Cara Memperbaiki Kesalahan Aktivasi iMessage yang Tidak Berhasil

iMessage adalah aplikasi perpesanan Apple yang memungkinkan Anda mengirim teks ke pengguna Apple lainnya melalui internet. Ini adalah cara yang bagus untuk menyampaikan pesan Anda tanpa menggunakan tunjangan SMS/MMS reguler paket Anda. Sebelum Anda dapat mulai mengirim pesan melalui iMessage, Anda harus mengaktifkannya. Ini biasanya merupakan proses yang cepat dan mudah kecuali jika Anda mengalami kesalahan dalam perjalanan.

Jika aktivasi iMessage Anda tidak berhasil, ada banyak solusi pemecahan masalah yang dapat memperbaiki masalah tersebut. Di bawah ini adalah 10 perbaikan yang dapat Anda coba sebelum menghubungi customer support.

Cara Mengaktifkan iMessage

Pertama, pastikan Anda mencoba mengaktifkan iMessage Anda dengan cara yang benar. Anda perlu mengaktifkannya di pengaturan aplikasi Anda untuk mulai menggunakan layanan ini.
Buka Pengaturan Anda.Temukan “Pesan” di daftar.Aktifkan iMessage dengan mengaktifkan sakelar di sebelahnya, sehingga berwarna hijau.
Jika Anda mendapatkan pesan kesalahan pada tahap ini, ada masalah dalam proses.

iMessage Activation Unsuccessful Error

Anda mungkin melihat beberapa pesan kesalahan ketika terjadi kesalahan dengan aktivasi iMessage. Munculan “Aktivasi Tidak Berhasil” hanyalah salah satunya. Ponsel Anda mungkin juga mengatakan “Menunggu aktivasi,” “Terjadi kesalahan,” dll. Terlepas dari pesan kesalahan apa yang Anda lihat, coba langkah-langkah berikut:

Periksa Koneksi Internet Anda

iPesan memerlukan koneksi internet untuk mengaktifkan. Pertama, periksa apakah Wi-Fi atau data seluler Anda aktif dan tidak secara tidak sengaja mengaktifkan mode Pesawat. Koneksi Wi-Fi yang buruk juga dapat menyebabkan masalah, jadi Anda mungkin ingin mematikannya dan mengubah ke data jika koneksi Anda tidak ideal. Jika Anda tidak memiliki data, Anda cukup pergi ke suatu tempat di mana Anda bisa mendapatkan Wi-Fi yang layak dan mencoba mengaktifkan aplikasi iMessage Anda lagi. Anda dapat menghilangkan beberapa masalah jaringan dengan memberikan “restart”.
Buka aplikasi Pengaturan Anda.Aktifkan mode Pesawat di bagian atas layar.Tunggu beberapa detik, lalu matikan kembali.
Coba aktifkan iMessage lagi untuk melihat jika ini memperbaiki masalahnya.

Tunggu 24 Jam

iPesan mungkin memerlukan waktu hingga 24 jam untuk diaktifkan, jadi Anda mungkin perlu sedikit kesabaran sebelum mengambil langkah drastis. Jika ponsel Anda mengatakan, “Menunggu aktivasi,” yang mungkin perlu Anda lakukan hanyalah menunggu. Jika iMessage Anda masih belum diaktifkan setelah satu hari, saatnya untuk beralih ke kemungkinan perbaikan berikutnya.

Periksa Status Sistem Apple

Kegagalan aktivasi tidak selalu berarti masalah di pihak Anda. Jadi, selanjutnya, periksa apakah masalahnya ada di ujung Apple:
Buka halaman Status Sistem Apple. Temukan iMessage di daftar.
Jika lingkaran di sebelahnya berwarna merah, Apple mengalami masalah dengan iMessage, dan itulah sebabnya Anda tidak bisa aktifkan aplikasi Anda. Tidak ada yang dapat Anda lakukan selain menunggu hingga Apple memperbaiki masalahnya. Jika lingkaran berwarna hijau, di sisi lain, Anda harus terus mencari solusi.

Cari Pembaruan

Alasan lain mengapa iMessage Anda mungkin tidak aktif adalah perangkat lunak yang sudah usang. Apakah iPhone Anda menggunakan iOS versi terbaru? Periksa apakah pembaruan tersedia dengan cara berikut:
Buka aplikasi Pengaturan Anda. Ketuk “Umum” pada daftar. Buka opsi kedua, “Pembaruan Perangkat Lunak.”
Pembaruan apa pun yang tersedia untuk perangkat Anda akan muncul di sini. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya dengan satu ketukan. Tunggu hingga ponsel Anda reboot dan coba aktifkan iMessage lagi. Jika penyebab masalah Anda adalah bug sistem, ini seharusnya telah memperbaikinya.

Jika Anda tidak memiliki pembaruan yang tersedia, lanjutkan ke kemungkinan perbaikan berikutnya.

Mulai Ulang Perangkat Anda

Metode berikut ini sangat mudah, dan dapat menghilangkan beberapa kesalahan sementara yang mungkin terjadi mencegah iMessage Anda diaktifkan. Perbaikan ini melibatkan menonaktifkan iMessage dan memulai ulang perangkat Anda:
Buka aplikasi Pengaturan Anda. Gulir ke bawah untuk menemukan “Pesan” di daftar aplikasi Anda. Alihkan sakelar di sebelah “iMessage” untuk menonaktifkannya. Matikan perangkat Anda lalu hidupkan kembali. Kembali ke Pengaturan Anda lalu Pesan. Ketuk sakelar di sebelah “iMessage.”
Tunggu beberapa menit untuk melihat apakah perbaikan berhasil.

Koreksi Tanggal dan Waktu

Pengaturan zona waktu dan tanggal Anda juga dapat mengacaukan upaya aktivasi iMessage Anda. Anda harus memastikan mereka benar untuk memastikan aktivasi yang tepat. Atur ulang tanggal dan waktu Anda di iPhone dengan cara ini:
Buka Pengaturan dan ketuk “Umum.” Temukan “Tanggal & Waktu” dan ketuk. Pastikan Anda telah mengaktifkan “Setel otomatis”. Jika sudah aktif, matikan dan hidupkan kembali.
Periksa apakah iMessage berfungsi sekarang.

Keluar dan Masuk Lagi

Perbaikan berikutnya melibatkan ID Apple Anda. Karena iMessage terhubung ke ID Apple Anda, keluar dari akun Anda dan masuk kembali dapat menghilangkan beberapa masalah sementara dengan akun Anda:
Buka Pengaturan Anda. Ketuk profil Anda tepat di bagian atas layar. Anda akan menemukan “Keluar ” di bagian bawah.Masuk kembali ke akun ID Apple Anda.
Setelah Anda kembali ke akun, coba aktifkan iMessage lagi.

Perbaiki Pengaturan Jaringan Anda

Kami telah menyebutkan bahwa Anda memerlukan koneksi internet untuk aktivasi iMessage. Terkadang, mengatur ulang pengaturan jaringan Anda membuat iMessage berfungsi. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengatur ulang pengaturan jaringan Anda:
Buka Pengaturan dan kemudian “Umum.” Temukan “Transfer atau Reset iPhone”, ketuk opsi “Reset” di dekat bagian bawah layar. Pilih “Reset Network Settings” di layar berikutnya. Masukkan kode sandi Anda, dan ponsel Anda akan dimulai ulang.
Setelah ponsel Anda di-boot ulang, periksa kembali iMessage.

Periksa Dengan Operator Anda

Terakhir, operator Anda mungkin ada hubungannya dengan masalah aktivasi Anda. Sebelum Anda menghubungi mereka untuk menanyakan, periksa apakah Anda memiliki pembaruan operator yang tersedia. Anda mungkin secara tidak sengaja melewatkan pembaruan ketika muncul di layar Anda, yang menyebabkan masalah konektivitas.
Buka Pengaturan iPhone Anda dan tekan “Umum.” Ketuk “Tentang.” Tetap di layar ini selama beberapa detik.
Jika Anda memiliki pengaturan operator pembaruan tersedia, itu akan muncul secara otomatis. Perbarui pengaturan Anda dan coba iMessage lagi. Jika tidak ada yang terjadi setelah sekitar 15-30 detik, tidak ada pembaruan baru, dan ini bukan penyebab masalah Anda.

Mulai Mengirim SMS Dengan iMessage

iMessage adalah fitur inti Apple, jadi Anda tidak dapat menggunakan perangkat sepenuhnya sampai Anda memecahkan masalah ini. Untungnya, salah satu perbaikan di atas biasanya berhasil, dan Anda akan dapat mengaktifkan aplikasi iMessage Anda. Jika tidak, dukungan Apple adalah perhentian Anda berikutnya.

Manakah dari solusi di atas yang berhasil untuk Anda? Bagikan pengalaman Anda dengan kami di komentar.