Cara Memeriksa Garansi TV Samsung

Samsung memiliki rangkaian produk yang luas mulai dari ponsel dan peralatan rumah tangga hingga monitor dan TV. Produk-produk ini membanggakan beberapa kualitas terbaik di pasaran saat ini. Namun, itu tidak berarti bahwa tidak ada kemungkinan kesalahan. Teknologi tidak sempurna, dan ini berlaku bahkan untuk merek papan atas.

A Samsung TV bukanlah pembelian yang dapat diabaikan, jadi Anda harus memeriksa garansi Anda jika ada masalah yang muncul. Baca terus untuk mengetahui cara memeriksa garansi dan langkah selanjutnya yang harus Anda ambil.

Cara Memeriksa apakah TV Samsung Masih Memiliki Cakupan Garansi

Setiap TV Samsung dilengkapi dengan masa garansi satu tahun. Jika Anda membeli TV baru-baru ini dari toko berlisensi, itu berarti TV masih dalam garansi. Garansi akan membantu Anda mengetahui apakah itu kerusakan kecil yang perlu diperhatikan atau perangkat rusak. Anda dapat memperbaikinya atau menggantinya oleh Samsung secara gratis.

Namun demikian, ingatlah aturan nomor satu produsen tentang garansi. Agar valid, Anda harus memasang, menggunakan, dan merawat TV sesuai petunjuk. Jika Anda melakukan sesuatu yang berbeda, klaim Anda mungkin ditolak bahkan selama masa garansi.

Jika Anda tidak dapat mengingat kapan Anda membeli perangkat, Anda perlu menyelidiki apakah garansi masih berlaku. Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa garansi TV Samsung Anda.

Cara pertama untuk memeriksa apakah garansi TV Anda masih berlaku adalah dengan melihat tanggal pembelian TV Anda. Mudah-mudahan, Anda menyimpan tanda terima dan dapat dengan mudah memeriksanya di sana. Namun, jangan panik meskipun Anda tidak dapat menemukan tanda terimanya sekarang. Anda juga dapat memeriksa tanggal pembelian melalui cara lain, seperti laporan mutasi bank.

Anda juga seharusnya menerima garansi dalam bentuk kertas saat membeli TV. Menurut kebijakan garansi Samsung, formulir ini harus diisi dengan benar agar valid. Cari formulir ini untuk memeriksa garansi Anda.

Cara Memeriksa Garansi TV Samsung Online

Samsung telah mempermudah pemeriksaan garansi produk Anda dari sebelumnya. Sekarang, Anda dapat memverifikasi apakah perangkat Anda masih dalam garansi online. Anda harus mendaftarkan perangkat Anda terlebih dahulu untuk menggunakan fitur ini. Berikut adalah cara membuat akun Samsung:
Buka situs web Samsung dan pilih negara yang sesuai. Arahkan kursor Anda ke ikon profil di sudut kanan atas dan klik “Masuk/Buat Akun.” Jika Anda sudah memiliki akun, masuk . Jika Anda baru, buat akun sekarang. Setelah masuk, buka “Daftar Produk Saya”. Daftarkan perangkat Anda dengan mengklik “Daftar Produk Saya”. Anda harus memasukkan nomor seri perangkat Anda. Sekarang Anda dapat memeriksa garansi produk yang Anda tambahkan dengan mengklik “Informasi Garansi.”
Lokasi nomor seri Anda tergantung pada model produk Anda. Dalam kasus model lama, lihat bagian belakang perangkat (biasanya sisi kanan). Stiker harus berisi informasi yang Anda butuhkan. Anda akan menemukan nomor seri di menu dukungan untuk model yang lebih baru seperti ini:
Buka menu televisi.Temukan opsi “Dukungan”.Tekan “Hubungi Samsung.”
TV Anda akan menampilkan informasi produk, termasuk kode model, perangkat lunak versi, dan nomor seri. Ingatlah untuk menuliskan nomor ini di suatu tempat karena Anda mungkin memerlukannya di masa mendatang.

Cara Mengklaim Garansi TV Samsung

Jadi, Anda telah mengetahui bahwa TV Samsung Anda masih dalam garansi melalui langkah-langkah sebelumnya, dan Anda memerlukan bantuan. Pertama, siapkan struk pembelian dan nomor seri Anda. Anda juga dapat menyiapkan deskripsi singkat tentang masalah yang Anda alami dengan produk. Kemudian, Anda dapat mengklaim garansi dengan beberapa cara:
Hubungi Samsung melalui telepon dengan menghubungi 1-800-SAMSUNG atau 1-800-726-7864 di A.S.Hubungi pengecer tempat Anda membeli perangkat.Isi langsung formulir permintaan layanan online Samsung di situs web mereka.
Dukungan perusahaan akan memberi tahu Anda langkah selanjutnya. Anda mungkin perlu membawa atau mengirim perangkat Anda ke bengkel berlisensi seperti yang diinstruksikan. Namun, beberapa televisi mungkin juga memenuhi syarat untuk layanan di tempat. Tergantung pada modelnya, jika TV Anda melebihi 37 inci, Anda mungkin tidak perlu mengemasnya. Namun, Anda harus melepasnya sebelum diservis.

Apa yang Harus Saya Lakukan jika Garansi TV Samsung Saya Telah Kedaluwarsa?

TV Anda mungkin berfungsi tanpa masalah untuk saat ini. Namun, mengingat umur TV, garansi satu tahun yang disertakan dengan TV Samsung tidak dapat disangkal pendek. Kecuali Anda membeli TV baru-baru ini, kemungkinan besar, masa garansi hanyalah sebuah kenangan.

Anda dapat menjaga TV Anda dalam garansi untuk sementara waktu lebih lama dengan memperpanjangnya. Membeli garansi yang diperpanjang adalah investasi yang solid karena dapat sangat memotong biaya perbaikan Anda di masa depan. Anda dapat memperpanjangnya dengan membuka halaman garansi produk Anda di situs web resmi. Temukan “Daftar Paket Garansi” dan periksa opsi Anda.

Namun, Anda tidak perlu memperpanjang garansi di situs web Samsung. Anda dapat berbelanja di sekitar untuk menemukan pengecer garansi yang penawarannya lebih cocok untuk Anda.

FAQ Tambahan
Apakah remote control TV Samsung saya dalam garansi?

Kebijakan yang sama berlaku untuk remote control dan televisi Anda. Kontrol jarak jauh dalam kotak bergaransi selama satu tahun setelah pembelian. Jika remote control Anda rusak setelah itu, Anda dapat mencari penggantinya atau mendapatkan remote control universal.
Apa yang tidak termasuk dalam garansi TV Samsung?

Anda harus memeriksa kebijakan garansi dengan cermat sebelum mengajukan klaim, karena garansi mungkin tidak mencakup beberapa elemen produk. Untuk televisi, pengecualian dapat mencakup elemen eksternal seperti komponen plastik. Periksa daftar lengkap untuk model Anda di situs web Samsung jika Anda tidak dapat memutuskan kategori bagian yang rusak.

Pengecualian penting lainnya berkaitan dengan kerusakan panel tampilan yang disebabkan oleh kebiasaan menonton yang tidak tepat. Setiap televisi LCD Samsung memiliki rasio aspek yang disarankan untuk melihat video layar penuh dan gerakan penuh. Menggunakan rasio aspek selain yang direkomendasikan dan melihat gambar statis dan media lain yang bukan video standar dapat membuat panel layar aus secara tidak merata seiring waktu. Oleh karena itu, Samsung merekomendasikan untuk membatasi tampilan format tersebut. Garansi Anda tidak akan mencakup kerusakan seperti gambar yang terbakar.

Kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan dan bencana alam juga tidak ditanggung oleh garansi Anda. Jadi, misalnya, layar yang retak tidak akan menerima layanan gratis.
Apakah TV Samsung saya bergaransi setelah diperbaiki?

Jika Anda mengklaim garansi, beberapa bagian televisi Anda mungkin telah diganti atau diperbaiki. Suku cadang baru biasanya tercakup dalam garansi 90 hari sesudahnya.

Gunakan Garansi TV Samsung Anda

Perangkat teknologi seperti TV Samsung adalah pengeluaran yang cukup besar untuk rumah tangga mana pun. Ketika Anda mengalami masalah, Anda ingin menghabiskan setiap pilihan sebelum Anda membayar sendiri untuk perbaikan atau penggantian. Periksa apakah TV Samsung Anda masih dalam garansi dan ajukan klaim jika Anda memenuhi syarat.

Seberapa mudah menemukan informasi garansi TV Samsung Anda dan mengajukan klaim? Apakah Anda memanfaatkan perpanjangan garansi? Beri tahu kami di komentar.