Cara Membuat Folder di Google Documents

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Documents adalah editor teks gratis yang hebat, dan berkat itu menjadi bagian dari ekosistem Google, ini juga bagus untuk berkolaborasi dengan mudah dengan pengguna Google lainnya. Namun, saat bekerja di Google Documents, sangat penting bagi Anda untuk tetap teratur. Jika tidak, Anda berisiko kehilangan dokumen penting dan membuang waktu untuk mencari hal-hal yang dapat Anda temukan segera.

Untuk membantu organisasi di Google Documents, Anda ingin menggunakan folder. Anda dapat menggunakannya untuk mengatur berdasarkan tempat kerja, konsep, kategori, dan banyak lagi. Namun, Google Documents sebenarnya tidak dapat membuat folder itu sendiri. Sebaliknya, Anda sebenarnya membuatnya di dalam Google Drive.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara membuat folder di Google Drive untuk mengatur Google Documents Anda.

Cara Membuat Folder di Google Documents

Anda dapat membuat folder secara langsung dari dokumen di Google Documents, atau Anda dapat membuka Google Drive untuk membuat folder baru. Kedua opsi hanya memerlukan beberapa langkah, jadi opsi yang lebih baik sepenuhnya bergantung pada preferensi pribadi Anda.

Membuat Folder di Google Docs
Dalam dokumen Google Docs, klik Move, ikon folder, di sebelah judul dokumen Anda. Dari sana, Anda diberi opsi untuk memberi nama folder baru atau menambahkan dokumen ke yang sudah ada. Jika Anda ingin menambahkan ke yang sudah ada, klik folder yang ditentukan dan pilih Pindahkan. Untuk membuat folder baru, klik ikon folder di sudut kiri bawah jendela, masukkan nama untuk folder baru Anda, konfirmasi dengan menekan kotak centang, lalu klik Pindahkan di sini.
Membuat Folder di Google Drive

Ketika Anda berada di Google Drive tetapi tidak dalam dokumen tertentu, Anda akan berada di daftar semua file Anda.
Untuk mengaturnya, arahkan ke kiri atas dan pilih tombol Baru. Dari daftar drop-down itu, pilih Folder. Beri nama folder dan itu akan muncul di daftar dokumen Anda. Daftar menempatkan folder lebih tinggi daripada file, jadi ingatlah itu. Dalam menu ini, Anda memiliki beberapa opsi berbeda untuk pengorganisasian. Anda dapat menyeret data Anda di atas folder, dan itu akan menempatkannya di sana. Atau, Anda dapat mengklik kanan file dan memilih Pindahkan ke, dan itu akan memberikan daftar folder tempat Anda dapat memindahkan dokumen.
Keduanya sangat cepat, dan setiap cara akan melakukan persis apa yang Anda perlukan: mengatur file dan dokumen Anda.

Mengelola Folder Google Drive

Mengingat cara kerja folder dengan Google Documents, Anda akan menggunakan Google Drive untuk mengakses dan mengelola file dan folder yang disimpan . Di dalam Google Drive, Anda dapat memindahkan folder ke dalam sub-folder, menghapusnya, dan banyak lagi.
Untuk mengelola folder, cukup klik kanan padanya dan pilih opsi mana pun yang Anda inginkan dari kotak tarik-turun yang dihasilkan. Folder juga memudahkan berbagi grup dokumen dengan pengguna lain. Alih-alih berbagi setiap file dengan sendirinya, Anda dapat membuat folder untuk menumpuk berbagai dokumen di dalamnya dan mengizinkan orang lain untuk mengelolanya. Dengan membagikan tautan itu, pengguna yang memiliki akses dapat mengunggah dokumen baru, mengakses dokumen lain, dan banyak lagi.
Pertanyaan Umum
Dapatkah Anda memulihkan folder setelah menghapusnya di Google Drive?

Ya, Anda dapat memulihkan folder di Google Documents setelah Anda menghapusnya, tetapi hanya selama 30 hari setelah dihapus. Begini caranya:

1. Di dalam Google Drive, klik Sampah, itu ada di sisi kiri layar.

2. Sekarang, klik kanan folder yang ingin Anda pulihkan, dan klik Pulihkan.

Final Thoughts

Sekarang setelah Anda mengetahui cara mengatur file Google Drive, pastikan Anda meluangkan waktu untuk mencari tahu proses terbaik untuk Anda. Beberapa orang menyukai folder yang berbeda untuk semuanya, sementara yang lain lebih suka menggabungkan grup besar ke dalam satu folder dengan subfolder di dalamnya.

Bagaimanapun, sistem organisasi Google Drive yang fantastis akan memberi Anda alat untuk membuat pekerjaan Anda terus berjalan daripada menghabiskan waktu mencari dokumen yang berbeda dan file.