Cara Membuat Taskbar Lebih Kecil di

Meskipun Windows 11 seharusnya menjadi sistem operasi yang lebih ramah pengguna daripada pendahulunya, ia hadir dengan beberapa perubahan yang mengejutkan. Terutama, Microsoft telah membuat tidak mungkin untuk mengubah ukuran bilah tugas melalui Pengaturan Windows. Jika Anda tidak puas dengan tampilan default bilah tugas, Anda mungkin mencari cara untuk melewati masalah tersebut. Untungnya, beberapa metode akan membantu Anda mengecilkan bilah tugas.

Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Membuat Bilah Tugas Lebih Kecil di Windows 11

Memperkecil bilah tugas Windows 11 relatif mudah melalui Editor Registri.

Sebelum menggunakan metode ini, Anda harus buat cadangan editor untuk mencegah kompromi perangkat dan data Anda. Untuk melakukannya:
Tekan “Windows + R” untuk meluncurkan editor. Atau, temukan melalui bilah pencarian Windows. Arahkan ke bagian kiri atas editor dan ketuk kunci registri “Komputer”. Setelah dipilih, kunci akan disorot. Klik “File” dan pilih “Ekspor” dari menu “Editor”. Anda juga dapat mengklik kanan dan menekan opsi “Ekspor”. Komputer akan membuat jendela baru. Pastikan kotak “Semua” sudah dipilih sebelumnya. Pilih lokasi baru untuk membuat cadangan file. Sebaiknya simpan di desktop atau di folder dokumen. Keduanya mudah diakses ketika Anda ingin menggunakan editor untuk memodifikasi sistem Anda. Ganti nama file di bidang “Nama file”. Klik tombol “Simpan”. Biasanya komputer memerlukan beberapa detik untuk menyelesaikan proses pencadangan.
Setelah cadangan disimpan di lokasi yang dipilih, Anda dapat mengubah sistem dengan aman kapan pun Anda ingin membalikkan modifikasi menggunakan file cadangan.

Bila Anda telah mencadangkan data registri , Anda dapat mengubah ukuran bilah tugas Windows 11 Anda. Berikut cara melakukannya secara manual:
Hold “Windows + R” atau gunakan bilah pencarian untuk meluncurkan Registry Editor. Temukan kunci “Advanced” di sudut kiri antarmuka. Cara lain untuk menemukan kuncinya adalah dengan mengetik “HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvanced” di bidang path. Arahkan kursor ke “Advanced” dan klik kanan. Tekan “New” dan ketuk ” Opsi DWORD (32-bit) Value”. Jendela akan meminta Anda untuk memasukkan nama. Ketik yang berikut di bidang teks yang sesuai: “TaskbarSi”. Ketuk dua kali nilai “TaskbarSi” untuk meluncurkan kotak pengeditan. Untuk membuat bilah tugas lebih kecil, ubah “Value Data” ke 0. Mulai ulang PC untuk menerapkan perubahan.
Karena Registry Editor adalah salah satu program sistem operasi yang paling kuat, beberapa pengguna mungkin merasa tidak yakin untuk mengubah sistem mereka secara manual. Untungnya, dimungkinkan untuk mengubah ukuran bilah tugas dengan file “.bat”. Untuk mengubah ukuran bilah tugas dengan file yang diunduh:
Simpan file ke penyimpanan lokal Anda. Arahkan kursor ke folder yang diunduh dan klik kanan. Pilih opsi “Ekstrak Semua …”. Pilih lokasi di mana Anda akan menyimpan file yang diekstraksi dan ketuk tombol “Ekstrak”. Buka folder yang tidak di-zip dan jalankan file “.bat”. Ingatlah bahwa file tidak akan mengubah ukuran bilah tugas kecuali Anda menjalankannya sebagai administrator. Ketika peringatan “Windows Protected Your PC” muncul, klik “Info Lebih Lanjut.” Ketuk tombol “Tetap jalankan”, lalu masuk dan keluar dari akun pengguna Anda.
Ketika Anda masuk kembali, sistem operasi akan mengubah tampilan bilah tugas dan membuatnya lebih kecil.

Mengubah ukuran bilah tugas Windows 11 juga dapat dilakukan dengan file “reg”. Untuk melakukannya:
Download file.Setelah download selesai, unzip untuk mengekstrak file ke lokasi baru.Buka folder unzip. Ini akan berisi tiga file: File “win11_taskbar_small.reg” mengecilkan bilah tugas. File “win11_taskbar_medium.reg” mengembalikan bilah tugas ke ukuran aslinya. Berkas “win11_taskbar_large.reg” membuat bilah tugas lebih besar. Arahkan ke “win11_taskbar_small. reg” dan ketuk dua kali. Klik tombol “Ya” untuk mengizinkan file mengubah sistem komputer. Jendela baru akan memberi tahu Anda bahwa file telah selesai memodifikasi sistem. Pilih “OK” untuk menutup jendela. Nyalakan ulang PC dan masuk dengan informasi akun Anda.
Bilah tugas akan lebih kecil dari biasanya saat Anda menghidupkan PC.

Cara Mengembalikan Bilah Tugas ke Ukuran Default di Windows 11

Jika ternyata ukurannya lebih kecil tidak bekerja untuk Anda lagi, Anda mungkin ingin membalikkan perubahan. Untungnya, Windows 11 memungkinkan pengguna untuk memperbesar bilah tugas dengan editor registri dengan cepat.
Ketuk “Windows + R” untuk meluncurkan Editor Registri. Jika Anda lebih suka menggunakan menu pencarian, ketik “regedit” di bidang teks dan ketuk opsi “Registry Editor” ketika muncul. Temukan tombol “Advanced” di bagian kiri desktop. Atau, buka bidang jalur editor dan ketik berikut ini: “HKEY_CURRENT_USERSoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionExplorerAdvanced“. Letakkan kursor di atas tombol “Advanced” dan lakukan klik kanan. Klik pada “Baru” dan pilih opsi “Nilai DWORD (32-bit)”. Saat diminta memasukkan nama, ketik “TaskbarSi” di kotak teks. Klik dua kali nilai “TaskbarSi” untuk membuka bagian “Nilai Data”. Ubah nilai saat ini menjadi 1. Nyalakan ulang komputer untuk merekam perubahan.
Cara lain untuk memulihkan ukuran sedang adalah dengan mengunduh file “reg”, artinya Anda tidak perlu mengubah nilai data secara manual. Untuk menggunakan metode ini:
Unduh file zip.Buka folder dan simpan file di lokasi baru untuk mengekstraknya.Ketika Anda membuka folder yang tidak di-zip, Anda akan menemukan tiga opsi:Opsi “win11_taskbar_small.reg” membuat bilah tugas lebih kecil Opsi “win11_taskbar_medium.reg” mengembalikan tampilan default bilah tugas. Opsi “win11_taskbar_large.reg” memperbesar bilah tugas Windows 11. Ketuk dua kali opsi “win11_taskbar_medium.reg” dan tekan tombol “Ya” untuk mengizinkan file dimodifikasi sistem PC. Sebuah jendela pop-up akan memberitahu Anda bahwa sistem Anda telah dimodifikasi. Klik “OK” untuk menutup notifikasi. Nyalakan ulang komputer dan masuk dengan kredensial akun Anda.
Ketika sistem operasi aktif dan berjalan, Anda akan melihat bahwa bilah tugas Windows 11 Anda kembali ke ukuran default.

Cara Membuat Bilah Tugas Ikon Lebih Kecil di Windows 11

Tidak ada cara langsung untuk mengubah ukuran ikon bilah tugas di perangkat Windows 11. Ukuran ikon terkait dengan tampilan bilah tugas. Saat bilah tugas memiliki nilai sedang atau default, Anda akan melihat ikon berukuran sedang di desktop Anda. Jika Anda mengubah nilai data bilah tugas menjadi “0”, ikon kecil akan muncul di layar Anda. Terakhir, mengubah nilai data menjadi “2” akan memperbesar bilah tugas, sehingga komputer akan menghasilkan ikon yang lebih besar.

Pengguna yang menganggap ikon bilah tugas mengacaukan ujung bawah desktop mungkin ingin menghapusnya dan menjaga layar tetap rapi. Untuk menyembunyikan bilah tugas:
Arahkan kursor ke bilah tugas dan klik kanan. Arahkan ke “Pengaturan Bilah Tugas.” Klik penggeser di bawah “Secara otomatis sembunyikan bilah tugas dalam mode desktop” untuk mengaktifkan opsi.
Ketika mouse jauh dari bilah tugas , itu akan hilang dari layar. Memindahkan kursor di sepanjang ujung bawah desktop akan memunculkan bilah tugas.

FAQ
Dapatkah saya menghapus ikon Tampilan Tugas dari bilah tugas Windows 11?

Ikon Tampilan Tugas dapat dihapus dari bilah tugas. Tempatkan kursor di atas bilah tugas, klik kanan, dan pilih opsi “Tampilkan tombol Tampilan Tugas”. Setelah Anda mematikan tombol, ikon akan disembunyikan.

Ubah Ukuran Taskbar Windows 11 dengan Ease

Meskipun taskbar Windows 11 memiliki tampilan yang berbeda, itu tidak harus merusak pengalaman pengguna Anda. Kami telah membahas beberapa cara Anda dapat menyesuaikan bilah tugas dan mengecilkannya agar sesuai dengan preferensi pribadi Anda. Jika Anda merasa itu memakan terlalu banyak ruang, Anda dapat menyembunyikannya dan mendeklarasikan desktop Anda.

Sudahkah Anda mengubah ukuran bilah tugas? Manakah dari metode di atas yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.