Cara Membuat Grafik di Google Slide

Bagan atau grafik adalah cara yang bagus untuk menampilkan cuplikan data Anda. Jadi, saat Anda memasangkan bagan dengan alat visual lain seperti Google Slide, Anda dapat membuat presentasi data yang sempurna kepada audiens Anda.

Anda tentu saja dapat membuat grafik di Google Spreadsheet, lalu memasukkannya ke dalam presentasi Google Slides Anda. Tetapi Anda juga dapat melakukan kebalikannya dan memulai bagan dari Slide. Berikut cara membuat grafik di Google Slides.

Membuat Grafik di Google Slides

Kunjungi Google Slides, masuk, dan buka presentasi Anda. Buka slide tempat Anda ingin menyisipkan bagan. Karena grafik akan menutupi seluruh slide secara default, Anda mungkin ingin memulai dengan slide kosong. Anda kemudian dapat mengubah ukuran dan memindahkan bagan sesudahnya sesuai kebutuhan.

Buka menu Sisipkan, pindah ke Bagan, dan pilih jenis yang ingin Anda gunakan dari menu munculan. Anda dapat menggunakan jenis grafik yang paling umum seperti batang, kolom, garis, dan pai.

Anda kemudian akan melihat bagan default dengan data sampel muncul di slide Anda. Anda juga akan melihat pesan singkat di bagian bawah yang memberi tahu Anda bahwa Anda dapat mengedit bagan di Google Spreadsheet. Klik tautan Edit di Spreadsheet dalam pesan untuk langsung membuka bagan di Google Spreadsheet.

Jika pesan hilang sebelum Anda dapat mengeklik tautan, jangan khawatir. Pilih bagan, lalu klik panah di kanan atas. Pilih “Open Source” dan Google Spreadsheet akan terbuka di tab browser baru langsung ke bagan dan datanya.

Edit Bagan dan Data di Google Sheets

Anda dapat menggunakan data sampel untuk grafik jika sesuai dengan tujuan Anda. Jika tidak, cukup gunakan sel di atas bagan di Google Spreadsheet untuk menambahkan data Anda sendiri.

Untuk menyesuaikan apa yang ditampilkan pada bagan, klik tiga titik di kanan atas dan pilih “Edit Bagan.” Tindakan ini akan membuka bar samping Editor Bagan agar Anda dapat menyesuaikan sumbu, rangkaian, dan elemen lainnya pada tab Penyetelan.

Untuk menyesuaikan tampilan bagan, pilih tab Kustomisasi di bar samping. Anda dapat memperluas kategori tergantung pada jenis grafik Anda untuk mengubah hal-hal seperti gaya bagan, legenda, dan seri.

Setelah Anda selesai menyiapkan data, menyesuaikan bagan, dan menyesuaikan tampilan di Google Spreadsheet, kembali ke tab Google Slide di browser Anda.

Perbarui Grafik di Google Slides

Kembali ke slide Anda, Anda akan melihat tombol Perbarui muncul di grafik. Klik ini untuk menerapkan perubahan yang Anda buat pada bagan dan data di Google Sheets.

Selanjutnya, Anda dapat memperbarui data bagan atau bagan itu sendiri dengan membuka Google Sheet yang sesuai. Sekali lagi, Anda dapat melakukan ini dengan mengeklik panah di kanan atas bagan di Google Slides dan memilih “Open Source.”

Tetapi Anda juga dapat mengunjungi Google Spreadsheet secara langsung atau Google Drive. Nama spreadsheet akan sama dengan nama presentasi Slide Anda ditambah jenis bagan.

Jika Anda ingin mengonversi grafik menjadi gambar statis, Anda cukup membatalkan tautannya dari sumber Google Spreadsheet. Klik panah di kanan atas bagan dan pilih “Batalkan Tautan.”

Perhatikan bahwa Anda tidak dapat memperbarui bagan atau datanya menggunakan Google Spreadsheet jika Anda memutuskan tautannya. Ini akan muncul sebagai gambar statis di slide Anda.

Menambahkan bagan ke presentasi Google Slides Anda mungkin hanya visual yang Anda perlukan untuk menyempurnakan slideshow atau menampilkan data persis yang diperlukan.

Untuk jenis visual lain untuk slideshow Anda, lihat di cara menambahkan video dan menyesuaikan pemutaran atau cara menggambar di Google Slides.

Itulah berita seputar Cara Membuat Grafik di Google Slide, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.