 11 atau yang lebih baru. Berikut panduan langkah demi langkah:
Buka “Pengaturan”.Buka “Umum”.Gulir ke bawah hingga akhir menu dan tekan “Matikan”.Geser ikon daya dan matikan ponsel Anda.
Matikan iPhone melalui AssistiveTouch

AssistiveTouch adalah fitur iPhone yang membuat tombol daya virtual. Untuk mengaktifkannya dan mematikan iPhone Anda menggunakannya, lakukan langkah-langkah berikut:
Buka “Pengaturan”.Buka “Aksesibilitas”.Buka “Sentuh”.Buka “AssistiveTouch” dan aktifkan dengan mengetuk “Aktif”.Buka layar beranda dan ketuk tombol AssistiveTouch. Setelah masuk ke aplikasi, ketuk “Perangkat”. Buka “Layar kunci”, lalu tekan dan tahan. Matikan iPhone Anda dengan menggesek penggeser daya.
Cara Mematikan Perangkat Android Tanpa Tombol Daya Fungsional

Mematikan ponsel Android Anda mungkin memiliki lebih banyak opsi, karena sistem Android kompatibel dengan lebih banyak ponsel daripada iOS. Berikut beberapa di antaranya.

Unduh Aplikasi Pihak Ketiga Dari Google Play

Satu keuntungan memiliki ponsel Android adalah ada ribuan aplikasi pihak ketiga di Google Play store.

Aplikasi yang paling sering digunakan untuk mematikan atau memulai ulang perangkat Android Anda adalah PowerMenu dan Shutdown yang keduanya tersedia gratis di Play store. Kedua aplikasi akan menjalankan menu manajemen daya Android dan menjalankan fungsi tombol daya, hanya dengan menggunakan perangkat lunak.

Berikut cara mematikan ponsel menggunakan aplikasi ini:
Unduh aplikasi PowerMenu atau Shutdown dari Play Store. Izinkan akses ke perangkat Anda dan periksa izin saat Anda memulai aplikasi. Saat Anda memasuki aplikasi, buka “Buka Menu Daya” dan aplikasi akan menjalankan menu manajemen daya Android. Matikan atau mulai ulang ponsel Android Anda.
Perhatikan bahwa PowerMenu dan Shutdown berfungsi tanpa rooting. Namun, Anda mungkin perlu me-root ponsel Anda untuk aplikasi pihak ketiga lainnya, jadi lakukan penelitian Anda tentang pilihan terbaik, paling fungsional, dan andal di luar sana.

Gunakan Perintah ADB

Yang ini mungkin terlihat sedikit lebih rumit daripada yang lain, tetapi jika semuanya jika tidak jatuh, itu melayani tujuan.

ADB (Android Debug Bridge) adalah alat perintah yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan perangkat Android Anda. Anggap saja sebagai prompt perintah untuk Android.

Untuk mematikan ponsel Anda dengan cara ini, Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke PC. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan USB debugging dan menginstal driver ADB di PC Anda. Setelah selesai, Anda hanya perlu memerintahkan ponsel untuk dimatikan.

Mari kita lihat cara melakukannya dari awal hingga akhir:
Instal driver ADB di PC Anda (Windows atau Mac).Aktifkan USB debugging di PC Anda. Pastikan ponsel Anda aktif karena Anda tidak akan dapat melakukannya jika tidak. Sambungkan perangkat Anda ke PC melalui kabel USB. Jendela izin akan muncul di ponsel Android Anda. Ketuk “Izinkan”. Buka Prompt Perintah Windows atau Terminal Mac. Temukan driver ADB dengan mengetikkan perintah “/ perangkat ADB.” Dengan begitu Anda akan memastikan PC dan ponsel terhubung. Keluarkan perintah ABD berikut: “ADB shell reboot –p” dan ponsel Anda akan mati. “p” dalam perintah adalah singkatan dari “power” dan dengan menambahkan “–,” Anda memerintahkan ponsel Android Anda untuk mematikan daya. Jika ingin menghidupkan daya, cukup ketik perintah /ADB shell reboot.

Cara Mematikan Ponsel Samsung Tanpa Tombol Daya Fungsional

Handphone Samsung kebanyakan menggunakan sistem Android, namun ada beberapa fitur khusus yang diperkenalkan Samsung pada perangkatnya . Jika tombol daya rusak di ponsel Samsung Anda, jangan khawatir. Ada cara yang cukup cepat dan mudah untuk mengatasinya.

Matikan Ponsel Samsung melalui Ikon Daya

Samsung telah menambahkan ikon Daya ke ponsel Note10, Z flip, dan seri A, yang membuat tugas Anda cukup sederhana.

Berikut cara mematikan ponsel Samsung Anda dengan opsi ini:
Buka panel “Pengaturan cepat”. Gulir ke bawah. Temukan “Ikon daya” di sudut kanan atas layar, di samping “Pengaturan”. Matikan ponsel dengan mengetuk “Matikan. ”
Matikan Ponsel Samsung melalui Bixby’s Voice

Asisten virtual menjadi hal yang penting saat ini. Samsung memiliki suara Bixby, yang memiliki fitur perintah suara yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Suara Bixby juga dapat membantu Anda mematikan telepon jika semuanya gagal. Dan sangat mudah untuk mengaturnya.

Mari kita lalui langkah demi langkah.
Pastikan ponsel Anda terhubung ke internet.Masuk ke akun Samsung Anda.Tekan dan tahan tombol Bixby di sisi kiri ponsel Anda.Masuk masuk dan periksa Syarat dan ketentuan. Ketika Anda telah mengatur Bixby, tekan dan tahan tombol Bixby untuk berbicara dengan asisten. Saat dalam mode suara Bixby, beri tahu Bixby “Matikan telepon.”
Dan Kami Mati

Untungnya, ada banyak solusi alternatif yang dapat membantu Anda mematikan ponsel, bahkan tanpa tombol daya fisik.

Apa pun yang Anda lakukan, hindari menggunakan kekerasan untuk membuka ponsel dan melepas baterai. Jika solusi perangkat lunak tidak berfungsi, Anda mungkin perlu memperbaiki tombol tersebut oleh layanan telepon yang memenuhi syarat.

Apa cara pilihan Anda untuk mematikan telepon tanpa menggunakan tombol daya? Beri tahu kami di komentar di bawah!