Cara Membuat Tabel di Google Sheets Menggunakan Tabel Chart

Tidak seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheet tidak menawarkan metode resmi untuk menyisipkan tabel. Sebagai solusinya, Anda dapat membuat apa yang tampak seperti tabel menggunakan batas dan filter, tetapi opsi lainnya adalah menggunakan bagan tabel di Google Spreadsheet.

Meskipun spreadsheet adalah alat terstruktur untuk data, tabel memberikan manfaat tambahan. Anda dapat mengurutkan data di dalam tabel sambil mempertahankan integritas data non-tabel di lembar. Plus, Anda dapat menerapkan bayangan ke baris bergantian atau gaya lain yang membuat tabel mudah dilihat.

Jika Anda memiliki banyak data yang ingin Anda manipulasi, Anda dapat menggunakan fitur tabel pivot Google Spreadsheet. Tetapi jika Anda tidak membutuhkan alat yang luas, berikut ini cara membuat bagan tabel.

Membuat Bagan Tabel di Google Sheets

Kunjungi Google Sheets, masuk, dan buka lembar di mana Anda ingin bagan tabel. Pilih data yang ingin Anda gunakan dengan menyeret kursor Anda melalui sel. Anda selalu dapat menyesuaikan rentang sel ini nanti jika diperlukan.

Buka Sisipkan di menu dan pilih “Bagan.”

Google Spreadsheet memasukkan jenis bagan default untuk Anda dan membuka bilah samping Editor Bagan pada saat yang bersamaan. Buka bilah sisi dan klik kotak tarik-turun Jenis Bagan. Gulir ke bawah di bawah kategori Lainnya dan pilih Bagan Tabel.

Bagan default diperbarui secara otomatis ke jenis tabel baru. Anda kemudian dapat menyesuaikan data dan cara menampilkannya di bagan tabel menggunakan sidebar Editor Bagan.

Menyiapkan Bagan Tabel

Jika Anda menutup bilah samping Editor Bagan, Anda dapat membukanya kembali dengan mudah. Pilih bagan, klik tiga titik di kanan atas, dan pilih “Edit Bagan.”

Di bilah sisi, buka tab Pengaturan untuk bekerja dengan data di bagan tabel. Anda kemudian dapat menyesuaikan options.

Data Range berikut: Konfirmasikan rentang data dari lembar Anda, ubah, atau tambahkan ke dalamnya. Untuk menambahkan rentang lain, klik ikon di sisi kanan dan pilih “Tambahkan Rentang Lain” atau gunakan salah satu saran.

Series: Anda dapat menghapus Seri pertama yang Anda lihat dan memilih yang lain jika Anda mau. Ini adalah data di kolom paling kiri dari tabel. Secara opsional, Anda dapat mencentang kotak untuk Menggabungkan data.

Kemudian, ubah atau hapus salah satu Seri tambahan untuk kolom data Anda. Untuk menyertakan yang lain, klik kotak Tambahkan Seri dan pilih sel.

Opsi Lainnya: Di bagian bawah bilah sisi, Anda dapat mencentang kotak untuk berpindah baris dan kolom, menggunakan baris 1 sebagai header, dan menggunakan kolom A sebagai label.

Menyesuaikan Bagan Tabel

Ketika Anda selesai menyempurnakan data yang muncul di bagan tabel, Anda dapat menyesuaikan tampilannya. Buka tab Kustomisasi di bar samping Editor Bagan dan perluas Tabel. Anda kemudian memiliki kumpulan opsi yang dapat Anda gunakan jika Anda mau.

Baris dan Angka: Centang kotak jika Anda ingin mengganti warna baris atau menampilkan nomor baris.

Penyortiran: Jika Anda mau untuk menggunakan kolom default untuk diurutkan, Anda dapat memilihnya di daftar drop-down dan secara opsional mencentang kotak untuk urutan Ascending. Jika Anda tidak memilih kolom pengurutan default, Anda masih dapat mengurutkan menurut kolom mana pun. Cukup pilih tajuk kolom untuk diurutkan dan tabel akan diperbarui.

Pagination: Terakhir, Anda dapat menggunakan Pagination jika tabel Anda berisi banyak data. Kemudian, pilih ukuran halaman di kotak drop-down yang sesuai dari lima hingga 100. Ini kemudian menempatkan panah dan nomor halaman di bagian bawah bagan tabel.

Seperti bagan atau grafik lainnya di Google Spreadsheet, Anda dapat memilih bagan tabel dan pindahkan ke mana pun Anda suka di lembar. Anda juga dapat mengubah ukurannya dengan menyeret masuk atau keluar dari sudut atau tepi. Dan, jika Anda memperbarui data dalam rentang sel, bagan tabel diperbarui secara otomatis.

Jika Anda telah mencari cara untuk menggunakan tabel di Google Spreadsheet, coba bagan tabel. Mungkin hanya itu yang Anda butuhkan untuk menampilkan data Anda.

Itulah berita seputar Cara Membuat Tabel di Google Sheets Menggunakan Tabel Chart, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.