Cara Memindahkan Microsoft Authenticator ke Ponsel Baru

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Buka Microsoft Authenticator di ponsel lama Anda, buka Pengaturan, dan aktifkan pencadangan cloud. Kemudian instal Microsoft authenticator di ponsel baru Anda dan ketuk “Mulai Pemulihan.” Akun yang dicadangkan dari ponsel lama Anda akan ditransfer ke ponsel baru Anda.

Menggunakan aplikasi autentikator untuk autentikasi dua faktor (2FA) lebih aman daripada pesan SMS, tetapi bagaimana jika Anda berpindah ponsel? Berikut cara memindahkan akun 2FA Anda jika Anda menggunakan Microsoft Authenticator.

Sebelumnya, kami melihat cara memindahkan akun 2FA di Google Authenticator ke ponsel baru. Kami menemukan bahwa tidak ada cara untuk mengekspor semua akun Anda, lalu mengimpornya ke ponsel baru. Anda harus membuat ulang akun 2FA di ponsel baru Anda secara manual.

Untungnya, Microsoft Authenticator menyediakan opsi pencadangan dan pemulihan. Perhatikan bahwa 2FA dirancang untuk membuatnya sangat sulit untuk mengakses akun kecuali Anda memiliki kode 2FA. Sebagian besar akun menyediakan kode cadangan yang dapat Anda gunakan jika ponsel Anda hilang atau rusak.

Pastikan Anda memiliki salinan kode cadangan untuk setiap akun sebelum mencoba mengubah perangkat autentikator Anda. Anda kemudian dapat menggunakannya jika mengalami masalah saat mencoba memulihkan akun Anda.

Aktifkan Opsi Cadangan di Ponsel Lama Anda

Jika Anda perlu memulihkan akun di ponsel baru, Anda harus mengaktifkan pencadangan pilihan pada yang lama. Untuk melakukannya, buka Microsoft Authenticator. Ketuk tiga titik vertikal di kanan atas, lalu ketuk “Pengaturan.”

Di bagian “Cadangan”, aktifkan “Cadangan Cloud” di ponsel Android, atau “Cadangan iCloud” di iPhone.

Akun Anda akan menjadi dicadangkan ke akun Microsoft yang Anda gunakan saat pertama kali menyiapkan Microsoft Authenticator. iPhone juga mengharuskan Anda memiliki akun iCloud.

Jika Anda khawatir tentang apa yang sebenarnya dicadangkan, itu cukup mudah. Akun dan nama pengguna Anda, kode verifikasi, dan berbagai metadata, seperti waktu pembuatan cadangan, semuanya akan disertakan.

Authenticator membuat file JSON Web Encryption blob (JWE) terenkripsi menggunakan AES-256. Kemudian hash data menggunakan SHA-512, dan menambahkannya ke JWE sebelum menyimpan seluruh file dan ID Kunci di akun Anda. Penjelasan mendetail tentang proses pencadangan dan penyimpanan tersedia jika Anda ingin menyelam lebih dalam.

Menggunakan Opsi Pemulihan di Ponsel Baru Anda

Selanjutnya, Anda harus menginstal Microsoft Authenticator di ponsel baru Anda. Download dari Google Play untuk Android atau Apple App Store untuk iPhone. Jangan menyiapkan akun apa pun menggunakan Microsoft Authenticator sampai Anda menggunakan alat Pemulihan karena alat ini akan menimpa akun situs yang cocok.

Misalnya, Anda menyiapkan 2FA di akun Gmail abc@gmail.com di Authenticator di ponsel baru Anda . Namun, Authenticator di ponsel lama Anda berisi akun Gmail xyz@gmail.com. Alat Pemulihan akan menimpa akun abc@gmail.com yang Anda tambahkan ke Authenticator di ponsel baru Anda dengan akun xyz@gmail.com yang ada di cadangan Anda.

Untuk menggunakan alat Pemulihan, buka Microsoft Authenticator di ponsel baru Anda, lalu klik “Mulai Pemulihan.”

Anda akan diminta untuk masuk ke akun Microsoft yang Anda gunakan untuk membuat cadangan di ponsel lama Anda. Akun Anda kemudian akan secara otomatis ditambahkan ke Microsoft Authenticator pada akun baru Anda.

Revalidasi pada Akun Baru dan Hapus Dari Akun Lama

Beberapa akun akan meminta Anda untuk memvalidasi ulang, baik dengan masuk ke akun tersebut atau memindai kode QR. Microsoft Authenticator akan menampilkan pesan jika Anda perlu melakukan ini. Ini pada dasarnya adalah proses yang sama yang Anda lalui ketika Anda mengatur akun awalnya.

Penting juga untuk menghapus akun dari ponsel lama Anda. Namun, jangan lakukan ini sampai Anda menguji dan memastikan Anda dapat mengakses akun ini di ponsel baru Anda melalui Microsoft Authenticator.

Untuk menghapus akun dari ponsel lama Anda, buka Microsoft Authenticator di sana. Ketuk akun yang ingin Anda hapus, lalu ketuk “Hapus Akun.”

Anda juga harus membuka semua akun 2FA Anda dan melihat apakah ponsel lama Anda masih ditampilkan sebagai perangkat autentikasi yang valid; jika ya, hapus.

Setelah Anda menghapus semua akun dari Authenticator di ponsel lama Anda, Anda juga dapat menghapus aplikasinya. Mulai saat ini, hanya ponsel baru Anda yang akan memberikan kode 2FA untuk Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.