Cara Membatalkan Pekerjaan Cetak di PC atau Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Printers adalah cara sempurna untuk membuat versi fisik dokumen elektronik untuk pencatatan yang akurat. Pengguna dapat mencetak dokumen satu per satu, atau menjadwalkan pekerjaan cetak untuk laporan multi-halaman untuk dibagikan dengan orang lain. Namun ada kalanya Anda menemukan bahwa Anda tidak perlu mencetak dokumen sebanyak yang Anda pikir Anda butuhkan. Dalam kasus tersebut, sebaiknya batalkan tugas cetak dan hemat kertas.

Jika Anda tidak yakin cara membatalkan tugas cetak, teruskan membaca. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara menghapus printer di Mac dan Windows.

Membatalkan Pekerjaan Cetak di Mac

Saat printer terhubung ke Mac Anda, ada bagian di jendela pengaturan yang memungkinkan Anda melihat dokumen apa pun yang dijadwalkan untuk dicetak. Meskipun Anda tidak dapat menghentikan pencetakan data apa pun yang telah diproses, Anda dapat membatalkan pekerjaan di tengah jalan. Beberapa halaman masih dicetak, tetapi halaman yang menunggu dalam antrean setelah pencetakan dihentikan tidak akan dicetak.

Sementara file yang lebih kecil dibatalkan dengan cepat, dokumen besar memerlukan waktu untuk dibatalkan. Oleh karena itu, sebaiknya jeda tugas besar sebelum menghentikannya.
Klik ikon printer di Dock Mac (daftar ikon di bagian bawah layar).Pilih “Pekerjaan” dan “Tampilkan Pekerjaan Saya”.Pilih ikon jeda untuk menghentikan tugas pencetakan yang akan datang untuk sementara.Klik tombol X untuk menghapus dokumen dari antrian.
Proses serupa lainnya menggunakan menu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang sama.
Buka menu Apple di Mac Anda.Buka “System Preferences.”Pilih “Printer & Pemindai.”Pilih printer yang sedang Anda gunakan.Klik “Buka Antrean Cetak.”Pilih “Pilih Pekerjaan” dan “Tampilkan Pekerjaan Saya.”
Jika beberapa pengguna lain berbagi printer yang sama dengan Anda, menghapus pekerjaan yang tidak Anda lakukan ‘t submit tidak mungkin. Anda hanya dapat membatalkan tugas yang telah Anda jadwalkan, tetapi Anda selalu dapat melihat keseluruhan antrean dengan memilih “Tampilkan Pekerjaan Semua Orang” di bagian “Pilih Pekerjaan”. menu “Printer & Pemindai”. Aplikasi ini mungkin menampilkan sembulan kecil dengan bilah kemajuan dan tombol batal. Dalam kasus ini, Anda dapat mengklik tombol batal untuk segera menghentikan proses pencetakan.

Membatalkan Pekerjaan Cetak di PC Windows

Pengguna Windows memiliki cara serupa untuk membatalkan pekerjaan pencetakan. Mereka hanya dapat membatalkan pekerjaan yang belum diproses sepenuhnya oleh printer.

Berikut petunjuk untuk satu metode.
Cari ikon Printer di bilah tugas Windows.Klik kanan ikon tersebut dan pilih “Buka Semua Printer Aktif.”Pilih dari daftar printer.Buka kotak dialog printer dan pilih pekerjaan yang ingin Anda batalkan.Klik kanan dan pilih “Batalkan.”Konfirmasikan keputusan Anda.Tunggu hingga pekerjaan pencetakan menghilang dan tutup kotak dialog.
Panel Kontrol juga tempat Anda dapat membatalkan pekerjaan cetak. Berikut adalah langkah-langkahnya.
Ketikkan “Control Panel” di bilah pencarian Windows.Buka Control Panel.Buka bagian “View Devices And Printers” atau sesuatu yang mirip namanya.Klik kanan printer yang ingin Anda hentikan.Pilih “See What’s Mencetak” atau opsi “1 Dokumen(s) In Queue”. Klik kanan pekerjaan untuk membatalkan. Pilih “Batal.” Klik “Ya” untuk mengonfirmasi. Beberapa opsi ini mungkin memiliki nama yang sedikit berbeda di seluruh versi Windows. Namun demikian, Anda dapat mengharapkan untuk menggunakan proses yang sama bahkan pada Windows 8.

Seperti halnya dengan Mac, pengguna dapat membatalkan pekerjaan cetak secara langsung di dalam beberapa program setelah mengklik sebuah tombol. terlambat menghentikan proses pencetakan, atau mungkin ada kesalahan. Untungnya, banyak printer saat ini memiliki tombol batal pada printer itu sendiri yang menghentikan mereka untuk mencetak hard copy lebih lanjut. Mematikan printer kemungkinan akan menyetel ulang antrean, tergantung pada model yang tepat.

FAQ Tambahan
Dapatkah memulai ulang komputer saya menghapus antrean cetak?

Menyalakan ulang komputer Anda mungkin menyetel ulang antrean cetak, tetapi hal itu tidak dijamin. Sebaiknya matikan printer setelah menghidupkan ulang PC dan lihat apakah ada file yang masih dalam antrian cetak.
Bagaimana cara menghapus spool printer?

Ikuti petunjuk ini untuk menghapus file dari antrian cetak melalui spool printer.

1. Ketik “Layanan” di bilah pencarian Windows.

2. Cari “Print Spooler Device.”

3. Klik kanan spooler dan pilih “Stop.”

4. Tekan Tombol Windows + E dan buka lokasi ini:

• C:>Windows>System32>Spool>Printers

5. Buka folder dan tekan Ctrl + A.

6. Tekan Shift + Delete untuk menghapus file-file itu.

7. Kembali ke “Layanan” dan klik kanan spooler lagi.

8. Klik “Mulai”. Anda dapat dengan cepat menghapus antrean dan membatalkan pekerjaan cetak dalam beberapa menit. Jika itu tidak berhasil, tombol batal pada printer akan melakukan tugasnya.

Printer apa yang paling sering Anda gunakan? Apa cara lain untuk menghentikan pekerjaan pencetakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.