Cara Memperbaiki Kesalahan GPU Tidak Terdeteksi

Kartu grafis (juga disebut unit pemrosesan grafis atau GPU) adalah unit perangkat keras yang diperlukan yang mendukung tampilan kami saat kami menjalankan program yang kompleks. Tetapi ketika PC gagal membacanya, perangkat lunak akan kurang mendukung, dan Anda bahkan mungkin menemukan layar hitam. Untungnya, ada beberapa cara untuk memastikan GPU Anda kompatibel dengan komponen komputer lain.

Panduan ini akan membahas cara memperbaiki deteksi GPU menggunakan beberapa program untuk memastikan bahwa tampilan Anda tidak pernah mengecewakan Anda.

GPU Tidak Terdeteksi di BIOS

Mengubah pengaturan BIOS Anda harus mengaktifkan PC untuk mendeteksi kartu grafis. Atau, Anda dapat memperbarui pengaturan BIOS untuk menghapus kesalahan yang ada. Ini akan memperbaiki proses identifikasi kartu grafis komputer.

Modifikasi Pengaturan BIOS

Memasukkan dan memodifikasi BIOS adalah proses yang relatif mudah. Begini cara kerjanya:

Mengaktifkan Pengaturan PCIe di BIOS Gigabyte:
Mulai ulang PC Anda. Saat sistem me-reboot, Tekan “Del” pada keyboard Anda untuk masuk ke pengaturan BIOS. Setelah Anda masuk ke “Menu BIOS”, klik “Peripherals” dan tekan “Enter.” Temukan “Initial Display Output” dan tekan “Enter.” Pilih slot “PCI” tempat GPU Anda dipasang. Simpan perubahan Anda dan keluar dari BIOS.
Opsi lain adalah menonaktifkan kartu grafis terintegrasi Anda. Untuk melakukannya:
Restart sistem dan tahan “F2 + Delete” untuk masuk ke BIOS. Arahkan ke “Chipset Configuration” menggunakan tombol panah di layar. Pilih “Integrated Graphics” dari menu opsi. Kemudian, akan ada pop -up kotak dialog dan pilih “Disabled.” Simpan pengaturan dan tutup BIOS.
Perbarui BIOS

Jika tidak ada metode sebelumnya yang efektif, memperbarui BIOS akan menghapus semua masalah. Kartu kemudian akan kompatibel dengan versi BIOS baru. Untuk melakukan pembaruan:
Power di PC Anda. Tahan “Windows + R” untuk meluncurkan dialog run. Ketik “msinfo32” di bidang teks Run dan klik “Enter.” Periksa versi BIOS yang Anda gunakan di jendela pop-up .Buka situs web produsen untuk melihat apakah ada peningkatan yang tersedia.Unduh dan instal versi terbaru.Setelah penginstalan selesai, mulai ulang PC Anda.
GPU Tidak Terdeteksi di Pengelola Perangkat

Metode lain yang bermanfaat adalah menggunakan Pengelola Perangkat. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghapus driver grafis dan menjalankan Command Prompt untuk memperbaiki deteksi kartu grafis PC.

Uninstall Driver Grafis

Mencopot dan menginstal ulang driver menangani masalah kompatibilitas. Untuk melakukannya:
Ketuk tombol “Windows” dan ketik “Pengelola Perangkat” di bidang pencarian. Tekan “Enter.” Arahkan ke tab “Display Adapters” dan klik kanan pada driver yang telah Anda instal di PC Anda. Pilih “Properties” dari daftar opsi yang tersedia. Sekarang, buka tab “Driver” lalu klik ” Copot pemasangan”. Ulangi proses ini untuk semua driver yang diinstal. Nyalakan kembali PC setelah Anda menghapus semua driver. Pastikan Anda menghentikan PC agar tidak menginstalnya secara otomatis. Kunjungi situs web produsen kartu grafis dan simpan driver ke PC Anda. Arahkan kursor ke file yang diunduh dan klik kanan. Pilih opsi “Properties”. Pilih bagian “Kompatibilitas” dan ketuk “Jalankan program ini dalam mode Kompatibilitas.” Klik nama sistem operasi Anda di menu pop-down untuk memulai penginstalan ulang.
Gunakan Command Prompt

Command Prompt memungkinkan pengguna untuk melihat perangkat keras yang belum terhubung dengan benar ke PC . Untuk menggunakan Command Prompt untuk menghubungkan kembali driver kartu grafis:
Jalankan “Command Prompt” sebagai administrator sistem. Di jendela Command Prompt, tempel kode berikut – “set devmgr_show_nonpresent_devices = 1” – dan tekan “Enter.” Tempel “mulai devmgmt.msc” di jendela yang sama dan ketuk “Enter.” Ketika menu pop-up muncul, tekan “Lihat” dan pilih opsi “Tampilkan perangkat tersembunyi”. PC sekarang akan mendeteksi semua perangkat yang belum terhubung, termasuk kartu grafis. Hapus entri kartu grafis dan perangkat yang tidak dikenal. Anda akan menemukan entri perangkat yang tidak dikenal di bawah tab “Perangkat lain”. Perhatikan bahwa PC mungkin tidak mencantumkan kartu grafis di bawah namanya. Namun, kartu tersebut akan memiliki tanda centang kuning di sebelahnya. Nyalakan kembali PC Anda. Sistem operasi akan menginstal ulang driver kartu grafis secara otomatis.
Perbarui Driver Kartu Grafis

Jika Command Prompt tidak memperbaiki masalah, coba perbarui driver kartu grafis Anda. Versi terbaru harus bebas kesalahan dan bekerja dengan baik dengan komponen PC Anda.

Penginstalan Ulang Manual

Untuk memperbarui driver secara manual:
Tahan “Windows + X” dan pilih “Device Manager.” Perbesar menu “Display adapter”. Arahkan ke driver grafis Anda dan klik kanan.Pilih opsi “Perbarui Driver”.
Instalasi Pihak Ketiga

Anda juga dapat mengunjungi situs web resmi produsen kartu untuk memeriksa pembaruan yang tersedia. Karena menginstal versi baru mungkin memakan waktu, Anda juga dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga untuk menyelesaikan tugas. Program seperti Driver Easy mudah digunakan dan tidak merepotkan proses pembaruan. Anda dapat menggunakan versi gratis atau Pro, karena keduanya menawarkan layanan pembaruan driver. Untuk menggunakan perangkat lunak:
Unduh dan luncurkan Driver Easy. Jalankan program dan ketuk opsi “Pindai Sekarang”. Tekan “Perbarui” di sebelah driver yang diidentifikasi. Memilih “Perbarui Semua” akan menginstal ulang versi terbaru untuk semua driver pada PC Anda.
Memulihkan Pengaturan BIOS Default

Ketika BIOS beroperasi pada pengaturan default, BIOS akan menghapus peningkatan yang salah. Untuk kembali ke standar default:
Restart PC.Pilih tombol setup ketika Anda melihat layar startup.Tekan tombol “Del” dan “F2” beberapa kali untuk masuk ke setup. Tergantung pada model PC Anda, Anda mungkin perlu mengetuk tombol “F8,” “F10,” “Esc,” atau “Tab”. Sekarang Anda akan melihat menu BIOS. Arahkan ke tab “Pengaturan Default”. Itu juga bisa disebut “Default Pabrik” atau “Reset ke Default.” Pilih “Load Setup Defaults” dan klik “Enter.” BIOS akan mereset secara otomatis.Simpan perubahan dan keluar dari BIOS.
GPU Tidak Terdeteksi oleh Motherboard

Motherboard Anda akan gagal membaca driver ketika slot dingin rusak, atau driver tidak kompatibel.

Periksa Slot Kartu

Debu menumpuk di dalam komputer dan berpotensi merusak perangkat keras. Menempatkan kartu ke dalam slot yang berfungsi akan memungkinkan motherboard mendeteksi bahwa kartu telah dimasukkan. Untuk melakukannya:
Lepas penutup belakang komputer.Periksa motherboard dan slot kartu.Nyalakan PC. Slot kartu grafis mungkin menjadi masalah jika kipas tidak bekerja.Matikan PC dan lepaskan kartu grafis Anda.Letakkan di slot yang berbeda.
Instal Ulang Driver

Jika Anda menggunakan driver yang sudah usang, upgrade ke versi yang lebih baru akan memperbaikinya masalah. Begini cara kerjanya:
Hapus versi saat ini.Unduh pembaruan driver terbaru dari situs web produsen.Buka zip driver yang diunduh.Ketuk dua kali file yang tidak di-zip.Tekan “Ya” jika diminta oleh sistem.Petunjuk di layar akan memandu Anda melalui proses penginstalan ulang. Setelah selesai, klik “OK.” Ketuk “Berikutnya” untuk mem-boot ulang komputer.
GPU Not Detected but Fan Spinning

Jika sistem Anda tidak dapat mendeteksi kartu yang dimasukkan, tetapi kipas terus berputar, slot dingin bisa tersumbat. Driver kartu Anda juga bisa usang dan menyebabkan masalah.

Bersihkan Kartu Grafis

Membersihkan tumpukan debu pada slot penyisipan akan memungkinkan PC untuk menentukan apakah perangkat keras baru telah tersambung. Untuk membersihkan slot:
Matikan PC.Keluarkan kartu grafis dari PC. Jangan menyentak atau menarik kartu terlalu keras karena beberapa komponen perangkat keras mudah rusak. Lap titik kontak yang dingin dengan penghapus pensil. Sambungkan kembali kartu grafis ke komputer.
Perbarui Kartu Grafis Secara Manual

Terkadang, versi driver tidak dirancang untuk mendukung perangkat keras Anda. Melakukan pembaruan akan mengoptimalkan driver untuk bekerja dengan baik dengan komponen lainnya. Untuk melakukan pembaruan manual:
Klik “Windows + X” dan ketuk “Device Manager.” Perbesar “Display adapters” dari menu opsi. Buka opsi “Graphics Driver” dan klik kanan. Tekan “Update Driver.”
GPU Tidak Terdeteksi di Pengelola Tugas

Windows 10 memiliki fitur bawaan yang melacak kinerja GPU PC Anda. Namun, komputer hanya akan mendeteksi kartu WWDM2. Jika Pengelola Tugas tidak menampilkan kartu Anda, Anda mungkin menggunakan versi sebelumnya seperti WWDM1.

Anda dapat mengunjungi situs web resmi penyedia kartu dan melihat apakah ada opsi WWDM2. Setelah Anda mengunduh versi yang didukung, instal secara manual. Untuk melakukannya:
Uninstall driver Anda saat ini.Unzip driver dari file zip.Ketuk dua kali file yang tidak di-zip.Klik tombol “Ya” di kotak izin pop-up.Ikuti langkah-langkah instalasi di layar.Ketuk “OK” untuk menyelesaikan proses setelah Anda menginstal driver. Tekan “Next” untuk me-restart PC dan menerapkan modifikasi.
Untuk memeriksa apakah Anda telah berhasil menginstal versi driver terbaru:
Buka “Device Manager” dan pilih “Display Adapters ” option. Ketuk dua kali “Display Adapter.” Pilih bagian “Driver”. Pastikan kolom “Driver Version” dan “Driver Date” sesuai dengan informasi driver grafis Anda.
Pastikan GPU Selalu Terdeteksi

Tanpa GPU, Anda tidak akan dapat mengakses program yang menarik banyak sumber daya dari PC. Jika masalah tidak diatasi, tampilan akan gagal dan Anda akan dibiarkan dengan layar hitam. Namun, beberapa metode dapat menawarkan solusi. Anda dapat menggunakan BIOS, Task Manager, atau Device Manager untuk membantu PC Anda mengidentifikasi dan membaca kartu grafis.

Pernahkah PC Anda gagal mendeteksi kartu grafis? Manakah dari metode di atas yang membantu Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.