Cara Memperbaiki File Sistem Windows yang Rusak dengan Perintah SFC dan DISM

Alat Pemeriksa Berkas Sistem yang ada di dalam Windows dapat memindai berkas sistem Windows Anda dari kerusakan atau perubahan lainnya. Jika sebuah file telah dimodifikasi, maka secara otomatis file tersebut akan diganti dengan versi yang benar. Berikut cara menggunakannya.

Jika Windows mengalami layar biru atau crash lainnya, aplikasi gagal, atau beberapa fitur Windows tidak berfungsi dengan benar, ada dua alat sistem yang mungkin dapat membantu.

Alat Pemeriksa Berkas Sistem (SFC) yang ada di dalam Windows akan memindai berkas sistem Windows Anda dari kerusakan atau perubahan lainnya. Jika file telah dimodifikasi, file tersebut akan otomatis diganti dengan versi yang benar. Jika perintah SFC tidak berfungsi, Anda juga dapat mencoba perintah Deployment Image Servicing and Management (DISM) pada Windows 8, 10, atau 11 untuk memperbaiki citra sistem Windows yang mendasarinya. Pada Windows 7 dan sebelumnya, Microsoft menawarkan “Alat Kesiapan Pembaruan Sistem” yang dapat diunduh. Mari kita lihat cara menggunakannya.

Jalankan Perintah SFC untuk Memperbaiki File Sistem

Jalankan perintah SFC saat memecahkan masalah sistem Windows yang bermasalah. SFC bekerja dengan memindai dan mengganti file sistem yang rusak, hilang, atau diubah. Bahkan jika perintah SFC tidak memperbaiki file apa pun, menjalankannya setidaknya akan mengonfirmasi bahwa tidak ada file sistem yang rusak dan kemudian Anda dapat terus memecahkan masalah sistem Anda dengan metode lain. Anda dapat menggunakan perintah SFC selama komputer itu sendiri akan mulai. Jika Windows akan mulai secara normal, Anda dapat menjalankannya dari prompt perintah administratif. Jika Windows tidak dapat berjalan secara normal, Anda dapat mencoba memulainya dalam Mode Aman atau di lingkungan pemulihan dengan mem-boot dari media penginstalan atau cakram pemulihan.

Namun Anda masuk ke Command Prompt — biasanya, Safe Mode, atau lingkungan pemulihan — Anda akan menggunakan perintah dengan cara yang sama. Ingatlah bahwa jika Anda memulai Windows secara normal, Anda perlu membuka Command Prompt atau PowerShell dengan hak administratif. Untuk melakukannya, klik kanan tombol Start dan pilih “Command Prompt (Admin)”.

Catatan: Pada Windows 11, Anda mungkin perlu memilih “Windows Terminal (Admin)” dan bukan “Command Prompt (Admin)” atau “PowerShell (Admin)”.

Pada Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter untuk menjalankan pemindaian sistem penuh dan lakukan perbaikan upaya SFC:

sfc /scannow

Biarkan jendela Command Prompt terbuka hingga perintah selesai, yang mungkin memerlukan waktu. Jika semuanya baik-baik saja, Anda akan melihat pesan “Perlindungan Sumber Daya Windows tidak menemukan pelanggaran integritas apa pun.”

TERKAIT: Cara Menggunakan Mode Aman untuk Memperbaiki PC Windows Anda (dan Kapan Seharusnya) file korup tetapi tidak dapat memperbaiki beberapa di antaranya”, coba mulai ulang PC Anda dalam Mode Aman dan jalankan perintah lagi. Dan jika gagal, Anda juga dapat mencoba mem-boot dengan media instalasi atau disk pemulihan dan mencoba perintah dari sana.

Jalankan Perintah DISM untuk Memperbaiki Masalah SFC

Anda biasanya tidak harus menjalankan perintah DISM. Namun, jika perintah SFC gagal berjalan dengan benar atau tidak dapat mengganti file yang rusak dengan yang benar, perintah DISM — atau Alat Kesiapan Pembaruan Sistem di Windows 7 — terkadang dapat memperbaiki sistem Windows yang mendasarinya dan membuat SFC berjalan dengan benar.

To jalankan perintah DISM di Windows 8, 10, dan 11, buka Command Prompt, PowerShell, atau Terminal Windows dengan hak administratif. Ketik perintah berikut, lalu tekan Enter agar DISM memeriksa kerusakan penyimpanan komponen Windows dan secara otomatis memperbaiki masalah yang ditemukan.

DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Izinkan perintah untuk selesai berjalan sebelum menutup jendela Command Prompt. Ini mungkin membutuhkan waktu lima hingga sepuluh menit. Itu normal untuk bilah kemajuan untuk tetap di 20 persen untuk sementara waktu, jadi jangan khawatir tentang itu.

Jika hasil perintah DISM menyatakan bahwa ada yang berubah, restart PC Anda dan Anda akan dapat menjalankan perintah SFC berhasil.

Pada Windows 7 dan sebelumnya, perintah DISM tidak tersedia. Sebagai gantinya, Anda dapat mengunduh dan menjalankan Alat Kesiapan Pembaruan Sistem dari Microsoft dan menggunakannya untuk memindai sistem Anda dari masalah dan mencoba memperbaikinya.

Catatan: Jika Anda masih menggunakan Windows 7, Anda harus mengambil versi yang tepat dari Alat Kesiapan. Versi terbaru yang tersedia adalah “Alat Kesiapan Pembaruan Sistem untuk Windows 7 untuk Sistem berbasis x64 (KB947821) [Oktober 2014].” Unduh yang itu.Coba Pemulihan Sistem atau Reset Sistem Berikutnya

Jika Anda masih mengalami masalah sistem dan perintah SFC dan DISM tidak membantu, Anda dapat mencoba tindakan yang lebih drastis.

Menjalankan alat Pemulihan Sistem akan memulihkan file sistem operasi Windows Anda, pengaturan, dan aplikasi ke keadaan sebelumnya. Ini dapat memperbaiki masalah korupsi sistem jika sistem operasi tidak juga rusak pada titik sebelumnya ketika titik pemulihan dibuat. selalu gunakan untuk melakukan reset sistem atau menginstal ulang Windows. Pada Windows 8, 10, dan 11 Anda dapat melakukan operasi “Reset PC ini” untuk mengatur ulang Windows ke keadaan default. Anda akan memiliki opsi untuk menyimpan file pribadi Anda di tempatnya — meskipun Anda harus menginstal ulang program — atau untuk menghapus semuanya dan melakukan penginstalan ulang sepenuhnya. Apa pun yang Anda pilih, pastikan Anda telah mencadangkan PC Anda terlebih dahulu! Pada Windows 7 dan yang lebih lama, ini akan memerlukan penggunaan partisi pemulihan yang disediakan pabrikan komputer Anda atau menginstal ulang Windows dari awal. Perintah akan sering mengarahkan Anda ke file log dengan informasi lebih lanjut jika gagal — periksa log untuk detail lebih lanjut tentang masalah tertentu. Pada akhirnya, mungkin tidak ada gunanya memecahkan masalah korupsi Windows yang serius ketika Anda hanya dapat mengatur ulang Windows ke keadaan default atau menginstalnya kembali. Keputusan itu terserah Anda.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki File Sistem Windows yang Rusak dengan Perintah SFC dan DISM, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.