Cara Membuat Paket Tekstur Minecraft Dengan Difusi Stabil

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Minecraft adalah gim yang fantastis, dan memiliki salah satu komunitas modding terbesar dalam sejarah gim. Bagaimana jika Anda ingin menambahkan beberapa bakat pribadi ke permainan Anda, tetapi Anda bukan seorang seniman grafis? Berikut cara menggunakan Difusi Stabil untuk membuat tekstur Minecraft.

Semua yang Anda Butuhkan untuk Memulai

Ada banyak program yang Anda perlukan sebelum Anda dapat memulai. Semuanya gratis (atau memiliki alternatif gratis), kecuali Minecraft itu sendiri.

Berikut semua yang Anda perlukan:

A Instalasi Java Minecraft7-Zip, WinRAR, atau program pengarsipan file lain yang dapat mengekstrak aset dari file JAR GIMP, Paint. .NET, Photoshop, atau program pengeditan foto lain pilihan Anda Difusi Stabil, lebih disukai dengan editor teks biasa GUIA, idealnya seperti Atom atau Visual Studio Code, tetapi Notepad.

Jika Anda ingin mengikuti persis apa yang kami lakukan, berikut adalah daftar persis hal-hal yang akan kita gunakan dalam tutorial ini:

  • Java Minecraft Versi 1.19.27-Zip
  • GIMPS Difusi Stabil dengan GUI
  • Visual Studio Code (VSCode)

Jika Anda tidak akan menggunakan semua perangkat lunak yang sama, katakan jika Anda lebih suka Atom daripada VSCode , seharusnya tidak terlalu penting. Setiap program yang terdaftar memiliki semua fungsi yang diperlukan.

Pastikan Anda menjalankan Minecraft setidaknya sekali setelah mengunduh dan menginstalnya. Peluncur mengunduh lebih banyak file saat pertama kali game dijalankan.

Setelah Anda melakukan semua itu, kami siap untuk mulai memproduksi tekstur.

Buat Folder untuk Menyimpan Tekstur Anda

Anda perlu membuat folder untuk menampung semua tekstur yang Anda buat — kami menempatkan milik kami tepat di tengah Desktop kami agar tidak hilang. Cukup klik kanan pada Desktop, arahkan mouse ke “baru,” lalu klik “Folder.” Kami menamai milik kami “HTGExampleTextures” karena mudah diingat.

Paket tekstur Minecraft — atau paket sumber daya, seperti yang disebut game — harus menghormati hierarki folder asli dari aset game. Kami akan menunjukkan artinya.

Navigasi ke tempat Anda memasang Minecraft. Itu ada di “C:Users(YourUserName)AppDataRoaming.Minecraft” secara default.

Klik dua kali folder “Versions”, buka subfolder “1.19.2”, lalu klik kanan “1.19.2. json” dan buka arsip dengan Z-Zip.

Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Buka “assetsMinecraftTexturesBlock.” Di sinilah sebagian besar tekstur untuk blok permainan disimpan — hal-hal seperti batu, batu bulat, kulit pohon, bunga, semua bijih dan permata, dan segala sesuatu seperti itu.

Tip: Tekstur massa disimpan di folder “entitas”, dan sebagian besar item yang dapat Anda buat ada di folder “item”.

Perhatikan jalur file di bagian atas, bertanda “1.” Minecraft akan mencari tekstur tertentu, seperti “diamond_ore.png”, di lokasi ini. Itu berarti ketika kita ingin menggantinya dengan tekstur kita sendiri, kita perlu menggunakan struktur folder, atau hierarki folder yang sama, yang digunakan game secara default.

Kembali ke folder paket tekstur di Desktop dan Buka. Buat folder baru bernama “aset” di folder paket tekstur. Kemudian buat folder lain bernama “minecraft” di dalam folder Aset. Ulangi proses itu untuk folder “tekstur” dan “blok”. Setelah selesai, seharusnya terlihat seperti ini:

Sekarang kita siap untuk benar-benar membuat beberapa tekstur.

Mulai Membuat Tekstur Dengan Difusi Stabil

Difusi Stabil bagus untuk menghasilkan semua jenis citra. Ternyata, dengan prompt yang tepat, Anda juga bisa mendapatkannya untuk menghasilkan jenis gambar datar yang bekerja dengan baik untuk tekstur game.

Kami menggunakan prompt yang diberikan di bawah ini untuk menghasilkan tekstur dasar, tetapi Anda dapat membumbuinya sedikit jika Anda mau. Jika Anda menginginkan paket tekstur psikedelik liar di mana semuanya terbuat dari mata, yah, lebih banyak kekuatan untuk Anda. Milik kami ditujukan untuk terlihat cukup realistis.

Kami tidak membangun paket tekstur komprehensif yang akan menggantikan setiap tekstur. Kami akan mengganti beberapa tekstur untuk mengilustrasikan bagaimana Anda dapat mendekati ini:

Mari kita mulai dengan batu karena itu akan membentuk dasar dari semua bijih juga. Perintah spesifiknya adalah: permukaan batu halus, fotografi stok, tekstur game, aset game, fotorealistik, fotografi, 8K uhd. Kami menggunakan metode pengambilan sampel PLMS dengan 50 langkah pengambilan sampel, mempertahankan nilai CFG default 7, dan menghasilkan gambar dalam kumpulan 10. Anda mungkin harus melakukan hal yang sama — Difusi Stabil memang bagus, tetapi tidak sempurna. Anda akan menginginkan banyak gambar sehingga Anda dapat memilih satu yang Anda suka. Kami mendapat hasil yang layak pada run pertama kami.

Catatan: Minecraft menggunakan tekstur berukuran 16×16 tetapi dapat dengan mudah mengambil tekstur berukuran 128×128. Gambar yang kami hasilkan adalah 512×512, tetapi tidak perlu khawatir. Kami akan menangani masalah ukuran nanti.

Hasil pertama di sudut kiri atas terlihat bagus, jadi kami akan memilih yang itu. Pilih dari tekstur yang ditampilkan dan kemudian klik “Simpan.” Fungsi simpan merekam semua variabel yang diperlukan untuk membuat ulang banyak gambar khusus ini lagi. Dengan begitu, jika sesuatu terjadi dan Anda kehilangan tekstur secara tidak sengaja, Anda selalu dapat membuatnya kembali.

Klik “Kirim ke Inpaint” last.

Inpainting memungkinkan Anda untuk secara selektif membuat ulang bagian tertentu dari suatu gambar berdasarkan permintaan baru. Kami akan menggunakannya untuk menghasilkan varian bijih dari tekstur batu dasar kami.

Catatan: Kirim ke Inpaint terkadang bisa sedikit bermasalah. Jika tidak muncul, klik ke tab “img2img”, pilih “Inpaint Part of an Image” di dekat bagian atas, kembali ke tab “txt2img” dan coba tekan “Send to Inpaint” lagi. Jika itu tidak berhasil, Anda selalu dapat mengakses tekstur Anda di folder keluaran Difusi Stabil Anda. Jika Anda mengikuti panduan kami, folder output akan menjadi “C:stable-diffusion-webui-masteroutputstxt2img-images”.

Inpaint memiliki banyak pengaturan yang sama seperti txt2img. Kami akan menjaga CFG pada 7, gunakan metode pengambilan sampel “DDIM” dengan 50 langkah pengambilan sampel. Pastikan bahwa “Masked Content” diatur ke “Latent Noise” dan “Masking Mode” diatur ke “Inpaint Masked.”

Sekarang kita telah membahas pengaturan, mari kita membuat beberapa bijih berlian. Kami akan menggunakan berlian biru heksagonal yang disematkan di batu, fotorealistik, bersemangat untuk perintah kami. Kemudian cukup ambil kursor Anda, gambar di mana Anda ingin berlian muncul di permukaan batu. Area yang Anda pilih akan ditutupi semua hitam.

Setelah Anda selesai menutupi, klik “Hasilkan.” Kami akan pergi dengan hasil tengah-bawah.

Catatan: Perhatikan kotak persegi yang terlihat? Itu terjadi karena kami memilih tekstur yang lebih redup di sepanjang tepi luar dan lebih cerah ke arah tengah. Anda perlu mencoba untuk menghindarinya, karena akan terlihat aneh di dalam game.

Klik “Simpan” lagi untuk memastikan bahwa Anda tidak kehilangan hasil yang Anda suka.

Ulangi proses ini sebanyak bijih atau blok yang ingin Anda ganti . Kami mengganti pohon ek, batu, bijih berlian, dan tanah. Berikut adalah pilihan tekstur akhir yang kami buat di bawah ini:

Mengubah Tekstur Menjadi Paket Sumber Daya untuk Minecraft

Setelah Anda membuat semua tekstur yang Anda inginkan, pindahkan dari folder keluaran Difusi Stabil ke folder “blok” di folder paket tekstur di folder Desktop. Folder output Difusi Stabil default terletak di “C:stable-diffusion-webui-masteroutputs” di komputer Anda. Ada dua folder yang penting: txt2img dan img2img. Apa pun yang Anda hasilkan hanya dengan prompt akan berada di txt2img, sementara apa pun yang Anda lukis akan berada di img2img.

Setiap tekstur yang Anda pindahkan perlu diganti namanya sesuai dengan tekstur yang ingin Anda ganti. Misalnya, tekstur batu diganti namanya menjadi “stone.png”.

Tip: Anda selalu dapat memeriksa 1.19.2.jar untuk mencari tahu apa nama setiap tekstur.

Kita juga perlu sedikit memperkecil gambar ini karena saat ini merupakan agak besar. Klik kanan tekstur Anda, arahkan mouse ke “Open With,” dan pilih GIMP. Beri GIMP waktu sebentar untuk meluncurkan dan mengimpor tekstur Anda, klik “Gambar” pada bilah menu di bagian atas, lalu pilih “Skala Gambar.”

Anda dapat memperkecilnya sejauh yang Anda mau — standar Minecraft adalah 16×16 piksel — tapi kami hanya akan turun ke 128×128 untuk mempertahankan detailnya. Masukkan dimensi yang Anda inginkan dan klik “Scale.”

Peringatan: Jaga agar gambar Anda tetap persegi. 16×16, 32×32, 64×64, 128×128, dan seterusnya.

Anda akan segera melihat bahwa gambar Anda jauh lebih kecil dari sebelumnya. Klik “File” di sudut kiri atas, lalu klik “Timpa stone.png.”

Ulangi proses untuk semua tekstur yang ingin Anda ganti.

Bagian yang sulit telah selesai. Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah membuat file yang memberi tahu game bahwa gambar yang kita sediakan akan digunakan sebagai paket sumber daya Minecraft. Klik kanan ruang kosong, arahkan mouse ke “Baru,” lalu klik “Dokumen Teks.” Anda akan segera dapat mengetikkan nama. Pergi ke akhir baris — di luar ekstensi file “.txt” — dan hapus semuanya, lalu masukkan:

pack.mcmeta

Kemudian tekan tombol Enter. Anda akan mendapatkan peringatan tentang melakukan itu. Biasanya peringatan itu benar; mengganti nama ekstensi file secara acak adalah praktik yang buruk. Namun, dalam hal ini, itu tidak masalah sama sekali. Cukup klik “Ya.”

Tentu saja, Windows sama sekali tidak tahu apa itu file “.mcmeta” kecuali jika Anda pernah bermain-main dengan file Minecraft sebelumnya, sehingga tidak akan tahu cara membukanya. Klik dua kali file “.mcmeta” dan buka dengan Visual Studio Code, atau editor teks mana pun yang Anda pilih.

Catatan: Notepad akan bekerja dalam keadaan darurat, tetapi ada program yang lebih baik.

Buka file MCMETA, dan rekatkan konten berikut in:

{"pack":{"pack_format":9,"description":"Cara Geek Contoh Minecraft Texture Pack"}}

The “pack_format:” : 9, baris signifikan. Ini memungkinkan Minecraft mengetahui versi gim mana yang dirancang untuk paket sumber daya Anda. Berikut adalah bagan praktis jika Anda memodifikasi versi Minecraft yang berbeda:

Versi MinecraftPack Format Number1.11-1.12.231.13-1.14.441.15-1.16.151.16.2-1.16.561.17.x71.18.x81.19.x9

After Anda menempelkan baris yang diperlukan, tekan Ctrl+S atau klik File > Simpan di sudut kiri atas. Anda telah selesai mengedit file, jadi tutup editor teks Anda.

Pilih folder “pack.mcmeta” dan “assets”, klik kanan salah satunya, arahkan mouse ke 7-Zip, dan klik “Add to YOURFOLDERNAME.zip .” Jangan secara tidak sengaja menambahkannya ke file “.7z”.

Tip: Tahan Ctrl sambil mengeklik untuk memilih beberapa item.

Windows Konteks Anda yang BerantakanSalin dan tempel file ZIP yang baru saja Anda buat ke dalam folder paket sumber daya Minecraft . Secara default, ini terletak di “C:Users(YourUserName)AppDataRoaming.Minecraftresourcepacks” — meskipun itu bisa berbeda jika Anda menginstalnya di tempat lain.

Anda siap melakukannya. Luncurkan Minecraft, lalu buka Opsi > Paket Sumber Daya dan pilih paket yang baru saja Anda buat.

Saat Anda memuat ke dunia mana pun, tekstur Anda akan menggantikan tekstur vanila yang sesuai. Ini dia, berturut-turut:

Empat blok kami di bioma gurun.

Difusi Stabil sangat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk membuat tekstur baru, bahkan jika Anda harus melakukan sedikit koreksi pada beberapa tekstur.

Misalnya, tekstur dasar batu agak gelap. Anda dapat dengan mudah memperbaiki sesuatu seperti itu dengan mengimpornya ke GIMP atau Photoshop dan sedikit meringankannya. Kita bisa dengan cepat membuat varian kayu ek gelap dengan masuk ke GIMP dan menjatuhkan sedikit highlight pada tekstur kayu ek yang sudah kita buat. Tidak perlu lebih dari beberapa menit — paling lama — setelah Anda merasa nyaman menggunakan editor foto.

Entitas lebih sulit untuk ditekstur ulang karena geometrinya yang lebih kompleks. Namun, Difusi Stabil dapat dengan mudah digunakan untuk menghasilkan bulu, logam, tekstur kayu, tekstur kulit, dan pada dasarnya apa pun yang Anda butuhkan. Kesulitan tambahan adalah UV membuka bungkus tekstur, sehingga diterapkan dengan benar ke model.

Dan ini baru permulaan. Upaya komunitas telah mengarah pada penciptaan alat yang dapat menggunakan AI untuk menghasilkan tekstur mulus baru sesuai permintaan di Blender. Tidak ada yang tahu pasti seperti apa masa depan seni yang dihasilkan AI, tetapi komunitas modding dan DIY pasti akan terus melakukan hal-hal luar biasa dengannya.

Itulah berita seputar Cara Membuat Paket Tekstur Minecraft Dengan Difusi Stabil, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.