Cara Memeriksa Aplikasi Mana Yang Paling Banyak Menguras Baterai iPhone

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Salah satu hal yang paling membuat frustrasi tentang memiliki iPhone adalah ketika baterai habis dengan cepat, dan Anda harus mencari pengisi daya. Jika Anda sangat bergantung pada iPhone untuk pekerjaan atau penggunaan pribadi, Anda tahu betapa pentingnya memiliki baterai yang terisi penuh.

Untungnya, ada cara untuk memeriksa aplikasi mana yang paling menguras baterai Anda sehingga Anda dapat melakukan perubahan yang diperlukan. Teruslah membaca untuk mempelajari caranya!

Memeriksa Aplikasi Mana yang Menguras Baterai

Seperti yang dapat dibuktikan oleh siapa pun yang pernah menggunakan ponsel cerdas, aplikasi dapat sangat menguras masa pakai baterai. Bahkan saat tidak digunakan, aplikasi mengkonsumsi daya yang signifikan karena diperbarui secara otomatis di latar belakang.

Di satu sisi, penyegaran aplikasi latar belakang adalah alat yang nyaman karena memastikan Anda memiliki informasi terbaru saat Anda membuka aplikasi lagi. Misalnya, aplikasi berita dapat mengunduh berita utama terbaru saat tidak digunakan, sehingga siap ditampilkan saat Anda membuka aplikasi. Demikian pula, aplikasi email dapat mengambil pesan baru dan mengurutkannya ke dalam folder.

Apps juga dapat meminta sistem operasi untuk diberi tahu saat peristiwa tertentu terjadi, seperti pengguna menerima pesan SMS atau ponsel dibuka kuncinya. Jika aplikasi Anda berjalan di latar belakang dan menerima salah satu notifikasi ini, aplikasi tersebut kemudian dapat diluncurkan kembali ke latar depan dan menangani peristiwa tersebut.

Di sisi lain, penyegaran aplikasi latar belakang adalah penyebab utama konsumsi daya. Dengan memperbarui aplikasi secara rutin meskipun sedang tidak digunakan, penyegaran aplikasi di latar belakang menyebabkan baterai bekerja lembur. Ini bisa menjadi ketidaknyamanan yang sangat besar, terutama saat Anda ingin menghemat daya, misalnya saat jauh dari rumah.

Untungnya, iOS menyediakan cara untuk memeriksa konsumsi daya oleh berbagai aplikasi. Melacak konsumsi daya dapat membantu Anda mengetahui aplikasi yang paling banyak menguras baterai dan mengidentifikasi cara untuk mengurangi konsumsi daya. Misalnya, Anda dapat memutuskan untuk membatasi aktivitas latar belakang aplikasi atau bahkan mencopot pemasangannya. Selain itu, memperhatikan aplikasi mana yang menyedot baterai ponsel dapat membantu Anda mengelola masa pakai baterai secara keseluruhan dengan lebih baik. Misalnya, beberapa aplikasi diketahui berjalan di latar belakang hingga 10 menit setelah ditutup. Menggunakan aplikasi semacam itu lebih jarang dapat memperpanjang masa pakai baterai iPhone Anda. Terakhir, melacak konsumsi daya khusus aplikasi dapat membantu memecahkan masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan aplikasi tertentu. Memeriksa penggunaan baterai aplikasi di iPhone Anda cukup mudah. Cukup ikuti langkah-langkah ini:
Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda. Ketuk Baterai. Gulir ke bawah dan arahkan ke opsi “Penggunaan baterai oleh aplikasi”. Anda kemudian akan melihat daftar semua aplikasi Anda dan penggunaan baterainya saat ini. Ketuk “Tampilkan Aktivitas” untuk mengungkapkan waktu yang dihabiskan menggunakan setiap aplikasi. Ini juga memungkinkan Anda melihat berapa lama aplikasi berjalan di latar belakang.
Dan itu saja! Anda dapat mengidentifikasi aplikasi yang paling banyak menggunakan baterai hanya dalam beberapa langkah. Namun, penting untuk dicatat bahwa persentase di samping setiap aplikasi bukanlah persentase masa pakai baterai total yang telah digunakan aplikasi tersebut. Sebaliknya, itu adalah persentase dari semua penggunaan baterai yang diperhitungkan untuk aplikasi tertentu.

Jadi, jika penggunaan aplikasi menunjukkan 15% dari baterai Anda, itu berarti, dari semua baterai yang telah Anda gunakan sejauh ini, aplikasi tersebut bertanggung jawab atas 15 % dari itu. Hal ini penting untuk diingat karena ini berarti bahwa meskipun aplikasi menggunakan sebagian besar baterai Anda, aplikasi tersebut mungkin tidak menghabiskan masa pakai baterai Anda secara signifikan.

Misalnya, jika Anda hanya menggunakan ponsel dalam waktu singkat dan sebuah aplikasi menampilkan karena menggunakan 20% dari baterai Anda, itu belum tentu memprihatinkan. Namun, jika Anda telah menggunakan ponsel selama beberapa jam dan aplikasi masih menunjukkan penggunaan 20% baterai Anda, mungkin ada baiknya melihat lebih dekat aplikasi tersebut untuk melihat apakah ada cara untuk mengurangi penggunaan baterainya. .

Membatasi Penggunaan Baterai

Setelah Anda memilih aplikasi yang paling menguras baterai, Anda dapat menggunakan beberapa alat untuk mengurangi konsumsi dan meningkatkan masa pakai baterai keseluruhan iPhone Anda.

Menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang

Menonaktifkan penyegaran latar belakang akan menolak kesempatan aplikasi untuk memuat dan jalankan diam-diam di latar belakang. Anda masih akan diberi tahu saat ada acara, tetapi pemberitahuan akan ditunda hingga Anda membuka aplikasi yang relevan. Misalnya, jika Anda menonaktifkan penyegaran latar belakang untuk iMessage, Anda masih akan mendapatkan pemberitahuan saat pesan baru masuk, tetapi pesan hanya akan dimuat saat Anda membuka aplikasi.

Berikut cara menonaktifkan penyegaran aplikasi latar belakang di iPhone Anda:
Buka Pengaturan aplikasi dan ketuk “Umum”. Ketuk tombol penggeser di samping “Segarkan Aplikasi Latar Belakang” untuk mengubah dari biru menjadi abu-abu.
Mematikan Layanan Lokasi

Hampir semua aplikasi yang dipasang di perangkat seluler sesekali meminta akses ke lokasi Anda. Ini membantu pengembang untuk mengumpulkan data tentang operasi aplikasi dan juga dapat membantu meningkatkan layanan yang ditawarkan. Misalnya, Maps dapat menggunakan lokasi Anda untuk menyarankan kafe terdekat tempat Anda dapat minum kopi.

Namun, akses ke lokasi Anda memerlukan penggunaan GPS, yang dapat menghabiskan baterai Anda. Mematikan layanan lokasi akan mengurangi waktu permintaan lokasi Anda. Ini dapat membantu iPhone Anda menghemat energi untuk layanan lain yang lebih penting.

Untuk mematikan layanan lokasi, ikuti langkah berikut:
Buka pengaturan iPhone Anda dan pilih “Privasi”. Gulir ke bawah dan ketuk “Layanan Lokasi”. Pilih aplikasi yang Anda inginkan untuk mengunci layanan lokasi. Periksa opsi “Jangan Pernah” Ini akan mematikan layanan lokasi untuk aplikasi tersebut.
Sebagian besar aplikasi masih akan berusaha meminta izin Anda untuk mengakses layanan lokasi segera setelah diluncurkan, tetapi Anda dapat menolak permintaan tersebut.

Lindungi Baterai Anda Menggunakan Segala Cara

Baterai iPhone Anda adalah bagian penting dari perangkat Anda. Tanpa daya, Anda tidak akan dapat melakukan panggilan atau mengirim pesan, apalagi menggunakan aplikasi favorit Anda. Oleh karena itu, penting untuk memantau konsumsi daya oleh semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.

Jika ada aplikasi yang menurut Anda seharusnya tidak menggunakan baterai sebanyak itu, maka Anda dapat menonaktifkan Penyegaran Aplikasi Latar Belakang untuk aplikasi tersebut . Ini akan menghentikan aplikasi menyegarkan di latar belakang saat Anda tidak menggunakannya, yang akan membantu menghemat masa pakai baterai. Sebagai alternatif, Anda dapat mematikan akses aplikasi ke layanan lokasi.

Dalam kasus ekstrim, Anda dapat memilih untuk menonaktifkan aplikasi atau mencopotnya dari iPhone.

Sudahkah Anda memeriksa untuk melihat aplikasi mana yang menguras baterai iPhone Anda? Siapa pelakunya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.