Cara Memperbaiki Chromecast Yang Membuat Buffering

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Chromecast adalah perangkat populer untuk streaming konten ke TV Anda. Namun, itu bukan tanpa tantangan. Perangkat dapat mengalami masalah buffering, yang merusak pengalaman menonton film.

Jika Anda ingin tahu cara mengatasi masalah buffering Chromecast, bantuan sudah tersedia. Artikel ini akan menampilkan beberapa tips dan trik agar perangkat Anda bekerja dengan lancar.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Chromecast Terus Buffering

Mencoba untuk melewati acara TV yang secara konsisten dijeda bisa sangat membuat frustrasi. Untungnya, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mencoba dan memperbaiki masalah buffering Chromecast Anda. Mari kita lihat di sini.

Tutup Aplikasi Lain

Saat streaming dari komputer atau ponsel cerdas, aplikasi lain yang mungkin sedang berjalan dapat mengganggu Chromecast. Tutup aplikasi lain dan jeda unduhan yang sedang berlangsung. Jika memungkinkan, unduh film atau acara TV yang Anda minati untuk ditonton dan tonton setelah unduhan selesai.

Turunkan Kualitas Penayangan

Video ultra HD menghasilkan kualitas gambar yang fantastis. Sayangnya, konten berkualitas tinggi ini mungkin menjadi alasan Chromecast Anda terus buffering. Meskipun Chromecast adalah perangkat yang tangguh, Chromecast hanya dapat berfungsi sebaik yang dimungkinkan oleh koneksi internet Anda.

Streaming menggunakan bandwidth yang disediakan oleh jaringan Anda, dan video berkualitas tinggi memerlukan lebih banyak data. Oleh karena itu, konten definisi tinggi akan membutuhkan lebih banyak bandwidth, yang mengakibatkan masalah buffering. Menurunkan kualitas tampilan ke 480p dapat menyelesaikan masalah Anda.

Cast Videos

Perangkat Anda mendownload konten sekaligus menampilkannya untuk dilihat saat streaming konten. Proses ini membutuhkan banyak koneksi internet Anda dan dapat mengakibatkan buffering.

Metode alternatif untuk streaming video adalah dengan mentransmisikannya dari perangkat Anda ke TV sambil melewati internet. Anda akan memerlukan perangkat lunak yang kompatibel untuk mentransmisikan konten. Ada banyak program casting yang tersedia, beberapa di antaranya gratis, seperti VLC.

Ini adalah cara menggunakan VLC di PC Anda.
Unduh dan instal VLC ke komputer Anda.Buka aplikasi di perangkat Anda.Navigasikan ke “Playback,” yang terletak di bagian atas halaman. Pilih “Renderer” dari menu tarik-turun. Buka “Local” di menu pop-up yang muncul. Ketuk pada perangkat Chromecast yang terdaftar.
Anda sekarang dapat mentransmisikan konten Anda, mengurangi beban pada koneksi internet. Chromecast seharusnya dapat memutar konten video tanpa buffering.

Menggunakan Adaptor Ethernet

Menghubungkan kabel internet langsung ke perangkat Chromecast akan meningkatkan konektivitas. Sayangnya, Chromecast tidak memiliki port Ethernet.

Solusi untuk port yang hilang adalah dengan mendapatkan adaptor Chromecast Ethernet. Anda juga dapat meningkatkan ke Chromecast Ultra yang memiliki port kabel yang terletak di adaptor daya.

Mencolokkan kabel internet langsung ke perangkat Anda akan memungkinkan kecepatan internet yang lebih cepat. Tingkat peningkatan seharusnya menjaga Chromecast dari buffering.

Gunakan Aplikasi yang Didukung

Menggunakan aplikasi yang kompatibel dengan Chromecast akan membuat pengalaman menonton yang lebih baik. Meskipun aplikasi tidak resmi masih dapat mengalirkan video ke perangkat Anda, kualitas gambarnya mungkin tidak sebagus itu. Anda juga mungkin tidak dapat mentransmisikan konten ke TV.

Untungnya, banyak layanan streaming mendukung Chromecast, jadi menemukan layanan yang sesuai dengan perangkat Anda seharusnya tidak menjadi masalah. Aplikasi resmi memberikan pengalaman streaming yang lancar dan cenderung tidak buffer.

Mengubah Saluran Wi-Fi

Koneksi internet Anda ditransmisikan melalui saluran di router Wi-Fi. Beberapa sambungan pada saluran yang sama dapat menyebabkan saluran tersebut disiarkan kurang optimal.

Mengubah saluran Wi-Fi perangkat Chromecast dapat meningkatkan kecepatan internet. Kecepatan yang lebih cepat akan meringankan masalah buffering Chromecast.

Tunggu Selesai

Jika Anda telah mencoba semuanya dan Chromecast terus buffering, masalahnya mungkin bukan pada perangkat Anda. Koneksi internet Anda mungkin lebih lambat dari yang seharusnya, atau salah satu aplikasi mungkin bermasalah. Berikan waktu. Masalah ini dapat teratasi dengan sendirinya, dan Chromecast Anda akan beroperasi tanpa jeda.

Chromecast Tetap Buffering untuk YouTube

YouTube terus berupaya meningkatkan layanan videonya. Kualitas gambar yang dioptimalkan dan penyimpanan yang ditingkatkan sangat baik bagi pengguna, tetapi dapat menyebabkan penundaan dan jeda saat dilihat dari Chromecast. Perbaikan cepat adalah dengan menyetel ulang aplikasi YouTube.

Berikut cara melakukannya:
Buka YouTube dan gulir ke bawah ke “Pengaturan,” yang terletak di panel di sisi kiri. Ketuk “Setel Ulang Aplikasi” di menu yang terbuka. Tekan “Setel Ulang Aplikasi” untuk mengembalikannya ke pengaturan default.
Setelah Anda menyetel ulang aplikasi YouTube, Chromecast akan streaming tanpa buffering.

Chromecast Tetap Buffering Disney Plus

Jika Anda mengalami masalah buffering saat menonton Disney Plus di Chromecast, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan ambil untuk memperbaiki masalah.

Pertama, pastikan Anda menggunakan versi aplikasi yang paling baru. Versi lama mungkin tidak berfungsi secara optimal dan dapat menjadi alasan jeda terus-menerus.

Jika Anda sudah menggunakan versi terbaru Disney Plus, Anda mungkin perlu mem-boot ulang seluruh sistem. Untuk melakukannya, matikan semua perangkat, termasuk TV, dan cabut peralatan dari sakelar utama. Pasang kembali semuanya dan nyalakan lagi.

Mem-boot ulang sistem akan menyelesaikan masalah, tetapi Anda dapat menghapus dan menginstal ulang aplikasi Disney Plus jika itu tidak berhasil. Setelah menginstal ulang, luncurkan kembali untuk melihat apakah masalah jeda Chromecast telah diperbaiki.

Jika semuanya gagal, coba bersihkan cache pada aplikasi.
Buka Disney Plus dan buka “Pengaturan.” Pilih “Aplikasi” lalu “Termasuk Chromecast. ”Tekan “Hapus Cache” lalu “Hapus Data.”
Setelah mengikuti langkah-langkah ini, aplikasi Disney Plus Anda seharusnya dapat melakukan streaming di Chromecast tanpa buffering.

Chromecast Terus Buffering untuk Netflix

Jika episode di Netflix terus dijeda saat Anda menontonnya, artinya ada data di perangkat yang perlu di-refresh. Langkah-langkah di bawah ini akan membantu Anda memecahkan masalah buffering Netflix.

Netflix mungkin macet saat Anda menonton film atau acara TV. Jika demikian, setel ulang perangkat Chromecast dengan melakukan hal berikut:
Tekan tombol di perangkat Chromecast dan tahan selama 25 detik atau hingga lampu indikator mulai berkedip.Luncurkan ulang aplikasi Netflix setelah perangkat disetel ulang.
If Netflix menjeda kapan saja selain saat Anda menonton, hubungi Dukungan Pelanggan Netflix karena mungkin ada masalah dengan akun Anda.

Nikmati Menonton Maraton

Mengalir film atau acara TV adalah cara sempurna untuk melepas lelah. Namun, jika perangkat Chromecast Anda terus buffering, pengalaman Anda berubah dari santai menjadi cobaan yang membuat frustrasi. Anda dapat mencoba beberapa hal agar Chromecast dapat beroperasi secara optimal. Tutorial ini tidak hanya menunjukkan apa yang dapat menyebabkan perangkat Anda berhenti, tetapi juga menunjukkan cara memperbaiki masalah.

Apakah Anda melakukan streaming konten di Chromecast? Apakah Chromecast Anda terus buffering saat Anda streaming? Beri tahu kami bagaimana Anda menyelesaikan masalah di bagian komentar di bawah?