Cara Membuat Template Email Bermerek Dengan Tata Letak di Gmail

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda ingin membuat buletin, pengumuman, atau pesan pemasaran lainnya dengan merek perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan Tata Letak Gmail, yang pada dasarnya adalah template email. Template praktis ini dapat disesuaikan sehingga Anda dapat menambahkan logo, warna, dan tautan.

Catatan: Mulai Agustus 2022, fitur ini tersedia untuk pelanggan Google Workspace dengan Workspace Individual, Business Standard atau Plus, Enterprise Starter, Standard, atau Plus, dan Akun Standar atau Plus Pendidikan jendela email terbuka, pilih ikon Tata Letak yang terlihat seperti kotak ubin. Pertama kali Anda menggunakan fitur ini, Anda akan melihat deskripsi singkat. Klik “Browse Layouts.”

Sejak saat itu, Anda cukup mengklik ikon Layouts di jendela Compose untuk membuka koleksi.

Di sebelah kiri, Anda akan melihat pilihan Layouts dan jika Anda memindahkan kursor ke masing-masing, Anda akan lihat jenisnya. Ini termasuk Ajakan Bertindak, Teks Sederhana, Pengumuman, Buletin, Layanan Baru, dan Rujukan, masing-masing dengan opsi warna terbalik.

Jika Anda ingin tampilan yang lebih besar, pilih Tata Letak dan Anda akan melihat pratinjau di sebelah kanan.

Pilih salah satu Anda ingin menggunakan dan klik “Sisipkan.” Anda akan melihat template muncul di badan email untuk Anda sesuaikan.

Menyesuaikan Template Tata Letak

Setelah menambahkan Tata Letak ke email, Anda dapat menyisipkan teks, menukar gambar, mengubah header, menghapus bagian, dan menambahkan link ke tombol. Perhatikan bahwa opsi yang tersedia berbeda tergantung pada Tata Letak yang Anda gunakan.

Untuk memasukkan teks Anda, pilih teks placeholder dan ketik teks Anda sendiri.

Untuk mengubah gambar atau header, pilih untuk melihat opsi Anda dan pilih “Ubah Gambar.” Kemudian arahkan ke gambar Anda dan pilih. Anda juga akan melihat opsi seperti Tambahkan Tautan, Edit Teks Alt, dan Hapus Bagian untuk gambar dan header.

Untuk menautkan tombol ke blog, formulir pendaftaran, atau alamat email Anda, pilih satu dan pilih “Ubah.” Kemudian pilih jenis tautan di jendela pop-up, tambahkan tautan, dan klik “OK.”

Untuk menghapus item apa pun, seperti gambar, bagian, atau tombol, pilih dan pilih “Hapus Bagian,” “Tombol Hapus, ” atau “Hapus Header.”

Mengubah Gaya Tata Letak Default

Selain membuat perubahan pada template email saat ini yang Anda gunakan, Anda dapat menyesuaikan gaya default untuk Tata Letak. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan logo, warna, dan tautan perusahaan Anda untuk Tata Letak mendatang yang Anda pilih.

Anda kemudian memiliki tiga bagian yang dapat Anda sesuaikan.

Logo, Warna, dan Font

Unggah logo Anda untuk digunakan sebagai header template Anda, pilih palet warna, dan pilih gaya font.

Detail Kaki

Untuk memasukkan nama perusahaan dan informasi kontak Anda footer, gunakan editor teks untuk memasukkan dan memformat teks.

Links

Sertakan tautan ke alamat email, situs web, atau jaringan media sosial. Pilih kotak tarik-turun “Pilih” untuk jenis tautan dan tambahkan URL di kotak di sebelah kanan.

Ketika Anda selesai menyesuaikan Gaya Default, pilih “Simpan Perubahan.” Kemudian ketika Anda menggunakan Layouts bergerak maju, Anda akan memiliki pilihan default yang diterapkan secara otomatis.

Anda Harus Mencobanya Layout di Gmail memungkinkan Anda membuat email bermerek tanpa kerja ekstra untuk merancang dan menyiapkan pesan Anda. Manfaatkan fitur bagus ini untuk pesan pemasaran Anda berikutnya!

Itulah berita seputar Cara Membuat Template Email Bermerek Dengan Tata Letak di Gmail, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.