Cara Membuat Tabel Data untuk Analisis Bagaimana-Jika di Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft Excel menawarkan beberapa fitur untuk melakukan analisis pada skenario bagaimana-jika. Salah satu alat tersebut adalah Tabel Data. Dengannya, Anda dapat bereksperimen dengan nilai yang berbeda untuk melihat berbagai hasil.

Ini adalah cara yang berguna untuk melihat hal-hal seperti pinjaman, investasi, markup produk, dan sejenisnya, dengan variabel yang berbeda. Misalnya, Anda dapat memasukkan beberapa suku bunga pinjaman yang berbeda untuk melihat pembayaran Anda dengan setiap suku bunga, semuanya di satu tempat.

Membuat Tabel Data Satu Variabel

Tabel Data di Excel dapat menyertakan satu atau dua input yang bervariasi. Jadi, mari kita mulai dengan tabel data satu variabel. Kami telah menghitung nilai masa depan dari investasi kami dengan fungsi FV dan konstanta untuk tingkat bunga tahunan, jumlah pembayaran, dan jumlah pembayaran.

Di sini, kita akan melihat nilai masa depan dari investasi kami dengan tingkat bunga yang berbeda.

Anda dapat memasukkan nilai Anda ke dalam kolom atau baris, tetapi penempatan memengaruhi tempat Anda harus meletakkan rumus. Jika nilai Anda berada dalam kolom, tempatkan rumus satu sel di atas dan di sebelah kanan. Jika nilai Anda berada dalam satu baris, letakkan rumus satu sel di bawah dan ke kiri.

Sebagai contoh, kami menggunakan tabel data berorientasi kolom. Seperti yang Anda lihat pada tangkapan layar di bawah, kami memindahkan rumus kami ke kolom D dan mencantumkan suku bunga kami di kolom C.

Pilih sel yang berisi rumus, nilai, dan hasil yang diharapkan. Bagi kami, ini adalah C2 hingga D6.

Buka tab Data, klik panah drop-down What-If Analysis, dan pilih “Data Table.”

Dalam kotak Data Table yang terbuka, masukkan referensi sel untuk variabel yang berubah dan sesuai pengaturan Anda. Untuk contoh kami, kami memasukkan referensi sel B3 untuk tingkat bunga yang berubah di bidang Sel Input Kolom. Sekali lagi, kami menggunakan tabel data berbasis kolom.

Klik “OK” dan Anda akan melihat hasilnya. Sekarang kita memiliki nilai masa depan dari investasi kita dengan setiap tingkat bunga yang kita masukkan.

Membuat Tabel Data Dua Variabel

Anda mungkin ingin menambahkan dua variabel ke tabel data Anda untuk analisis yang lebih detail. Menggunakan contoh yang sama, kami tidak hanya menginginkan nilai masa depan dari investasi kami dengan tingkat bunga yang berbeda tetapi juga ingin melihat nilai masa depan yang berbeda dengan mengubah jumlah pembayaran.

Sejak Anda menggunakan dua variabel, Anda akan menggunakan tabel data berorientasi kolom dan baris. Jadi, tempatkan rumus tepat di atas kolom nilai dan di sebelah kiri baris nilai seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Sekarang, pilih semua sel yang berisi rumus, nilai, dan keluaran yang diharapkan. Bagi kami, ini adalah C2 hingga F6.

Buka tab Data dan pilih Analisis Bagaimana-Jika > Tabel Data. Ketika kotak muncul, masukkan referensi sel input baris dan kolom.

Menggunakan contoh kami, kami memasukkan B3 untuk Sel Input Kolom yang untuk tingkat bunga kami dan B4 untuk sel Input Baris yang untuk jumlah pembayaran kami.

Klik “ OK” dan Anda akan melihat semua output dari variabel Anda. Di sini, kami memiliki nilai masa depan dari investasi kami menggunakan suku bunga yang berbeda dan jumlah pembayaran yang bervariasi, semuanya ditampilkan dalam tabel yang bagus dan rapi.

Saat berikutnya Anda ingin menganalisis data di lembar Anda dengan jumlah atau jumlah yang bervariasi, pertimbangkan untuk menggunakan Meja. Perhitungan tidak hanya dilakukan untuk Anda, tetapi hasilnya memberi Anda tabel terstruktur untuk analisis yang mudah.

Itulah berita seputar Cara Membuat Tabel Data untuk Analisis Bagaimana-Jika di Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.