Cara Membuka File XLSX di Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Excel spreadsheet adalah alat yang sangat diperlukan bagi pelajar dan profesional di berbagai bidang, memungkinkan mereka melacak semua jenis data. Setiap kali Anda terdesak waktu, Excel biasanya memiliki pintasan praktis untuk mempercepat proses dan menyelesaikan pekerjaan secara efisien. Tidak heran Anda tidak ingin menyerahkan file berharga ini bahkan saat menggunakan Mac. Tetapi bagaimana Anda bisa membuka file XLSX di Mac? Mari kita cari tahu.

Cara Membuka File .XLSX di Mac

Menggunakan Mac tidak berarti Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada Microsoft Office. Bahkan, Anda dapat mengunduh seluruh rangkaian Microsoft Office untuk Mac. Dengan cara ini, Anda dapat menggabungkan keakraban Office dengan fitur unik Mac yang telah menarik Anda ke produk Apple ini.

Buka File .XLSX Menggunakan Microsoft Excel

Anda dapat mengunduh Microsoft Excel secara terpisah jika Anda tidak memerlukan seluruh rangkaian aplikasi Office untuk bekerja di Mac.

Microsoft Office adalah aplikasi masuk untuk membuka file XLSX di Windows dan Mac. Jika Anda terbiasa dengan antarmuka aplikasi di Windows, Anda akan senang mengetahui bahwa versi Mac hampir tidak berbeda.

Setelah menginstal aplikasi di Mac Anda, klik dua kali file XLSX yang Anda inginkan untuk membukanya.

Opsi ini adalah sempurna, karena Anda tidak perlu belajar menggunakan perangkat lunak baru. Perlu diingat bahwa aplikasi mungkin awalnya gratis untuk diunduh, tetapi Anda tetap harus memiliki langganan Microsoft 365 yang memenuhi syarat untuk menggunakannya.

Jika Anda tidak ingin membayar langganan, ada cara gratis lainnya untuk membuka file XLSX di Mac Anda.

Cara Membuka File XLSX di Mac Tanpa Excel

Anda mungkin telah memutuskan untuk merangkul gaya hidup Mac dan mengucapkan selamat tinggal pada Microsoft Office. Jika itu masalahnya, jangan khawatir; Anda masih dapat membuka file XLSX di Mac bahkan tanpa aplikasi Microsoft Excel.

Membuka File .XLSX Menggunakan Numbers

Numbers adalah perangkat lunak spreadsheet bawaan Apple. Biasanya sudah diinstal sebelumnya di semua perangkat Mac baru. Jika Anda tidak memiliki aplikasi di komputer karena suatu alasan, Anda dapat dengan mudah mengunduhnya dari App Store.

Aplikasi Numbers memungkinkan Anda membuka dan mengedit file XLSX tanpa repot. Yang perlu Anda lakukan adalah menyeret file Excel yang ingin Anda buka ke ikon Numbers di Dock atau folder Applications. Jika Anda sudah menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menemukan file Excel yang diinginkan di Mac Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Klik tab “File” di bilah menu di bagian atas layar Anda. Pilih “Buka”. File XLSX yang ingin Anda buka.
Misalkan spreadsheet Excel disimpan di suatu tempat di luar Mac Anda, seperti iCloud Drive. Dalam hal ini, Anda harus memilih lokasi file dari bilah sisi kiri. Atau, Anda dapat mengklik menu pop-up di bagian atas kotak dialog dan memilih lokasi penyimpanan file Anda. Untuk membuka file di Numbers, cukup klik dua kali.

Spreadsheet Excel mungkin berisi font yang tidak diinstal di Mac Anda. Dalam hal ini, Anda akan menerima pemberitahuan font yang hilang di bagian atas spreadsheet setelah Anda membukanya. Untuk mengatasi masalah ini, klik tombol Tampilkan di notifikasi dan pilih font pengganti dari Buku Font.

Buka File .XLSX Menggunakan Google Sheets

Ada opsi untuk membuka file XLSX online tanpa menggunakan aplikasi yang diinstal, semua berkat Google Spreadsheet.

Meskipun metode ini mungkin yang paling nyaman, perlu dicatat bahwa perangkat lunak spreadsheet online ini tidak dilengkapi dengan alat canggih yang sama seperti Microsoft Office. Akibatnya, beberapa pemformatan dan rumus Anda mungkin hilang. Jika Anda hanya perlu meninjau beberapa data dengan cepat, potensi kehilangan ini seharusnya tidak menjadi masalah.

Untuk mengikuti rute ini, Anda harus mengunggah file ke layanan berbasis cloud online Google sebelum Anda mengaksesnya.

Jika Anda setuju dengan keduanya ini, inilah cara Anda dapat membuka file XLSX menggunakan Google Sheets.
Buka situs web Google Drive.Jika perlu, masuk menggunakan akun Google Anda.Seret dan jatuhkan file Excel Anda ke Google Drive.Setelah mengunggah file, klik dan pilih “Buka Dengan.” Pilih opsi “Google Sheets”.
File XLSX akan diubah menjadi file Google Sheets dan akan terbuka di jendela baru. Jika Anda membuat perubahan apa pun pada file, Anda dapat menyimpannya sebagai berikut.
Arahkan ke tab “File”. Klik “Unduh Sebagai.” Pilih opsi “Microsoft Excel”.
Buka File .XLSX Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Meskipun File XLSX dibuat dan disimpan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, file tersebut juga kompatibel dengan beberapa aplikasi spreadsheet pihak ketiga di macOS.
OpenOffice
OpenOffice adalah rangkaian perangkat lunak gratis yang kompatibel dengan suite kantor utama lainnya, termasuk Microsoft Office. Suite ini menampilkan sebagian besar aplikasi yang sama dengan Microsoft, dengan aplikasi Calc menggantikan Excel. Aplikasi spreadsheet ini memiliki antarmuka yang intuitif dan serangkaian fungsi lanjutan yang komprehensif, menjadikannya sempurna untuk semua penghitungan angka Anda.

Untuk membuka file XLSX menggunakan aplikasi OpenOffice Calc, lakukan hal berikut.
Unduh dan instal suite OpenOffice.Luncurkan aplikasi Calc .Klik pada tab “Buka” pada bilah alat. Pilih “File.” Ketuk opsi “Buka”. Temukan file Excel yang ingin Anda lihat. Klik “Buka.”LibreOffice
LibreOffice adalah suite kantor gratis dan kuat yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia . Suite ini sebenarnya didasarkan pada OpenOffice dan sepenuhnya kompatibel dengan suite Microsoft Office. Aplikasi Calc yang kaya fitur mudah dinavigasi dan akan berfungsi sebagai pengganti yang sangat baik untuk Microsoft Excel.

Ikuti langkah-langkah ini untuk membuka file XLSX menggunakan LibreOffice.
Unduh dan instal suite LibreOffice.Buka aplikasi Calc.Navigasikan ke “Buka” tab.Pilih “File.”Pilih opsi “Buka”.Temukan file XLSX yang diinginkan.Klik “Buka.”WPS Office
WPS Office adalah suite office yang komprehensif, sepenuhnya kompatibel dengan suite perangkat lunak Microsoft Office. Perangkat lunak profesional ini memungkinkan Anda untuk membuka dan mengedit file Excel menggunakan aplikasi Spreadsheet yang praktis.

Berikut cara membuka file XLSX menggunakan suite WPS Office.
Unduh dan instal suite WPS Office.Luncurkan aplikasi Spreadsheet.Klik tombol “Menu” di sudut kiri atas layar Anda. Pilih “Buka” dari menu tarik-turun. Temukan file yang ingin Anda buka di jendela pop-up “Buka File”. Klik “Buka.”
Excel di Spreadsheets di Mac

Excel spreadsheet sangat visual dan cukup mudah digunakan, menjadikannya alat yang sangat berharga untuk analisis bisnis, pelaporan kinerja, dan banyak tugas administratif. Spreadsheet ini juga kompatibel dengan beberapa aplikasi yang tersedia untuk Mac, memungkinkan Anda untuk menggunakannya bahkan tanpa komputer Windows. Baik Anda menggunakan alat bawaan Mac, rute online, atau aplikasi pihak ketiga, membuka file XLSX tidak akan membutuhkan lebih dari beberapa klik.

Pernahkah Anda membuka file XLSX di Mac? Metode apa yang Anda gunakan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.