Cara Membatalkan Kirim atau Mengedit iMessage di iPhone, iPad, dan Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Membuat kesalahan iMessage? Dalam waktu singkat, Anda dapat membatalkan pengiriman atau mengedit pesan yang dikirim ke pengguna Apple lainnya dari iPhone, iPad, atau Mac Anda. Ini adalah proses yang hampir sama di setiap platform, yang akan kami jelaskan kepada Anda.

Catatan: Untuk menggunakan fitur ini di iPad, Anda memerlukan iPadOS 16, yang pada saat penulisan ini ditunda hingga nanti pada tahun 2022. Setelah pembaruan tiba dan Anda menginstalnya di iPad Anda, Anda akan siap untuk mulai membatalkan pengiriman dan mengedit iMessages.

Cara Membatalkan Pengiriman Pesan

Anda dapat membatalkan pengiriman atau mengedit iMessages yang telah Anda kirim menggunakan perangkat apa pun, meskipun itu bukan perangkat yang Anda gunakan untuk mengirimnya (misalnya, membatalkan pengiriman pesan menggunakan Mac Anda yang awalnya dikirim dari iPhone Anda). Itu pasti pesan yang dikirim antara pengguna Apple, menggunakan layanan iMessage.

Anda dapat mengetahui bahwa Anda menggunakan iMessage jika pesan terkirim muncul dengan gelembung biru. Anda tidak dapat mengedit gelembung hijau (atau gelembung abu-abu, yang merupakan pesan masuk dari orang lain).

Untuk membatalkan pengiriman pesan, ketuk dan tahan pesan (atau klik dan tahan di Mac) lalu pilih opsi “Batalkan Kirim” yang muncul . Saat Anda membatalkan pengiriman pesan, penerima akan mendapatkan pemberitahuan kecil di bagian bawah layar yang menyatakan bahwa pesan belum terkirim. Namun, perlu diingat bahwa jika penerima menggunakan perangkat lunak lama yang ada sebelum iOS 16, iPadOS 16, atau macOS 13 Ventura, Apple mengatakan bahwa orang tersebut mungkin masih menerima pesan.

Cara Mengedit Pesan

Untuk mengedit pesan, ketuk dan tahan ( atau klik dan tahan) pesan lalu pilih “Edit” untuk mengubah isi pesan.

Setelah pesan diedit, penerima akan melihat tautan “Diedit” di sebelah pesan Anda. Mengetuk tautan ini akan menampilkan versi pesan sebelumnya. Ini berfungsi paling baik untuk mengoreksi kesalahan ketik, daripada mengubah maksud pesan—tidak mengirim lebih baik untuk itu.

Selain itu, perhatikan bahwa jika penerima belum memutakhirkan ke iOS 16, iPadOS 16, atau macOS 13 atau yang lebih baru, mereka hanya akan menerima pesan baru dengan teks yang direvisi.

Pembatasan pada Pesan yang Tidak Terkirim dan Mengedit

Anda memiliki waktu dua menit untuk membatalkan pengiriman pesan setelah Anda mengirimnya. Ini membantu mencegah penyalahgunaan sistem dengan membatasi penggunaannya pada kesalahan yang sebenarnya, daripada memberi pengguna kemampuan untuk mengubah konteks percakapan.

Jendela untuk mengedit pesan sedikit lebih lama yaitu 15 menit. Anda dapat mengedit pesan sebanyak lima kali, jadi buatlah pengeditan Anda diperhitungkan. Sebagaimana dicatat, semua riwayat edit disimpan dengan pesan untuk mencegah penyalahgunaan sistem.

Tidak Berfungsi untuk SMS

Anda hanya dapat membatalkan pengiriman atau mengedit pesan yang dikirim ke pengguna Apple lainnya, tetapi hal yang sama tidak akan berfungsi untuk pesan yang dikirim ke Android pengguna yang muncul sebagai gelembung hijau. Ini karena pesan SMS bergantung pada protokol lama.

Ada beberapa cara untuk mengakses iMessage di Windows dan Android, tetapi tidak terlalu praktis. Apple telah menyeret tumitnya atas masalah memperbaiki reaksi iMessage di Android, jadi kami tidak akan merekomendasikan menahan napas untuk dukungan iMessage asli dalam waktu dekat.

Itulah berita seputar Cara Membatalkan Kirim atau Mengedit iMessage di iPhone, iPad, dan Mac, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.