Cara Membuat Pintasan Desktop ke Situs Web: 3 Metode

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

A memungkinkan Anda menjangkau situs web favorit dengan cepat dengan mengklik dua kali ikon di desktop Windows Anda. Anda memiliki tiga cara berbeda untuk membuat pintasan tersebut dan kami akan menunjukkan kepada Anda apa saja cara tersebut.

Terlepas dari metode apa yang Anda gunakan dalam panduan ini, pintasan yang dihasilkan akan meluncurkan situs web yang Anda tentukan di browser web di komputer Anda.

Membuat Pintasan Situs Web Desktop (Drag & Drop)

Cara cepat untuk membuat pintasan situs web desktop dari Chrome, Firefox, atau Edge adalah dengan menarik dan melepas situs yang terbuka ke desktop Anda. Saat diklik dua kali, pintasan ini membuka situs Anda di browser web default komputer Anda. Metode ini juga berfungsi di banyak lingkungan desktop Linux.

Untuk menggunakan metode ini, pertama, luncurkan Chrome, Firefox, atau Edge di komputer Anda. Kemudian buka situs yang ingin Anda buat pintasannya.

Saat situs dimuat, di sudut kanan atas browser Anda, klik “Pulihkan” (ikon jendela ganda) untuk menutup tampilan layar penuh. Anda sekarang dapat melihat situs Anda serta desktop Anda, yang memungkinkan menyeret dan menjatuhkan situs Anda ke desktop Anda.

Di browser web Anda, di samping bilah alamat, seret ikon gembok dan letakkan di desktop Anda.

Di desktop, Anda sekarang memiliki pintasan ke situs yang terbuka di browser web Anda. Klik dua kali pintasan ini setiap kali Anda ingin meluncurkan situs web favorit Anda.

Anda dapat menyesuaikan pintasan situs di desktop dengan mengganti namanya atau memberinya ikon baru. Untuk mengganti nama, klik kanan pintasan dan pilih “Ganti nama.” Kemudian masukkan nama pilihan Anda dan tekan Enter.

Jika Anda pengguna Mac, Anda dapat menggunakan Safari untuk membuat pintasan situs web desktop.

Dan begitulah cara Anda mempermudah menjangkau situs favorit dengan pintasan!

Membuat Pintasan Desktop Kustom untuk Situs Web

Jika Anda pernah membuat pintasan untuk item apa pun di desktop, Anda mungkin akrab dengan metode ini. Metode ini menggunakan cara tradisional Windows untuk membuat pintasan, yaitu klik kanan pada desktop Anda dan pilih opsi pintasan baru.

Untuk menggunakan metode ini, pertama, akses desktop PC Anda dengan menekan Windows+D.

Setelah Anda mencapai desktop, klik kanan di mana saja kosong dan pilih Baru > Pintasan.

Pada jendela “Buat Pintasan” yang terbuka, klik bidang “Ketik Lokasi Item” dan masukkan URL lengkap situs Anda (alamat web). Misalnya, untuk membuat pintasan terbuka How-To Geek, masukkan URL berikut:

https://www.emka.web.id

Kemudian, di bagian bawah jendela, klik “Next.”

Pada layar berikutnya, klik tombol “Type a Name For This Shortcut” dan masukkan nama untuk shortcut Anda. Umumnya, Anda harus menggunakan nama situs sebagai nama pintasan, tetapi Anda dapat memasukkan nama apa pun pilihan Anda.

Kemudian, di bagian bawah jendela, klik “Selesai.”

Pintasan Anda sekarang telah dibuat dan Anda dapat mengklik dua kali untuk buka situs web yang ditentukan di browser web default Anda.

Anda sudah siap.

 

Membuat Pintasan Situs Web Desktop Menggunakan Google Chrome

Pengguna Chrome dapat menggunakan fitur bawaan browser untuk membuat situs web pintasan di desktop. Namun, perhatikan bahwa pintasan ini hanya akan meluncurkan situs Anda di browser Chrome, meskipun Anda menggunakan browser web yang berbeda sebagai default.

Untuk melanjutkan metode ini, pertama-tama luncurkan Chrome di komputer Anda. Kemudian buka situs yang ingin Anda buat pintasannya.

Saat situs terbuka, di pojok kanan atas Chrome, klik tiga titik dan pilih Alat Lainnya > Buat Pintasan.

Dalam “Buat Pintasan?” kotak yang terbuka, klik bidang teks dan masukkan nama untuk pintasan Anda. Kemudian pilih “Buat.”

Pintasan situs web desktop Anda sekarang telah dibuat, dan tekan Windows + D untuk melihatnya. Ingat bahwa mengklik dua kali pintasan ini akan membuka situs Anda di Chrome dan bukan di browser web lain.

Nikmati akses lebih cepat ke situs yang sering Anda kunjungi di komputer Anda.

Jika Anda menggunakan Windows, tahukah Anda bahwa Anda dapat mengubah situs web menjadi aplikasi Windows 10? Cobalah itu jika Anda tertarik menggunakan situs sebagai aplikasi asli.

Itulah berita seputar Cara Membuat Pintasan Desktop ke Situs Web: 3 Metode, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.