Cara Mematikan Ulang Tahun Anda di Facebook

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Bagi banyak orang, ada rasa munafik saat menerima ucapan selamat ulang tahun dari orang yang tidak mereka kenal. Facebook memberi tahu semua teman Anda tentang hari ulang tahun Anda secara default, yang tidak membantu masalah ini. Di luar ketidaktulusan yang dirasakan, ada alasan bagus untuk menyembunyikan ulang tahun Anda di Facebook sama sekali. Tanggal lahir Anda adalah bagian dari data yang mudah dicari oleh pencuri identitas, dan mungkin Anda hanya tidak ingin mengingatkan orang tentang usia Anda.

Apa pun alasannya, menghentikan pemberitahuan ke umpan teman Anda adalah proses yang sederhana. Dalam artikel ini, Anda akan belajar melakukannya di aplikasi seluler dan di browser desktop. Selanjutnya, jika Anda muak menerima pemberitahuan tentang hari ulang tahun orang lain, Anda dapat belajar untuk menghapus fitur itu juga.

Menonaktifkan Notifikasi Ulang Tahun di Desktop

Prosesnya tidak akan terlalu berbeda baik Anda bekerja di desktop atau perangkat seluler . Kami memulai dengan proses desktop, tetapi jangan ragu untuk menggunakan apa pun yang Anda miliki.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke akun Facebook Anda. Anda akan mendarat di umpan berita Anda. Dari sana, ikuti langkah-langkah berikut:
Klik nama Anda di bagian atas halaman.Di halaman profil Anda, klik tombol Tentang, tepat di bawah foto sampul Anda.Pada ikhtisar bagian Tentang, klik Kontak dan Info Dasar. Gulir ke bawah ke Informasi Dasar dan klik ikon pensil di sebelah Tanggal lahir. Setelah Anda mengklik ikon pensil, pilih ikon privasi. Ini akan membuka menu privasi, di mana Anda dapat memilih siapa yang dapat melihat ulang tahun Anda serta siapa yang akan menerima pemberitahuan tentangnya. Jika Anda ingin menyembunyikannya sepenuhnya, pilih Only Me. Jangan lupa untuk mengubah pengaturan privasi pada tahun kelahiran Anda juga. Setelah selesai, klik Simpan.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda secara efektif membuat hari ulang tahun Anda tidak terlihat oleh pengguna Facebook selain Anda sendiri. Tidak ada yang akan menerima pemberitahuan tentang ulang tahun Anda, juga tidak akan ada yang bisa melihatnya. Sekarang, ke versi seluler.

Mematikan Notifikasi Ulang Tahun di Seluler

Anda akan memulai proses kali ini dengan meluncurkan aplikasi Facebook di ponsel Anda. Aplikasi ini tidak diperlukan, dan Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah yang diuraikan di atas di browser seluler. Setelah aplikasi diluncurkan, ikuti langkah-langkah berikut:
Halaman pertama yang Anda lihat adalah umpan berita Anda. Ketuk gambar profil Anda, yang ada di sebelah kiri bilah pencarian. Di halaman profil Anda, ketuk tombol berlabel Edit Detail Publik. Gulir ke bawah pada halaman pengeditan dan ketuk Edit Info Tentang Anda. Di Bawah Info Dasar , temukan tanggal lahir Anda dan ketuk tombol Edit di sebelahnya. Perluas menu pengaturan privasi di sebelah tanggal lahir Anda untuk membuka menu privasi dan pilih Hanya Saya. Anda mungkin harus mengetuk Opsi Lainnya jika opsi tersebut tidak ditampilkan. Ubah juga pengaturan privasi pada tahun kelahiran Anda. Setelah selesai, ketuk Simpan di kanan atas layar.
Seperti yang Anda lihat, kedua prosedur tersebut serupa, dan keduanya tidak memerlukan waktu lebih dari satu menit untuk diselesaikan. Sekarang, jika Anda tidak ingin menerima pemberitahuan tentang ulang tahun orang lain, Anda dapat menonaktifkannya juga.

Menonaktifkan Pemberitahuan Ulang Tahun Teman

Terkadang pemberitahuan ulang tahun menimbulkan rasa kewajiban untuk merespons, dan itu bisa menjengkelkan. Untuk berhenti menerima pemberitahuan ulang tahun, akses halaman pengaturan Facebook Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengeklik panah bawah di bilah atas halaman Facebook Anda atau dengan mengakses halaman Pengaturan secara langsung.

Klik Notifikasi di menu bilah sisi kiri dan gulir ke bawah ke Ulang Tahun. Perluas bagian Ulang Tahun dan matikan notifikasi. Anda tidak akan lagi menerima pemberitahuan tentang ulang tahun dari Facebook.

Selamat Ulang Tahun untuk Anda, dan Hanya Anda

Menonaktifkan atau menyembunyikan ulang tahun Anda di Facebook memiliki banyak tujuan. Prosesnya agak sederhana dan mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengakses halaman Tentang Anda dan mengubah pengaturan privasi untuk melarang akses ke siapa pun kecuali Anda sendiri. Anda dapat melakukannya dari browser apa pun atau aplikasi Facebook. Saat melakukannya, Anda dapat dengan cepat mematikan pemberitahuan tentang ulang tahun orang lain jika Anda memang menginginkannya.

Mengapa Anda ingin hari ulang tahun Anda disembunyikan dari teman? Apakah menurut Anda ini masalah keamanan jika orang memiliki akses mudah ke informasi tanggal lahir Anda? Bagikan pemikiran Anda di komentar di bawah.