Cara Membersihkan Mouse Trackball Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda membeli trackball yang mewah, dan Anda menyukai kehidupan trackball, tetapi suatu hari mouse Anda tampaknya sedikit lebih lamban daripada yang Anda ingat. Saatnya untuk membersihkannya.

Trackballs Memerlukan Pembersihan Rutin Sederhana

Dari beberapa mouse pertama di tahun 1960-an hingga saat ini, jenis mouse yang paling umum adalah mouse komputer mekanis bergaya roller. Mouse jenis ini membutuhkan pembersihan rutin karena Anda menyeretnya (dan bola baja berlapis tertimbang di bagian bawah mouse) melintasi meja Anda terus-menerus. Akhirnya, debu, bulu-bulu liar, dan serpihan ringan lainnya akan berakhir di dalam dan melilit rol kecil yang melacak pergerakan bola baja.

Perkenalan mouse optik, yang dipopulerkan oleh Microsoft IntelliMouse, yang merupakan mouse optik pertama yang dipasarkan pada tahun 1999, membuang bit mekanis bergulir demi LED dan fotodioda. Tidak ada bagian yang bergerak di bagian bawah mouse optik dan kecuali untuk memeriksa “geser” plastik kecil di bagian bawah untuk kotoran, tidak perlu dibersihkan.

Karena itu, sebagian besar pengguna trackball baru tidak terbiasa membersihkannya. mouse dan terkejut ketika tiba-tiba gerakan luar biasa mulus dan membebaskan dari trackball baru mereka yang mengkilap tidak lagi mulus.

Untungnya, jika Anda tahu di mana mencarinya dan apa yang harus dilakukan, mudah untuk membersihkan trackball Anda dan kembali ke gerakan halus itu -gaya hidup tikus dengan jari.

Ada cara praktis untuk membersihkan trackball Anda, dan kemudian ada “Saya akan menjatuhkan kotoran itu dengan jari saya dan menghapusnya dengan T- saya- shirt” cara untuk membersihkan mouse trackball Anda.

Tergantung pada apakah Anda di rumah dengan beberapa alat yang tepat atau Anda sedang membersihkan mouse sambil menyelesaikan beberapa pekerjaan di antara transit di bandara, keduanya dapat diterima. Dalam beberapa dekade kepemilikan trackball, saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya telah melakukan keduanya, dan mouse saya telah bertahan.

Jika Anda ingin menangani tugas dengan pendekatan yang sesuai dengan buku, ada baiknya untuk menyiapkan hal-hal berikut:

Cotton Penyeka Kain Pembersih MicrofiberBlower Udara Air SulingA Deterjen Piring Ringan

Deterjen piring hanya diperlukan jika mouse Anda sangat kotor dan Anda ingin menghilangkan lengket atau residu yang menempel pada sandaran tangan atau semacamnya.

Produsen, termasuk Logitech, menyarankan untuk tidak menggunakan Mengoleskan alkohol pada mouse Anda karena dapat menghitamkan tidak hanya tubuh mouse tetapi juga menyebabkan komponen karet seperti pegangan di sisi palm rest, roda gulir, atau kaki traksi di bagian bawah mouse menjadi rusak dan menjadi sticky.

Jika Anda benar-benar ingin mendisinfeksi mouse Anda, gunakan pembersih pembersih bebas alkohol dan pemutih.

Cara Membersihkan Trackball Anda

Kami akan fokus pada pembersihan trackball berbentuk cangkang yang dioperasikan dengan ibu jari dipopulerkan oleh Logitech dengan pengenalan Trackman Marble yang diperkenalkan kembali pada tahun 1995. Saat itu adalah best seller, dan mouse trackball terlaris mereka saat ini, termasuk M570, M575, dan MX Ergo, mempertahankan faktor bentuk yang sama.

Tapi jangan’ t khawatir, proses umum membersihkan mouse trackball adalah sama terlepas dari mouse. Satu-satunya perbedaan yang signifikan antara merek adalah bagaimana bola mouse diamankan ke dalam tubuh mouse. Mari kita lihat cara membersihkan dan mengoperasikannya dengan lancar.

Mempersiapkan Membersihkan Mouse Trackball

Sebaiknya lepaskan sumber daya dari mouse Anda jika memungkinkan sebelum melanjutkan.

Jika mouse Anda terhubung ke kabel, cabut kabelnya. Jika memiliki baterai yang dapat dilepas, buka kompartemennya dan keluarkan. Dalam kasus tikus dengan baterai lithium-ion internal yang tidak dapat dilepas, seperti Logitech MX Ergo, berhati-hatilah.

Dalam semua kasus, jika Anda menggunakan lap pembersih atau handuk microfiber dengan air suling dan deterjen ringan, jangan pernah menggunakannya cairan langsung ke tubuh mouse dan hanya menggunakan kain yang sedikit dibasahi untuk menyeka permukaan.

Jika Anda menggunakan deterjen ringan, setetes sabun cuci piring Dawn dalam semangkuk air suling dan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam air dan kemudian benar-benar memeras adalah cara yang harus dilakukan. Anda menginginkan kelembapan yang cukup untuk membersihkan permukaan tetapi tidak cukup kelembapan agar air dapat mengalir ke badan mouse.

Mengusap Badan Mouse

Jika mouse Anda benar-benar bersih dan keluhan utama Anda adalah bola terasa lengket atau lambat, silakan lewati langkah ini.

Tetapi jika Anda membersihkan mouse trackball secara umum, sebaiknya mulai dengan pembersihan umum untuk membersihkan kotoran. Dengan melakukan langkah ini sebelum melepas trackball, Anda dapat menghindari kotoran tambahan yang jatuh ke dalam rongga trackball.

Seka mouse trackball secara menyeluruh dengan kain mikrofiber yang dibasahi hanya dengan air suling,  lap desinfektan, atau jika Anda mencoba beberapa penumpukan serius, kain pembersih mikrofiber yang dibasahi dengan air suling dan deterjen ringan.

Lepaskan Bola Mouse
Logitech

Dari semua langkah yang terlibat dalam membersihkan mouse trackball, langkah menghilangkan bola mungkin adalah langkah di mana Anda dapat membuat kesalahan langkah yang serius. Jika Anda mempersenjatai mouse trackball Anda dengan alat dan menggaruk atau menggores permukaan, Anda akan terjebak dengan trackball yang terasa tidak enak, dan tidak ada yang menginginkannya.

Pastikan untuk membaca dokumentasi mouse khusus Anda untuk memeriksa ulang bagaimana bola harus dihilangkan.

Dalam kasus mouse trackball Logitech modern, bola tertahan oleh tegangan. Jika Anda memiliki jari yang kering dan bersih dan cengkeraman yang kuat, Anda dapat menggenggam bola dan menariknya perlahan untuk mengeluarkannya. Ada juga lubang yang terletak di bagian bawah banyak model yang, menurut desain, adalah diameter pensil. Jika Anda kesulitan mengeluarkan bola dengan pegangan saja, Anda dapat mendorong pensil, ujung penghapus terlebih dahulu, ke dalam lubang untuk mengangkat bola ke atas.

Beberapa mouse trackball yang lebih tua memiliki cincin pengunci yang ditempatkan di atas bola. Hadiah utama untuk desain ini adalah adanya lesung pipit kecil di cincin (lesung pipit itu untuk Anda masukkan ujung stylus atau ujung pena untuk memutar cincin dan membukanya).

Untuk trackball non-jempol, bola dipegang terutama oleh gravitasi, dan Anda harus dapat mengangkat bola lurus ke atas dari soket dengan sedikit hambatan.

Sangat sedikit trackball yang memiliki mekanisme eject yang sebenarnya, contoh paling menonjol saat ini di pasaran adalah Kensington Pro Fit Ergo Vertical Trackball. Di mana Anda akan menemukan lubang “pensil” pada mouse Logitech, Pro Fit Ergo memiliki tombol fisik.

Bersihkan Bola Mouse

Bagian bola sebenarnya dari mouse trackball adalah plastik yang dipoles keras dan sangat mudah dibersihkan. Dalam kebanyakan kasus, Anda cukup membungkus selembar kain bersih, seperti kain mikrofiber yang disebutkan di atas, di sekelilingnya dan mendapatkan semir lembut untuk menghilangkan minyak kulit.

Jika tidak cukup, bersihkan dengan cara yang sama seperti Anda usap ke badan mouse.

Bersihkan Bantalan Penopang
Aku membiarkan ini begitu lama hanya untuk mendapatkan foto kotor ini untukmu. Jason Fitzpatrick

Anda mungkin memperhatikan betapa kotornya rongga bola saat Anda melepaskan bola mouse. Mouse trackball memiliki bantalan kecil yang menopang bola dan memungkinkannya bergulir dengan bebas. Bantalan tersebut adalah titik pengumpulan utama untuk kotoran di dalam trackball Anda. Apa yang terjadi adalah saat Anda menggunakan mouse, sedikit minyak kulit Anda disimpan di bola. Pada awalnya, ini sebenarnya adalah keuntungan. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa beberapa hari setelah menggunakan trackball baru Anda, gerakannya bahkan lebih halus dan lebih menyenangkan.

Tetapi setelah sedikit pelumasan awal itu, oli mulai menumpuk di titik-titik bantalan yang sedikit terangkat, dan debu, partikel kecil potongan kulit, dan minyak mentah lainnya menempel pada minyak, akhirnya membentuk cakram kecil berlilin di setiap bantalan.

Setelah mencapai titik itu, saat itulah Anda mulai merasakan bola lengket/menyeret seperti trackball tidak berputar seperti itu digunakan untuk.

Silakan dan gunakan blower udara untuk mengeluarkan puing-puing lepas dari rongga, lalu angkat cakram kasar kecil dengan kuku Anda. Ini berguna untuk melakukan ini dengan mouse terbalik sehingga gravitasi membantu disk dan penumpukan lainnya jatuh (bukan ke dalam di mana mungkin berakhir terjepit di celah).

Kemudian gunakan kapas yang sedikit dibasahi untuk membersihkan titik bantalan secara lebih menyeluruh. Tidak perlu tekanan agresif apa pun, cukup putar perlahan dan usap bolak-balik untuk membuatnya bagus dan bersih.

Membersihkan Jendela Sensor Optik

Di dalam rongga, Anda juga akan melihat jendela untuk sensor optik. Tergantung pada modelnya, mungkin persegi panjang datar besar atau lubang bundar kecil sempit dengan lensa tersembunyi.

Sekali lagi, dengan menggunakan kapas yang sedikit dibasahi, bersihkan permukaan dengan lembut. Sangat jarang jendela cukup kotor untuk benar-benar menghambat pengoperasian mouse trackball, tetapi dalam model dengan jendela tersembunyi, mungkin saja sedikit puing dari titik bantalan yang baru saja kita bersihkan bisa pecah dan tersangkut di dalamnya. istirahat. Kecuali noda biasa, kotoran semacam itu akan memengaruhi kinerja mouse.

Bersihkan Tepi dan Celahnya

Bantalan dan jendela adalah hal terpenting untuk dibersihkan, tetapi saat Anda mengeluarkan bola, jalankan kapas di sepanjang retakan dan celah yang terbuka di plastik, seperti tempat rongga bertemu tubuh tikus. Potongan-potongan kecil puing suka bersembunyi di sana, dan jika Anda tidak menghapusnya sekarang, mereka hanya akan menempel di bantalan di jalan.

Ganti Bola Mouse

Periksa rongga itu dan ledakan lagi dengan udara blower atau usap dengan kain mikrofiber untuk mengambil bagian kecil yang tersesat, lalu ganti bola dengan lembut.

Bersiaplah agar trackball Anda terasa aneh selama sekitar satu hari. Saat trackball perlahan menjadi kotor, Anda terbiasa dengan peningkatan gesekan. Saat Anda membersihkannya kembali ke bantalan penopang yang telanjang, itu akan terasa sangat cepat dan bahkan, mungkin, sedikit “goresan” selama satu atau dua hari. Setelah sedikit minyak kulit menumpuk, itu akan terasa pas.

Itulah berita seputar Cara Membersihkan Mouse Trackball Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.