Cara Memperbaiki DS4Windows Tidak Mendeteksi Kesalahan Pengontrol

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda mengalami masalah dengan koneksi pengontrol Anda? Anda siap bermain game, tetapi tanpa menggunakan pengontrol, game akan berakhir.

Anda bukan satu-satunya gamer yang mengalami masalah ini. Untungnya, memecahkan dilema ini tidak memerlukan peretasan yang sulit. Artikel ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk menghubungkan pengontrol dan membuat Anda kembali ke game.

DS4Windows Tidak Mendeteksi Pengontrol di Windows 11

Banyak pengguna DS4Windows mengalami masalah saat membuat Windows 11 mengenali pengontrol mereka. DS4Windows dirancang untuk digunakan dengan Windows 10. Masalah ini tidak jarang terjadi jika Anda baru saja memperbarui ke Windows 11. Ada dua metode yang dapat Anda coba untuk menyelesaikan masalah Anda sehingga Anda dapat kembali bermain game.

Terkadang solusinya adalah kembali aktifkan pengontrol Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Tutup DS4Windows dan putuskan sambungan pengontrol Anda. Klik kanan pada “Windows Start Menu” dan pilih “Run” untuk membuka menu prompt. Ketik “devmgmt.msc” di dalam kotak dan klik “Enter Dari “Device Manager Menu,” pilih “Human Interface Devices.” Klik kanan pada “pengontrol game yang sesuai dengan HID” dan pilih “Nonaktifkan perangkat.” Tunggu sebentar, klik kanan pada “pengontrol game yang sesuai dengan HID, ” dan pilih “Aktifkan perangkat.” Buka DS4Windows dan sambungkan kembali pengontrol Anda. Periksa apakah pengontrol Anda terdeteksi.
Jika Anda masih memiliki masalah dengan pengontrol yang terdeteksi, Anda dapat mencoba mencopot pemasangan dan menyambungkan kembali pengontrol DS4Windows Anda. Untuk mempelajari cara melakukannya, ikuti petunjuk berikut:
Pastikan bahwa DS4Windows ditutup dan pengontrol Anda terputus. Buka menu prompt dengan mengklik kanan “Windows Start Menu.” Ketik “Control Panel” dan tekan “Enter.” Cari “Hardware and Sound” dan ketuk “Devices and Printers.” Sambungkan kembali pengontrol DS4Windows Anda. Ikon gamepad akan muncul di layar. Klik kanan padanya, dan dari menu drop-down, pilih “Properties.” Pilih tab “Hardware” dan ketuk dua kali pada “pengontrol game yang sesuai dengan HID.” Beralih ke tab “Driver” dan ketuk “Copot Perangkat .”Buka DS4Windows. Pengontrol Anda sekarang seharusnya sudah terdeteksi.
DS4Windows Not Detecting Controller di Windows 7

Anda bukan satu-satunya orang yang bermasalah dengan Windows 7 yang mendeteksi pengontrol Anda. Untungnya, masalah umum ini memiliki beberapa perbaikan cepat yang berbeda.

Ada dua solusi untuk masalah ini. Yang pertama adalah menginstal ulang driver DS4Windows, sedangkan perbaikan kedua adalah menonaktifkan dan mengaktifkan kembali pengontrol DS4. Salah satu dari dua metode yang dijelaskan di bawah ini adalah semua yang perlu Anda lakukan untuk kembali bermain game.

Untuk mempelajari cara menginstal ulang driver DS4Windows, ikuti langkah-langkah berikut:
Putuskan sambungan pengontrol Anda dan tutup DS4Windows.Menggunakan alat “Search”, ketik di “Control Panel” dan tekan “Enter.” Pilih opsi “Hardware and Sound”. Sambungkan kembali pengontrol Anda. Sebuah pop-up baru akan muncul di layar. Klik kanan pada ikon dan pilih “Properties.” Ketuk tab “Hardware” dan klik dua kali pada “HID-compliant game controller.” Pilih tab “Driver” dan gandakan -tap.Dari tab “Driver”, pilih “Uninstall Device.”Jika pengontrol tidak terdeteksi, reboot PC Anda.
Jika metode ini tidak menyelesaikan masalah Anda, Anda dapat menonaktifkan dan mengaktifkan kembali pengontrol DS4 Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Pastikan bahwa DS4Windows ditutup dan pengontrol Anda terputus. Dari “Search Bar,” ketik “Device Manager” dan klik untuk membuka. Cari “Human Interface Devices” dan klik. Temukan “pengontrol game yang sesuai dengan HID” atau “Pengontrol Suara, Video, dan Game.” Klik kanan pada salah satu yang dimiliki sistem Anda. Pilih “Nonaktifkan.” Tunggu sebentar lalu pilih “Aktifkan.” Mulai ulang DS4Windows. Pengontrol Anda sekarang akan terdeteksi.
DS4Windows Tidak Mendeteksi Pengontrol PS5

Jika Anda mengalami masalah dengan DS4Windows yang tidak mendeteksi pengontrol PS5 Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Pertama, Anda dapat mengaktifkan kembali pengontrol Anda. Jika itu tidak membantu, Anda dapat menghapus dan menyambungkan kembali pengontrol DS4Windows Anda berikutnya. Salah satu metode ini harus melakukan trik dan membuat Anda kembali ke game.

Untuk mengaktifkan kembali pengontrol PS5 Anda, lakukan hal berikut:
Tutup DS4Windows dan pastikan pengontrol Anda tidak terhubung.Buka menu prompt dengan mengklik kanan pada ” Windows Start Menu” dan pilih “Run”. Ketik “devmgmt.msc” di jendela dan klik “Enter.” Dari “Device Manager Menu,” pilih “Human Interface Devices.” Klik kanan pada “pengontrol game yang sesuai dengan HID” ” dan ketuk “Nonaktifkan perangkat.” Buka lagi “Pengontrol game yang sesuai dengan HID” dan pilih “Aktifkan perangkat.” Sambungkan kembali pengontrol Anda dan buka DS4Windows. Periksa apakah pengontrol Anda terdeteksi.
Jika pengontrol PS5 Anda masih menimbulkan masalah, Anda juga dapat mencoba mencopot pemasangan pengontrol dan menyambungkannya kembali. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Matikan DS4Windows dan lepaskan pengontrol Anda. Buka menu prompt dengan mengklik kanan pada “Windows Start Menu.” Ketik “Control Panel” di dalam kotak dan tekan “Enter.” Temukan “Hardware and Sound” dan klik “Devices and Printers.” Sambungkan kembali pengontrol DS4Windows Anda. Anda akan melihat ikon gamepad muncul di layar. Klik kanan padanya, dan dari menu tarik-turun, tekan “Properties.” Pilih tab “Hardware” dan klik dua kali pada “pengontrol game yang sesuai dengan HID.” Beralih ke tab “Driver” dan tekan “Copot Perangkat ”Luncurkan DS4Windows. Pengontrol Anda sekarang harus terdeteksi. Matikan DS4Windows dan lepaskan pengontrol Anda. Buka menu prompt dengan mengklik kanan pada “Windows Start Menu.” Ketik “Control Panel” di dalam kotak dan tekan “Enter.” Temukan “Hardware and Sound ” dan klik “Devices and Printers.” Sambungkan kembali pengontrol DS4Windows Anda. Anda akan melihat ikon gamepad muncul di layar. Klik kanan padanya, dan dari menu tarik-turun, tekan “Properties.” Pilih tab “Hardware” dan klik dua kali pada “pengontrol game yang sesuai dengan HID.” Beralih ke tab “Driver” dan tekan “Copot Perangkat ”Luncurkan DS4Windows. Pengontrol Anda sekarang akan terdeteksi.
DS4Windows Tidak Mendeteksi Pengontrol melalui Bluetooth

Jika Anda mengalami masalah dengan DS4Windows yang tidak mendeteksi pengontrol Anda dengan Bluetooth, Anda bukan satu-satunya. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini. Anda dapat memastikan bahwa PC Anda berkemampuan Bluetooth dan mengaktifkan sakelar, atau Anda dapat menghapus perangkat dan menambahkannya kembali.

Untuk memasangkan pengontrol Anda dengan Bluetooth, lakukan hal berikut:
Pastikan bahwa PC Anda telah mengaktifkan Bluetooth dengan mengklik tombol “ Mulai Menu” dan klik “Pengaturan.” Pilih “Perangkat” dan kemudian “Bluetooth.” Pastikan sakelar sakelar untuk Bluetooth berada di posisi “aktif”. Matikan dan hidupkan kembali jika sudah dalam posisi “on”. Nyalakan pengontrol Anda. Tekan tombol “PlayStation+Share” pada pengontrol hingga lampu mulai berkedip. PC Anda sekarang harus terhubung ke pengontrol.
Untuk menghapus dan tambahkan pengontrol Anda untuk Bluetooth, ikuti langkah-langkah ini:
Nyalakan kembali PC Anda dan pastikan pengontrol Anda memiliki setidaknya 10% biaya. Menggunakan alat “Cari”, ketik “Panel Kontrol” dan pilih. Cari dan klik “Lihat perangkat dan printer.” Temukan “Pengontrol Bluetooth PS4,” klik kanan dan pilih “Hapus perangkat,” lalu “Ya.” Luncurkan DS4Windows dan buka “Pengaturan.” Ketuk “Sembunyikan Pengontrol DS4” dan pilih “Pengontrol / Pengaturan Driver Perkecil jendela ini dan buka “Pengaturan Bluetooth.” Tekan tombol “PlayStation+Share” menggunakan pengontrol Anda hingga lampu berkedip. Pengontrol Anda seharusnya sudah terdeteksi sekarang.
Dapatkan Kontroler Anda Terdeteksi dan Kembali ke Gaming

Ini bisa membuat frustasi ketika DS4Windows tidak akan mendeteksi pengontrol Anda. Terkadang yang diperlukan hanyalah mencopot pemasangan dan menyambungkannya kembali. Mungkin perbaikannya hanya dengan mematikan dan pada pengaturan Bluetooth Anda atau memasangkan pengontrol Anda lagi.

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan DS4Windows dan pengontrol permainan Anda? Apakah Anda menggunakan metode yang diuraikan dalam artikel ini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.