Cara Memperbaiki dan Pengontrol Xbox yang Tidak Terhubung ke PC

Pengontrol Xbox dapat digunakan untuk memainkan game PC, yang menghasilkan pengalaman yang lebih baik bagi beberapa gamer. Namun, ada kalanya perangkat dengan keras kepala menolak untuk terhubung ke komputer Anda.

Masalah ini bisa sangat menjengkelkan dan Anda mungkin tergoda untuk menyerah, tetapi jangan kehilangan harapan; ada beberapa cara sederhana untuk memperbaiki masalah tersebut. Dengan mengikuti trik ini, pengontrol Anda dapat kembali normal dalam waktu singkat. Baca terus untuk semua detailnya.

Pengontrol Xbox Tidak Akan Terhubung ke PC dengan Bluetooth

Model pengontrol Xbox One yang lebih baru dapat dipasangkan dengan komputer mana pun dengan fungsionalitas Bluetooth. Oleh karena itu, bagian ini tidak akan berlaku untuk model pengontrol lama yang berjalan pada standar berpemilik dan memerlukan dongle.

Jika Anda memiliki pengontrol Bluetooth Xbox One standar, ada beberapa perbaikan yang dapat Anda coba.

Pengontrol Xbox Series X|S juga menggunakan Bluetooth. Satu perbedaan utama adalah pengontrol Xbox One menggunakan kabel Micro USB untuk mengisi daya dan menyinkronkan ke perangkat, sedangkan pengontrol Seri X|S memerlukan kabel USB-C sebagai gantinya.

Toggle Bluetooth On dan Off

Terkadang, Anda tidak akan melihat pengontrol di daftar Anda perangkat Bluetooth yang tersedia. Salah satu solusinya adalah dengan menonaktifkan dan mengaktifkan konektivitas Bluetooth lagi. Terkadang itu cukup untuk menyelesaikan masalah.

Jika tidak, coba lepas baterai pengontrol dan pastikan tidak terhubung melalui kabel USB. Jika solusi ini berhasil, Anda dapat terus memainkan game menggunakan pengontrol.

Beralih Baterai

Baterai yang Anda gunakan dengan pengontrol juga dapat memengaruhi konektivitas, terutama jika baterai tersebut bukan baterai sekali pakai. Paket isi ulang pihak ketiga juga dapat rusak karena bukan produk resmi. Jika pertukaran baterai berhasil, tetap gunakan, dan berhenti menggunakan yang sebelumnya.

Mulai ulang Pengontrol

Terkadang, memulai ulang perangkat menyelesaikan semua masalah, yang juga dapat berfungsi dengan pengontrol Xbox. Tahan tombol Xbox selama beberapa detik untuk mematikannya. Mudah-mudahan, komputer Anda akan mendeteksinya setelah aktif kembali.

Perbarui Firmware

Firmware yang tepat diperlukan agar aksesori USB atau Bluetooth dapat berfungsi dengan apa pun, baik itu PC atau konsol video game. Pengontrol mungkin tidak memperbarui firmware mereka, yang dapat mencegah kompatibilitas dengan versi terbaru Windows. Untungnya, ada langkah yang dapat Anda ambil untuk memperbaiki masalah ini.

Solusi termudah adalah menghubungkan pengontrol Xbox Anda ke konsol Xbox One menggunakan kabel USB atau nirkabel. Melakukannya akan menginstal firmware terbaru.

Namun, mereka yang hanya memiliki pengontrol masih dapat memperbarui firmware menggunakan komputer Windows 10 dan yang lebih baru.
Unduh dan instal Aksesori Xbox.Hubungkan pengontrol ke PC Anda melalui kabel USB.Buka perangkat lunak Aksesori Xbox .Perbarui pengontrol Anda.Setelah pembaruan selesai, tutup perangkat lunak.
Langkah-langkah ini cukup sederhana untuk dicoba, dan pengontrol akan bekerja dengan PC Anda sekali lagi. Jika PC Windows Anda baru saja menerima pembaruan, sebaiknya periksa apakah itu memengaruhi penggunaan pengontrol Xbox.

Optimalkan Sinyal

Pengontrol Xbox akan berfungsi meskipun Anda jauh dari komputer, tetapi terlalu banyak perangkat Bluetooth aktif atau objek lain dapat mengganggu sinyal. Itu sebabnya PC Anda mungkin tidak mendeteksi pengontrol Anda, terutama jika ada jarak dan gangguan tertentu.

Solusi untuk mendapatkan terlalu banyak gangguan adalah dengan mengurangi jumlah perangkat Bluetooth yang sedang berjalan. Akan sangat membantu jika Anda juga memiliki sesedikit mungkin objek antara pengontrol dan PC. Dengan begitu, koneksi akan lebih kuat dengan kemungkinan gangguan yang lebih kecil.

Coba Pemecahan Masalah yang Menyeluruh

Pemecah masalah pada Windows adalah alat praktis yang dapat mengidentifikasi masalah. Berikut adalah langkah-langkah untuk Windows 11.
Buka Start Menu Windows. Buka menu Pengaturan. Pilih “Sistem.” Cari dan klik “Pengaturan Pemecahan Masalah” dan kemudian cari “Pemecah Masalah Tambahan.” Pilih “Jalankan” di samping “Perangkat Keras And Devices.”
Langkahnya sedikit berbeda pada Windows 10.
Buka Start Menu.Navigasikan ke menu Settings.Pilih “Update & Security.”Ke “Troubleshoot Settings”Klik “Additional Troubleshooters.”Pilih “Hardware And Devices .”Klik “Jalankan Pemecah Masalah.”
Anda dapat menggunakan langkah yang sama untuk pemecah masalah Bluetooth, karena terletak di halaman yang sama. Keduanya akan memungkinkan Anda memecahkan masalah pengontrol Xbox jika Anda memilihnya.

Jika ini berhasil mengidentifikasi masalah, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk memperbaikinya.

Pengontrol Xbox Tidak Akan Terhubung ke PC dengan Kabel Secara Langsung

Beberapa pengguna lebih suka menggunakan koneksi kabel bahkan dengan pengontrol terbaru. Keuntungan utamanya adalah para gamer tidak perlu khawatir kehabisan baterai dalam mode kabel. Namun, ada kalanya pengontrol tidak terhubung ke PC.

Kabel USB Salah

Ada dua jenis utama kabel USB: kabel khusus pengisian daya dan kabel sinkronisasi. Kabel khusus pengisian daya hanya akan memberi pengontrol Xbox daya tetapi tidak akan membiarkannya mentransfer data. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk menggunakannya untuk bermain game.

Anda mungkin tidak sengaja menggunakan kabel khusus pengisian daya dengan pengontrol Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat menukar kabel dalam hitungan detik, dan pengontrol akan bekerja dengan PC Anda setelah perubahan. Kabel

Sync lebih tebal dan memiliki simbol khusus di ujung USB-A. Ini terdiri dari titik dan satu garis lurus dengan panah. Garis memiliki dua cabang yang keluar darinya, satu berakhir dengan lingkaran dan yang lainnya persegi.

Jika kabel Anda memiliki simbol USB ini, itu akan berfungsi dengan pengontrol Xbox Anda.

Kabel Rusak

Kabel yang rusak juga akan mencegah pengontrol terhubung ke komputer. Satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan kabel lain yang berfungsi. Jika ini tidak berhasil, pengontrol Anda mungkin rusak, atau mungkin ada masalah lain dengan Windows.

Pengontrol Xbox Tidak Dapat Terhubung ke Driver PC Kesalahan

A kesalahan driver mengacu pada skenario ketika komputer mengakui pengontrol Xbox tetapi drivernya rusak . Hasilnya adalah pop-up dengan “driver error” di atasnya, dan pengontrol tidak berfungsi. Untungnya, solusinya sangat mudah. ​​
Klik kanan di ruang kosong mana pun di layar beranda Windows. Pilih “Device Manager.” Cari pengontrol Xbox One. Klik “Copot Perangkat.” Setelah proses ini selesai, pilih ” Pindai Perubahan Perangkat Keras.” Windows harus menginstal driver default dan memungkinkan Anda untuk menggunakan pengontrol Anda lagi.
Masalah ini lebih berlaku bagi mereka yang telah menggunakan pengontrol untuk sementara waktu tetapi tiba-tiba mengalami kegagalan untuk terhubung.

Perbarui Windows

Versi Windows yang lebih lama mungkin tidak berfungsi dengan pengontrol Xbox terbaru, itulah sebabnya mengapa memperbarui PC Anda sangat penting untuk pengalaman terbaik.
Klik tombol Windows di sudut kiri bawah.Pilih ikon roda gigi.Buka “Perbarui & Keamanan.” Pilih “Periksa Pembaruan” di sisi kanan. Tunggu hingga Windows memperbarui dan memulai ulang.
Jika solusi ini berhasil, Anda dapat dengan mudah memainkan game di PC menggunakan pengontrol lagi.

Pada akhirnya, semua elektronik akan gagal suatu hari nanti. Terkadang hari datang terlalu cepat, tetapi jika tidak ada metode ini yang berhasil, Anda mungkin memerlukan pengontrol Xbox One yang baru.

Perbaikan Mudah

Dalam kebanyakan situasi, pengontrol Xbox yang menolak untuk terhubung ke PC adalah perbaikan mudah yang melibatkan penggantian kabel atau mengganti baterai. Windows memiliki dukungan penuh untuk pengontrol Xbox, dan biasanya berjalan dengan lancar bagi kebanyakan orang. Meski begitu, Anda tidak pernah tahu kapan tips perbaikan ini akan berguna.

Manakah dari metode ini yang baru bagi Anda? Apakah Anda tahu solusi lain? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.