Cara Membuat Teks Vertikal di Canva

Canva menawarkan banyak opsi untuk mengedit teks, termasuk kemampuan untuk memutar teks Anda secara vertikal. Hal ini memungkinkan untuk menambahkan teks ke berbagai jenis desain.

Tetapi bagaimana Anda memutar teks secara vertikal? Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat teks vertikal di Canva.

Cara Membuat Teks Vertikal di Canva

Meskipun memungkinkan untuk membuat teks vertikal di Canva, prosesnya tidak selalu tampak mudah. Pendekatan pertama adalah mengubah orientasi halaman. Begini caranya:
Buat desain baru atau buka yang sudah ada. Di atas editor, klik “Ubah Ukuran”. Dimensi desain akan menjadi “Ukuran khusus” secara default. Ubah pengaturan tinggi dan lebar untuk mengubah orientasi halaman. Selain itu, Anda dapat memilih dari alternatif yang telah ditentukan sebelumnya. Salin dan ubah ukuran gambar dengan mengklik “Salin & ubah ukuran”.
Pendekatan lain adalah dengan mengetuk kotak teks. Ikuti langkah-langkah berikut:
Klik kotak teks untuk menyorotnya. Saat disorot, kotak akan dikelilingi oleh garis putus-putus (kotak). Perhatikan panah berbentuk lingkaran di bawah kotak putus-putus. Letakkan penunjuk mouse pada panah lingkaran dan tekan dan tahan tombol kiri mouse. Seret teks sambil menahan tombol – Anda akan melihatnya mulai berputar secara proporsional untuk gerakan Anda.
Akhirnya, pendekatan lain adalah dengan memutar teks secara vertikal di luar Canva. Ini mungkin lebih rumit untuk beberapa pengguna karena melibatkan beberapa pengkodean. Begini caranya:

Anda biasanya paling baik menggunakan mode penulisan CSS. Properti rotasi filter BasicImage di Internet Explorer menerima salah satu dari empat nilai: 0, 1, 2, atau 3, yang memutar elemen masing-masing sebesar 0, 90, 180, atau 270 derajat. Contoh kodenya adalah:

CanvasRenderingContext2D.prototype.fillVerticalText =function(text, x, y, verticalSpacing) { for (var i = 0; i < text.length; i++) { this.fillText(text[i], x, y + i * verticalSpacing);} }

Memutar Teks Anda ke Keinginan Anda

Biasanya, orang memikirkan gambar daripada teks ketika mereka mendengar kata “desain”. Namun demikian, teks adalah komponen penting dalam banyak desain.

Teks tampaknya tidak mendapatkan pujian yang layak, mungkin karena itu merupakan renungan atau karena ditempatkan lebih rendah pada daftar prioritas. Namun, mudah untuk mengenali betapa pentingnya teks dalam logo, tajuk media sosial, atau tajuk blog yang ingin Anda desain jika Anda melihat contoh terkenal lainnya.

Selain fitur grafis yang hebat, Canva tentu saja memiliki opsi pengeditan teks yang sangat baik. Beberapa dari mereka lebih kompleks daripada yang lain, dan beberapa hanya tersedia dalam versi pro. Namun demikian, opsi yang tersedia untuk versi gratis tetap menyelesaikan pekerjaan!