Cara Membuat Raspberry Pi menjadi Audio Chromecast dengan Plex

Plex adalah salah satu layanan terbaik untuk menampung koleksi media Anda sendiri dan mengalirkannya ke semua perangkat Anda yang lain, dan sekarang pengembang Plex sedang mengerjakan cara untuk mengalirkan musik Anda ke Raspberry Pi.

Plex memungkinkan Anda untuk menyimpan koleksi file musik untuk streaming di perangkat lain dengan aplikasi Plex, tetapi tim Plex juga memiliki pemutar musik khusus yang disebut Plexamp dengan antarmuka yang lebih bersih. Anda sudah dapat menginstal Plexamp di perangkat seluler, serta macOS, Windows, dan Linux, tetapi telah ada pekerjaan di masa lalu pada versi “tanpa kepala” dari Plexamp sebagai target streaming. Idenya adalah Anda dapat menginstal versi tanpa kepala pada PC kelas bawah, yang dapat mengeluarkan audio berdasarkan kontrol dari perangkat lain. Ini seperti Chromecast Audio atau Amazon Echo Input yang sekarang dihentikan, kecuali hanya untuk Plex (dan menggunakan perangkat keras yang ada).

Elan Feingold, CTO, dan Co-Founder di Plex , membagikan build awal server Plexamp untuk Raspberry Pi pada hari Selasa. Setelah diunduh ke Pi dan dibuka, Anda dapat memutar musik melalui antarmuka web di browser web apa pun di jaringan lokal yang sama, atau memilih Pi sebagai output di aplikasi Plexamp di perangkat lain. Anda juga dapat menginstal server Plexamp sebagai layanan sistem yang dimulai saat boot, untuk pengalaman yang lebih mirip Chromecast Audio. Bahkan ada dukungan untuk papan PiFi Digi+, yang menempel di bagian atas Raspberry Pi dan menambahkan chip audio yang disempurnakan dan output optik.

Ini bukan pertama kalinya Plex bereksperimen dengan versi Plexamp yang dapat diakses dari jarak jauh untuk Raspberry Pi . Ada beberapa versi beta pada tahun 2019, tetapi versi itu memerlukan token otentikasi yang diekstraksi dari versi Plexamp sebelumnya dan versi Node.js yang lama (sekarang tidak aman). Build baru ini masih dalam tahap awal, tetapi penyiapannya jauh lebih rumit daripada upaya sebelumnya.

Tidak jelas saat ini kapan (atau jika) build tanpa kepala Raspberry Pi akan didukung pada level yang sama dengan Plexamp di platform lain. Dengan Chromecast Audio dan Echo Input yang sekarang dihentikan, pilihan untuk streaming koleksi musik Anda sendiri ke speaker di rumah menjadi jauh lebih sedikit. Google saat ini tidak menjual Chromecast atau layar/speaker pintar dengan output audio khusus, dan meskipun ada beberapa speaker pintar Alexa dengan fitur itu, integrasi Plex dengan Alexa tidak bagus. petunjuk instalasi. Satu-satunya persyaratan yang sulit adalah Raspberry Pi yang mampu menjalankan perangkat lunak 64-bit. Posting forum tidak menyebutkan apakah Anda juga memerlukan 64-bit Raspberry Pi OS atau tidak.

Sumber: Plex Forums

Itulah berita seputar Plex Akan Mengubah Raspberry Pi Anda Menjadi Audio Chromecast DIY, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.