Cara Memiliki Header dan Footer yang Berbeda Per Halaman di Google Documents

Dengan menambahkan header atau footer ke dokumen Anda, Anda dapat memasukkan informasi tanpa mengganggu konten. Tetapi Anda mungkin tidak menginginkan yang sama di setiap halaman. Berikut cara menggunakan header dan footer yang berbeda di Google Docs.

Header dan footer adalah lokasi umum untuk hal-hal seperti nama atau logo perusahaan Anda, nomor halaman, pembuat dokumen, dan tanggal. Tetapi tidak semua dokumen membutuhkan detail ini. Anda mungkin memiliki dokumen yang menginginkan header atau footer hanya pada halaman pertama, setiap halaman lainnya, atau halaman yang unik di setiap halaman.

Sisipkan Header atau Footer

Setiap opsi untuk menampilkan header atau footer yang berbeda dimulai dengan cara yang sama. Anda harus memasukkan header atau footer sebelum Anda dapat mengubah opsinya.

Dengan dokumen Anda terbuka, pilih Sisipkan dari menu. Pindahkan kursor Anda ke Header & Footer dan pilih “Header” atau “Footer” dari submenu.

Gunakan Header atau Footer di Hanya Halaman Pertama

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas untuk menyisipkan header atau footer Anda, buka halaman pertama di dokumen Anda dan tempatkan kursor Anda di area header atau footer. Anda dapat melakukannya dengan memilih teks atau mengklik dua kali di dalam tempat itu.

Centang kotak untuk Halaman Pertama yang Berbeda.

Anda kemudian akan melihat header atau footer dihapus dari halaman Anda yang tersisa. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan header atau footer yang berbeda untuk sisa dokumen Anda, menjaganya agar tetap berbeda dari halaman pertama.

Gunakan Header atau Footer yang Berbeda pada Halaman Ganjil dan Genap

Opsi bawaan lainnya adalah menggunakan header dan footer yang berbeda pada ganjil dan genap halaman. Tempatkan kursor Anda di area header atau footer seperti dijelaskan di atas.

Klik “Opsi” dan pilih “Format Header” atau “Format Kaki”.

Di jendela pop-up, centang kotak untuk ” Ganjil & Genap Berbeda” dan klik “Terapkan.”

Anda kemudian dapat menyisipkan header atau footer untuk halaman ganjil dan genap dan itu akan berlaku untuk halaman ganjil dan genap yang tersisa.

Opsional, Anda masih dapat menggunakan header yang berbeda di halaman pertama hanya dengan mencentang kotak tersebut di jendela pop-up atau bagian header atau footer pada halaman pertama seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Gunakan Header atau Footer yang Berbeda pada Setiap Halaman

Mungkin Anda ingin menggunakan header atau footer yang berbeda pada setiap halaman dokumen Anda. Google Documents saat ini tidak menawarkan fitur bawaan untuk melakukan ini, tetapi ada cara untuk melakukannya menggunakan Bagian.

Dengan menggunakan fitur Hentian Bagian, Anda dapat menggunakan header atau footer yang berbeda untuk masing-masing. Ini akan mengharuskan Anda untuk membuat bagian baru untuk setiap halaman dalam dokumen Anda. Ini tidak ideal, tetapi ini adalah solusi yang berhasil jika Anda benar-benar menginginkan header dan footer unik per halaman.

Untuk menyisipkan pemisah bagian, tempatkan kursor Anda di dokumen di tempat yang Anda inginkan. Buka menu Sisipkan, turun ke Break, dan pilih “Section Break (Next Page)” di menu.

Anda akan melihat garis putus-putus biru yang menunjukkan bagian baru. Di sini, kami memasukkan bagian kelima setelah Bagian 4.

Pada halaman pertama bagian baru (Bagian 5), klik dua kali di dalam area header atau footer. Hapus centang pada kotak untuk Tautkan ke Sebelumnya. Teks header atau footer saat ini menghilang, dan Anda kemudian dapat memasukkan teks baru.

Anda juga dapat mengklik “Opsi” dan memilih “Format Header” atau “Format Footer”. Di jendela pop-up, konfirmasikan bahwa hanya bagian saat ini yang dipilih dalam kotak Terapkan Ke di bagian atas.

Meskipun kami tidak dapat menampilkan seluruh dokumen kami, berikut cuplikannya. Kami memiliki lima bagian, masing-masing dengan header yang berbeda.

Cukup ulangi proses ini untuk setiap halaman di dokumen Anda. Sekali lagi, ini bukan situasi yang sempurna jika Anda sudah menggunakan bagian untuk tujuan yang berbeda atau memilih untuk tidak menggunakannya sama sekali, tetapi ini memberi Anda cara untuk memiliki header atau footer yang berbeda di setiap halaman dokumen Anda.

Untuk bantuan tambahan dengan Google Documents, lihat cara membuat daftar isi.

Itulah berita seputar Cara Memiliki Header dan Footer yang Berbeda Per Halaman di Google Documents, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.