Cara Memindahkan Jendela Di Luar Layar yang Hilang Kembali ke Desktop Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda pernah memiliki jendela entah bagaimana dipindahkan dari layar Anda, Anda tahu itu bisa membuat frustasi karena tidak dapat menyeretnya kembali. Kami memiliki beberapa cara untuk memindahkan jendela jahat ini kembali ke desktop Anda.

Masalah kecil ini dapat terjadi karena beberapa alasan berbeda. Yang paling umum adalah jika Anda memiliki monitor sekunder yang terkadang terhubung dan terkadang tidak — sesuatu yang cukup umum bagi pengguna laptop. Terkadang, jika Anda memutuskan sambungan monitor sekunder tanpa mematikan pengaturan “perpanjang desktop” di Windows atau memindahkan jendela Anda kembali ke monitor utama terlebih dahulu, jendela yang berada di monitor kedua dapat terdampar. Ini bahkan dapat terjadi dengan pengaturan baru yang lebih ramah multi-monitor di Windows 10 dan Windows 11. Masalah jendela di luar layar ini terkadang juga dapat terjadi jika aplikasi memindahkan jendela dari layar dan tidak memindahkannya kembali. Tapi kami memiliki beberapa trik yang dapat membantu.

Catatan: Opsi ini tidak ada di Windows 11.

Cara termudah untuk mendapatkan kembali yang tersembunyi jendela ini cukup klik kanan pada Taskbar dan pilih salah satu pengaturan pengaturan jendela, seperti “Cascade windows” atau “Show windows stacked.”

Pengaturan “Cascade windows”, misalnya, akan segera mengatur semua jendela yang terbuka secara kaskade , memindahkan semua jendela kembali ke layar utama dalam proses.

Dapatkan  Kembali Windows Tersembunyi dengan Trik Keyboard di Windows 10 atau Windows 11

Windows 11 membuat sejumlah perubahan pada antarmuka pengguna, dan bilah tugas adalah salah satu fitur yang paling banyak dilihat perubahan. Windows 11 tidak memiliki opsi klik kanan bilah tugas yang dimiliki Windows 10, kecuali untuk “Pengaturan Bilah Tugas.” Itu mengambil salah satu opsi pemosisian jendela di atas di menu klik kanan – seperti “Cascade Windows” – dari tabel sepenuhnya. Namun, ada trik lain yang dapat Anda gunakan.

Menjepret Jendela yang Hilang ke Sisi Layar Anda

Anda dapat menjepret Jendela ke satu sisi layar atau sisi lainnya menggunakan tombol pintas. Pilih jendela dengan mengklik ikon pada bilah tugas atau dengan menekan Alt+Tab hingga terpilih.

Kemudian Anda harus benar-benar memasang Jendela ke satu sisi layar. Tahan tombol Windows, lalu tekan Tombol Panah Kiri atau Kanan. Misalnya, Anda akan menahan Windows+Tombol Panah Kiri untuk mengambil jendela yang hilang ke sisi kiri layar Anda.

Catatan: Tombol Panah Atas menempatkan aplikasi ke layar penuh dan Tombol Panah Bawah meminimalkan jendela.

Kemudian cukup klik kiri dan tahan bilah judul jendela dan seret ke mana pun Anda mau.

Memindahkan Jendela yang Hilang dengan Keyboard

Ada juga trik keyboard sederhana yang dapat Anda gunakan jika Anda tidak ingin mengatur ulang semua jendela Anda. Pertama, pastikan Anda memilih jendela di luar layar sebagai jendela aktif. Anda dapat melakukannya dengan menekan Alt+Tab hingga jendela tersebut aktif atau mengklik tombol bilah tugas terkait.

Setelah jendela aktif, Shift+Klik Kanan tombol bilah tugas (karena hanya mengeklik kanan akan membuka daftar lompat aplikasi sebagai gantinya ) dan pilih perintah “Pindahkan” dari menu konteks.

Pada titik ini, perhatikan bahwa kursor Anda berubah menjadi kursor “Pindahkan”. Sekarang, Anda dapat menggunakan tombol panah untuk memindahkan jendela. Anda juga hanya dapat menekan salah satu tombol panah dan kemudian gerakkan mouse Anda sedikit agar jendela muncul kembali ke layar.

Trik ini akan bekerja pada semua versi Windows, tetapi perhatikan bahwa pada versi sebelum Windows 7 Anda hanya perlu untuk mengklik kanan tombol bilah tugas alih-alih Shift + Klik Kanan untuk mendapatkan menu konteks. Ini adalah trik kecil yang berguna untuk memecahkan masalah yang agak jarang — tapi pasti membuat frustrasi.

Itulah berita seputar Cara Memindahkan Jendela Di Luar Layar yang Hilang Kembali ke Desktop Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.