Cara Memisahkan dan Mengekstrak Teks di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Microsoft Excel menawarkan serangkaian fungsi untuk bekerja dengan teks. Saat Anda ingin mengekstrak bagian dari string teks atau membagi string menjadi baris atau kolom, ada tiga fungsi tertentu yang menyelesaikan pekerjaan.

Dengan TEXTBEFORE dan TEXTAFTER, Anda dapat menarik teks sebelum atau sesudah kata atau karakter tertentu. Ini membuat fungsi ini lebih fleksibel daripada fungsi KIRI, KANAN, dan MID yang mungkin Anda gunakan. Untuk memisahkan string menjadi berbagai sel, Anda dapat menggunakan TEXTSPLIT.

Catatan: Ketiga fungsi ini baru di Excel mulai Agustus 2022. Fungsi tersebut akan diluncurkan ke Office Insiders dan kemudian semua pengguna Excel seiring waktu.

Fungsi TEXTBEFORE

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah TEXTBEFORE(teks, pembatas, instance, match_mode, match_end, if_not_found). Dua argumen pertama diperlukan dengan teks menjadi teks aktual atau referensi sel dan pembatas menjadi titik di mana Anda menginginkan teks sebelumnya.

Berikut adalah deskripsi dari tiga argumen opsional:

Instance: Gunakan argumen ini jika ada lebih dari satu terjadinya pembatas dalam string dan Anda menginginkan yang tertentu.Match_mode: Masukkan 0 untuk peka huruf besar-kecil atau 1 untuk tidak peka huruf besar-kecil. Standarnya adalah 0.Match_end: Masukkan 0 untuk tidak mencocokkan pembatas dengan akhir teks dan 1 untuk mencocokkannya. Standarnya adalah 1.If_not_found: Gunakan argumen ini Jika Anda lebih menyukai hasil daripada kesalahan untuk nilai yang tidak ditemukan.

Sekarang setelah Anda mengetahui argumennya, mari kita lihat beberapa contoh penggunaan untuk TEXTBEFORE.

Dalam contoh pertama ini, kita akan mengekstrak semua teks sebelum kata “dari” di sel A2 menggunakan rumus ini:

=TEXTBEFORE(A2,”from”)

Dengan menggunakan rumus berikut ini, kita akan mengekstrak semua teks sebelum kata “teks” kedua contoh.

=TEXTBEFORE( A2,”text”,2)

Untuk satu contoh lagi, kita akan menggunakan argumen match_mode untuk pencocokan case-sensitive.

=TEXTBEFORE(A2,”TEXT”,0)

RELATED:13 Fungsi Excel Penting untuk Entri Data TEXTAFTER Function

TEXTAFTER adalah kebalikan dari TEXTBEFORE. Sintaks untuk fungsi tersebut adalah TEXTAFTER(text, delimiter, instance, match_mode, match_end, if_not_found).

Seperti mitranya, dua argumen pertama diperlukan dengan teks menjadi teks aktual atau referensi sel dan pembatas menjadi titik di mana Anda menginginkan teks setelahnya.

Tiga argumen opsional yang dijelaskan di atas juga berfungsi sama dengan fungsi TEXTBEFORE.

Dalam contoh pertama ini, kita akan mengekstrak semua teks setelah kata “dari” di sel A2 menggunakan rumus ini:

=TEXTAFTER(A2, “from”)

Dengan menggunakan rumus berikut ini, kita akan mengekstrak semua teks setelah kata “teks” kedua setelah contoh kedua.

=TEXTAFTER(A2,”text”,2)

Dan terakhir, kita akan menggunakan argumen match_mode untuk case-sensitive match.

=TEXTAFTER(A2,”TEXT”,0)

Fungsi TEXTSPLIT

Dengan fungsi TEXTSPLIT Anda dapat membagi teks menjadi sel dalam satu baris atau kolom berdasarkan pembatas, misalnya spasi atau titik.

Sintaksnya adalah TEXTSPLIT(text, column_delimiter, row_delimiter, abaikan, match_mode, pad_with) di mana argumen pertama diperlukan dan dapat berupa teks aktual atau referensi sel. Secara default, rumus membagi teks menjadi kolom, tetapi Anda dapat menggunakan baris sebagai gantinya dengan argumen row_delimiter.

Berikut adalah deskripsi dari argumen yang tersisa:

Ignore: Enter FALSE untuk membuat sel kosong saat dua pembatas berurutan. Standarnya adalah TRUE.Match_mode: Mencari pembatas untuk kecocokan dengan default sebagai case sensitive.Pad_with: Untuk mengisi hasilnya, masukkan nilai. Jika tidak, kesalahan #N/A ditampilkan.

Dalam contoh ini, kami akan membagi string teks di sel A2 melintasi kolom dengan spasi sebagai pembatas kolom kami dalam tanda kutip. Berikut rumusnya:

=TEXTSPLIT(A2,” “)

Daripada memisahkan string menjadi kolom, kita akan membaginya menjadi baris menggunakan spasi sebagai pembatas baris dengan rumus ini:

=TEXTSPLIT(A2,” “)

Notice in rumus ini, kita biarkan argumen column_delimiter kosong dan hanya menggunakan row_delimiter.

Untuk contoh berikutnya, kita hanya akan membagi setelah titik koma menjadi kolom lain:

=TEXTSPLIT(A2,”;”)

Selanjutnya, kita akan membagi hanya setelah titik koma menjadi satu baris alih-alih kolom:

=TEXTSPLIT(A2,”;”)

Fungsi TEXTSPLIT sangat kuat. Jika Anda mencari contoh yang lebih kompleks dalam menggunakan argumen opsional, kunjungi halaman Dukungan Microsoft untuk fungsi TEXTSPLIT.

Saat berikutnya Anda ingin mengekstrak teks dari sel atau memisahkan string teks panjang, ingatlah fungsi Excel ini.

Itulah berita seputar Cara Memisahkan dan Mengekstrak Teks di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.