Cara Membuka Command Prompt di PC Windows 10 atau 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
Windows 10Windows 11Device Missing?
Command Prompt, seperti namanya, menyediakan antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan komputer mereka menggunakan Command Line. Dengan kata lain, pengguna dapat mengontrol komputer mereka menggunakan perintah alih-alih Graphical User Interface (GUI) konvensional. Untungnya, membuka Command Prompt di PC Windows relatif mudah.

Jika Anda ingin tahu cara membuka Command Prompt di PC Windows, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana prosesnya sehingga Anda dapat mulai menggunakan perintah untuk mengoperasikan komputer Anda. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Membuka Command Prompt di Windows 10 PC

Meskipun Graphical User Interface adalah cara paling populer untuk menavigasi komputer, Anda mungkin memiliki alasan lain untuk ingin menggunakan Command Prompt. Misalnya, Anda mungkin ingin menggunakannya untuk menginstal dan menghapus instalan program, mengakses hak istimewa admin, atau mempelajari bahasa perintah.

Apa pun alasan Anda, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka Prompt Perintah di PC Windows 10:
Klik ikon pencarian dan ketik “Command Prompt.” Pilih hasil pertama yang muncul dan klik “Buka.” Atau, Anda dapat menekan tombol “Enter” untuk membuka program. Anda akan melihat jendela dengan kursor berkedip. Mulailah menulis perintah yang Anda inginkan.
Cara Membuka Command Prompt sebagai Administrator

Proses di atas memungkinkan Anda untuk membuka Command Prompt sebagai pengguna biasa. Jika Anda ingin membukanya bersama dengan hak istimewa admin, ikuti langkah berikut:
Cari “Command Prompt” atau “cmd” di PC Windows Anda. Dari opsi, pilih “Run as Administrator.” Di widget sembulan, klik “Ya ” untuk mengakses hak istimewa admin. Prompt Perintah sekarang harus terbuka dengan semua hak administrator diaktifkan.
Ada cara alternatif untuk membuka Prompt Perintah pada PC Windows selain dari metode yang dibahas di atas. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Cara Membuka Command Prompt di Dalam Folder

Terkadang, Anda mungkin ingin membuka Command Prompt di dalam folder tertentu. Misalnya, ketika Anda ingin menginstal program dalam folder tertentu. Berikut cara melakukannya:
Buka File Explorer. Arahkan ke folder tempat Anda ingin membuka Command Prompt. Klik ikon file di sebelah jalur file folder. Setelah jalur file disorot, tekan tombol “Hapus” . Sekarang ketik “cmd” dan tekan “Enter.” Command Prompt sekarang akan terbuka di dalam folder yang disorot. Sebagai alternatif, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:
Buka folder tempat Anda ingin meluncurkan Command Prompt. Klik kanan pada folder.Dari opsi, pilih “Buka jendela perintah di sini.”
Cara Membuka Prompt Perintah Menggunakan Pengelola Tugas

Untuk membuka Prompt Perintah menggunakan Pengelola Tugas, gunakan langkah-langkah berikut:
Buka Pengelola Tugas. Dari menu atas, pilih “File. Ketik “cmd” dan tekan tombol “Enter”.
Cara Membuka Command Prompt di PC Windows 11

Jika Anda ingin membuka Command Prompt di PC Windows 11, berikut cara memulainya:
Klik kanan pada tombol “Start ikon . Dari opsi, pilih “Jalankan.” Di bidang teks “Buka”, ketik “cmd.”C jilat tombol “OK” untuk menyelesaikannya.
Harap dicatat bahwa proses di atas membuka baris perintah yang tidak memiliki hak administratif. Jika Anda ingin membuka baris perintah dengan hak administratif, gunakan langkah-langkah ini sebagai gantinya:
Klik ikon Pencarian. Di bidang pencarian, ketik “cmd.” Dari menu, pilih “Jalankan sebagai Administrator.” Pilih “Ya” di kolom jendela kontrol akun pengguna.Anda sekarang akan melihat jendela baris perintah muncul.
Kontrol Komputer Anda Seperti Pro

Mengetahui cara menggunakan baris perintah dapat berguna baik Anda seorang programmer atau hanya pengguna biasa. Untungnya, membuka Command Prompt adalah proses yang relatif mudah. Cukup buka komputer Anda, cari “cmd,” dan tekan tombol “Enter”.

Sudahkah Anda mencoba membuka Command Prompt di PC Windows Anda? Manakah dari metode yang disebutkan dalam artikel ini yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.