Cara Membuat Performa Laptop Lebih Baik untuk Gaming

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda tidak puas dengan performa laptop Anda saat ini dalam game? Jangan khawatir.

Bahkan laptop yang tidak dibuat untuk bermain game masih dapat menawarkan banyak pengalaman menyenangkan. Dan jika Anda menggunakan laptop kelas menengah hingga kelas atas, Anda mungkin dapat membuatnya lebih baik lagi dengan beberapa penyesuaian.

Cara Meningkatkan Performa Laptop untuk Gaming

Ada beberapa cara untuk meningkatkan performa pada laptop gaming untuk memaksimalkan kinerjanya. daya, serta laptop lain yang dapat menjalankan lebih banyak game dengan konfigurasi yang tepat.

Menambahkan SSD

An SSD dapat sangat memengaruhi pengalaman bermain game Anda jika Anda masih belum menggunakannya. Bahkan jika Anda masih memerlukan HDD untuk menyimpan game Anda, menginstal sistem operasi pada SSD memberikan peningkatan kinerja yang sangat besar.

SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat, artinya semua aplikasi perangkat lunak sistem dijalankan lebih cepat.

Ini akan diterjemahkan ke dalam pengalaman bermain game Anda.

Beberapa game mengandalkan kecepatan baca yang cepat untuk memuat aset ke dalam memori. Oleh karena itu, menginstal game SSD pada SSD secara dramatis memengaruhi beberapa waktu pemuatan dan rendering.

Bersihkan Laptop

Ada dua cara untuk membersihkan laptop. Anda harus melakukan pembersihan perangkat keras dan perangkat lunak sesekali.

Adware, malware, dan bahkan aplikasi yang tidak berbahaya dapat menumpuk di laptop Anda. Baik penyimpanan Anda rendah atau memiliki terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, kemungkinan besar kinerja laptop Anda akan turun.

Menjalankan beberapa pemindaian dan menghapus file dan aplikasi yang tidak digunakan akan berkontribusi pada peningkatan kinerja kecil.

Kemudian Anda harus membersihkan perangkat keras Anda. Yang ini bisa rumit jika Anda tidak terbiasa dengan bagaimana laptop disatukan.

Tetapi Anda memiliki dua opsi. Anda dapat membawa laptop Anda ke layanan pembersihan profesional atau menonton beberapa tutorial video YouTube dan melakukannya sendiri.

Sangat penting untuk menghilangkan debu dan mengganti pasta termal untuk mencegah panas berlebih. Ketika komponen menjadi terlalu panas, mereka tidak bekerja dengan baik dan bahkan dapat menyebabkan laptop mati di tengah sesi permainan Anda.

Menambahkan RAM

Sebuah laptop dengan hanya 8 GB RAM bukanlah hal yang istimewa akhir-akhir ini. Cukup untuk menjalankan banyak game, tetapi menambahkan stik 8 GB lainnya dapat berdampak besar pada kinerja game.

Anda juga tidak perlu berlebihan di sini. Sangat sedikit game yang memanfaatkan RAM 32 GB, jadi memastikan Anda menginstal setidaknya 16 GB seringkali sudah lebih dari cukup.

Memperbarui Driver

Driver adalah kategori perangkat lunak unik untuk aplikasi yang memberi tahu komponen perangkat keras bagaimana berperilaku.

Tidak selalu memperbarui driver, terutama untuk kartu grafis, dapat menjadi perbedaan antara menjalankan game dan tidak dapat meluncurkannya.

Memperbarui driver sama pentingnya untuk kartu grafis generasi lama seperti yang baru. Sementara yang terakhir mungkin tidak terpengaruh oleh versi driver, kartu yang lebih lama sering mendapatkan peningkatan kinerja yang lebih signifikan yang membantu mereka tetap relevan dalam aplikasi game.

Pertimbangkan Overclocking

Bertahun-tahun yang lalu, laptop tidak dapat di-overclock tanpa pengetahuan teknologi yang serius. Hal ini tidak lagi terjadi.

Meskipun overclocking CPU dan kartu grafis terutama merupakan upaya PC desktop, laptop dilengkapi dengan komponen yang tidak terkunci yang dapat di-overclock.

Kartu grafis AMD dan Nvidia dikonfigurasikan untuk penarikan daya dan kecepatan clock tertentu. Tetapi perangkat lunak seperti Afterburner dari MSI dapat membantu Anda mengubah memori dan jam inti, voltase, batas daya, dan kecepatan kipas pada kartu grafis laptop.

Ini mengasumsikan bahwa kartu tersebut dirancang untuk mendukung hal ini.

Ingat bahwa overclocking dapat membuat komponen menjadi terlalu panas, dan pendinginan laptop tradisional tidak cukup kuat untuk mendukung peningkatan jangka panjang dalam penarikan tegangan dan kecepatan clock.

Optimalkan Pengaturan Daya

Beberapa laptop tidak dikonfigurasi dengan benar untuk membuka potensi sebenarnya. Jendela Pengaturan Daya adalah indikator yang baik untuk mengetahui apakah laptop Anda tertahan.

Mengubah pengaturan ke Kinerja Tinggi akan menguras baterai lebih cepat tetapi akan meningkatkan kinerja CPU.

Berikut cara mengoptimalkan pengaturan daya.
Tekan tombol “Mulai”.Buka ke “Pengaturan.” Pilih “Sistem.” Arahkan ke bagian “Daya dan Tidur”. Buka “Pengaturan Daya Tambahan.” Pilih “Kinerja Tinggi.” Konfirmasikan pengaturan paket baru.
Nonaktifkan Layanan Latar Belakang

Ada beberapa layanan latar belakang yang berjalan di laptop Windows apa pun secara default. Meskipun masing-masing layanan tidak memiliki dampak yang signifikan, beberapa layanan dapat menguras sumber daya yang tidak perlu pada penggunaan CPU dan RAM.

Menonaktifkan layanan berikut akan meningkatkan FPS dalam game Anda.
Layanan Gateway Lapisan AplikasiLayanan Dukungan BluetoothPengalaman Pengguna yang Terhubung dan TelemetriManajer Peta yang DiunduhLayanan Manajemen Aplikasi PerusahaanFaxInternet Berbagi SambunganLayanan Keyboard Sentuh dan Panel Tulisan TanganLayanan Biometrik WindowsLayanan Insider WindowsLayanan Hotspot SelulerWindowsLayanan Berbagi Jaringan Pemutar Media
Berikut cara menonaktifkan layanan di Windows.
Ketik “Layanan” di bilah pencarian Windows.Klik untuk membuka aplikasi “Layanan”.Klik kanan pada sebuah layanan.Klik “Properties.”Klik tombol “Stop”.Klik “Terapkan.”
Ubah Pengaturan Kartu Grafis

Biasanya, setiap game memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan tampilan dan grafik agar sesuai dengan kinerja atau kualitas visual yang Anda inginkan.

Namun, itu tidak akan selalu menghasilkan FP terbaik laptop Anda S.

Mengubah pengaturan kartu grafis dari panel driver mungkin menawarkan peningkatan tambahan. Ini karena laptop tidak akan secara otomatis menyisihkan memori ekstra untuk fungsi komputasi yang tidak akan Anda gunakan.

Luncurkan kontrol master untuk kartu grafis AMD atau Nvidia Anda dan ubah kualitas gambar, tekstur, dan pengaturan kinerja hingga Anda mencapai hasil yang lebih tinggi. frame rate.

Jika Anda sudah memiliki beberapa profil yang harus dilalui, pastikan Anda memilih kinerja tertinggi daripada opsi kualitas seimbang atau tekstur tinggi.

Beralih ke Koneksi Ethernet

Memiliki laptop gaming itu nyaman, karena Anda dapat bermain game di mana saja dengan koneksi internet yang stabil dan soket dinding cadangan.

Tetapi permainan nirkabel tidak selalu menyenangkan.

Jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dalam permainan pemain tunggal, koneksi internet tidak akan menjadi masalah. Namun game online, terutama game kompetitif, memerlukan koneksi yang stabil dengan latensi rendah.

Beralih ke koneksi Ethernet saat Anda di rumah akan segera meningkatkan performa game online Anda.

Ini tidak akan meningkatkan FPS Anda, tetapi dapat mengatasi kelambatan apa pun dan lepaskan masalah.

Gunakan Mode Game Windows 10

Game Mode adalah aplikasi Windows 10 prainstal yang dirancang untuk membuat perubahan pada sistem Anda sehingga dapat memberikan kinerja yang unggul dalam aplikasi game.

Alat ini membuat penyesuaian khusus untuk penggunaan memori, menonaktifkan proses dan layanan latar belakang, dan mengalokasikan sumber daya dalam berbagai cara untuk memberi Anda FPS yang lebih tinggi di game.

Misalnya, ini dapat menonaktifkan sementara pembaruan, notifikasi, dan aktivitas latar belakang lainnya yang mungkin tidak Anda pikirkan saat bermain game. Setelah Anda keluar dari Mode Game, itu akan mengembalikan pengaturan Anda ke konfigurasi sebelumnya.

Ini tidak melakukan sesuatu yang terlalu istimewa, tetapi mengotomatiskan banyak hal yang dapat membawa Anda 30 menit hingga satu jam untuk diselesaikan sebelum setiap sesi permainan.

Ubah Resolution

Gaming pada resolusi tinggi akan membuat game apa pun lebih mengesankan. Sayangnya, resolusi tinggi dapat mematikan FPS Anda.

Menurunkan resolusi satu atau dua tingkat, seperti yang diterima game, dapat meningkatkan kinerja.

Dapatkah Saya Menggunakan Kartu Grafis Eksternal di Laptop Saya untuk Gaming?

Biasanya, laptop gaming akan dilengkapi dengan grafis khusus kartu, cukup untuk membuatnya cukup kuat untuk menjalankan berbagai judul.

Namun, kartu grafis laptop tidak setara dengan kartu grafis desktop. Format yang kecil, pendinginan yang terbatas, dan pembatasan konsumsi daya menyulitkan bahkan laptop gaming terkuat sekalipun untuk menandingi kinerja PC desktop yang dikonfigurasi serupa.

Lalu ada masalah pada beberapa laptop gaming yang membanggakan kartu grafis entry-level yang mengecewakan.

Tapi sejak menukar kartu grafis di laptop bukanlah hal yang mudah dibandingkan dengan pertukaran komponen desktop, ada cara lain untuk meningkatkan kinerja laptop.

Laptop modern dapat menggunakan kartu grafis eksternal tanpa mengurangi atau membebani catu dayanya.

Anda memerlukan beberapa hal untuk membuat ini berfungsi.
Penutup eksternal kartu grafis khusus.Suatu catu daya kartu grafis eksternal.Port kabel thunderbolt yang kompatibel di laptop.
Dengan pengaturan ini, Anda dapat mengaktifkan laptop untuk mengenali dan menggunakan banyak kartu grafis versi desktop dan mengubah produktivitas laptop menjadi mesin game yang tangguh.

Keuntungan terbesar menggunakan kartu grafis eksternal di laptop adalah bahwa mereka tidak mengganggu penggunaan daya internal atau menyebabkan panas berlebih.

Tetapi ada lebih banyak kerugian menggunakan kartu grafis eksternal pada laptop. Pertama, tidak semua dari mereka akan bekerja dengan kabel thunderbolt.

Kedua, menyiapkan kartu grafis eksternal adalah investasi besar yang mencakup membeli kasing khusus dan catu daya.

Kemudian, Anda dapat mengalami ketidakcocokan perangkat keras dan perangkat lunak.

Apakah mungkin? Ya. Apakah itu bekerja sepanjang waktu, atau apakah itu sepadan dengan masalahnya? Bisa dibilang, no.

Tidak Semua Konfigurasi Sistem Menghasilkan Hasil yang Sama

Jika Anda menginginkan laptop gaming yang lebih baik tanpa membeli yang baru, yang terbaik adalah mencoba dan memeras setiap kinerja terakhir dari Anda dengan membuat beberapa tweak perangkat lunak dan perangkat keras.

Konfigurasi yang ideal dapat tingkatkan kinerja sebesar 20% hingga 30% dalam keadaan yang tepat.

Manakah dari saran berikut yang memiliki dampak terbesar pada pengalaman bermain game Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah. Jangan ragu untuk membagikan kiat tambahan apa pun yang mungkin Anda miliki untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.