Cara Memeriksa Kekuatan Sinyal Wi-Fi Anda di iPhone atau Android

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Jika Anda melihat koneksi internet Anda menjadi lambat, kemungkinan penyebabnya adalah sinyal Wi-Fi yang lemah. Kekuatan koneksi Wi-Fi Anda sebagian besar bergantung pada jarak antara Anda dan router atau perangkat hotspot. Semakin jauh Anda dari router, semakin lemah sinyal Wi-Fi Anda dan sebaliknya. Penting untuk mengetahui cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda dengan tepat untuk menentukan apakah itu penyebab di balik koneksi internet yang lambat.

Cara Memeriksa Kekuatan Sinyal Wi-Fi Anda di iPhone

Cara yang lebih mudah untuk memeriksa koneksi Wi-Fi Anda adalah dengan melihat pada jumlah baris yang terisi pada simbol Wi-Fi. Di sebagian besar perangkat, Anda dapat menemukan simbol ini di pojok kanan atas atau bawah layar. Semakin banyak baris yang diisi, semakin kuat sinyal Wi-Fi Anda. Jika beberapa garis berwarna abu-abu, berarti sinyal Wi-Fi Anda lemah.

Cara Memeriksa Kekuatan Sinyal Wi-Fi Anda di iPhone dalam dBm

Desibel per miliwatt, juga dikenal sebagai dBm, adalah satuan standar untuk mengukur kekuatan sinyal Wi-Fi -Fi sinyal. Skala dBm berkisar dari -30 dBm hingga -90 bBm. Kekuatan sinyal yang ideal seharusnya -30 dBm tetapi jangan khawatir jika sinyal Wi-Fi Anda tidak terlalu kuat. Apa pun antara -67 dBm dan -30 dBm seharusnya cukup membantu Anda. Dengan nilai ini, Anda bahkan tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi. -80 dBm – Kekuatan sinyal ini sangat tidak dapat diandalkan. Anda mungkin dapat terhubung ke jaringan, tetapi Anda tidak akan dapat mengakses layanan internet apa pun.-70 dBm – Kekuatan sinyal ini hanya mendukung aktivitas internet dengan koneksi sangat rendah seperti membuka email.-67 dBm – Ini adalah sinyal handal. Anda dapat melakukan semua aktivitas yang membutuhkan koneksi internet. -50 dBm – Ini adalah sinyal yang lebih kuat, dan Anda akan mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat. Anda tidak mungkin menghadapi buffering dan kelambatan apa pun, dan kecepatan unduh dan unggah Anda seharusnya cukup cepat. -30 dBm – Ini adalah sinyal Wi-Fi terkuat. Jika sinyal Wi-Fi Anda sekuat ini, kemungkinan Anda berada sangat dekat dengan titik akses.
Sekarang setelah Anda memahami skala dBm, Anda harus memasang aplikasi pihak ketiga untuk membantu Anda memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda . Untuk pengguna iPhone, kami sangat merekomendasikan aplikasi AirPort Utility. Berikut cara menggunakan aplikasi untuk menentukan kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Buka App Store dan unduh serta instal Aplikasi Utilitas AirPort. Buka “Pengaturan” dan perluas menu tarik-turun “Utilitas AirPort”. Nyalakan “Wi -Fi Scanner” toggle switch. Luncurkan Aplikasi Utilitas AirPort dan ketuk “Wi-Fi Scan” di pojok kanan atas layar. Ketuk “Scan” dan pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Anda lihat. nilai dBm tercantum di bawah nilai “RSSI”. Itu adalah kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Ketuk “Selesai” untuk keluar dari aplikasi.
Cara Memeriksa Kekuatan Sinyal Wi-Fi Anda di Android

Untuk mengukur kekuatan sinyal Wi-Fi Anda secara akurat di perangkat Android, Anda dapat menggunakan aplikasi bernama Wi-Fi Penganalisis Fi. Berikut cara menggunakan aplikasi untuk mengukur kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Buka Play Store dan unduh serta instal Penganalisis Wi-Fi. Periksa kembali apakah Anda terhubung ke Wi-Fi yang kekuatan sinyalnya ingin Anda gunakan periksa dan luncurkan aplikasi. Gulir ke bawah ke nama Wi-Fi yang Anda sambungkan dan catat nilai dBm. Lihat rentang skala dBm yang kita bahas di atas untuk menentukan kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Jika Anda menginginkan grafik visual, klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar dan pilih “Grafik saluran”. Catat nilai dBm jaringan Wi-Fi Anda.
FAQ
Bagaimana cara meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi saya -Fi?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Berikut adalah beberapa di antaranya.

• Mendekati titik hotspot atau area aksesbsp
• Menggunakan ekstender Wi-Fi atau repeater

• Mengurangi jumlah perangkat yang terhubung ke satu jaringan Wi-Fi

• Gunakan router yang mendukung 5 GHz Kecepatan Wi-Fi

• Periksa ulang apakah ada objek lain yang menghalangi router Anda

• Jauhkan router dari perangkat yang memancarkan gelombang elektromagnetik, seperti microwave, karena dapat menyebabkan interferensi pada sinyalnya
Bagaimana Anda memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi di Mac?

Selain bilah Wi-Fi biasa, Mac menunjukkan kekuatan sinyal Wi-Fi Anda dalam dBm. Berikut cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi jika Anda menggunakan Mac.

1. Buka komputer Anda dan pastikan Anda terhubung ke internet.

2. Tekan dan tahan tombol opsi dan klik ikon Wi-Fi.

3. Anda akan melihat nilai dBm yang tercantum di kolom RSSI.
Bagaimana cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi di PC Windows?

Ada banyak cara untuk memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi di PC Windows. Metode yang lebih akurat adalah baris perintah. Berikut ini cara melakukan prosesnya.

Buka komputer windows Anda dan cari “Command prompt.”

1. Dari opsi, klik “Buka.”

2. Tekan tombol “Ya” untuk mengizinkan aplikasi melakukan perubahan pada komputer Anda.

3. Setelah terminal terbuka, ketik “netsh wlan show interfaces” dan tekan tombol “Enter”.

4. Persentase yang ditunjukkan untuk “sinyal” adalah kekuatan sinyal Wi-Fi Anda. Jika nilainya di atas 80%, maka kekuatan sinyal Wi-Fi Anda sangat bagus.

Jika Anda hanya ingin gambaran kasar tentang seberapa kuat sinyal Wi-Fi Anda, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka komputer Windows Anda dan klik panah kecil menghadap ke atas.

2. Catat jumlah bilah yang terisi pada simbol Wi-Fi.

Pahami Seberapa Kuat Wi-Fi Anda

Mengetahui kekuatan sinyal Wi-Fi Anda akan membantu Anda menentukan apakah itu penyebab di balik koneksi internet yang lambat. Melakukannya cukup mudah. Cukup lihat simbol Wi-Fi dan periksa apakah beberapa garis berwarna abu-abu. Jika ya, itu berarti sinyal Wi-Fi Anda lemah.

Metode di atas hanya dapat memberi tahu Anda begitu banyak. Metode yang lebih akurat adalah menemukan aplikasi yang mengukur kekuatan sinyal Anda dalam dBm. Pilihan yang baik adalah aplikasi AirPort Utility untuk pengguna iPhone dan Wi-Fi Analyzer untuk perangkat Android.

Apa aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan untuk memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda? Seperti apa pengalaman menggunakannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.