Cara Memperbaiki Kesalahan “Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai”.

Kesalahan Kode 10 biasanya dipicu oleh kegagalan Pengelola Perangkat untuk memulai perangkat USB atau audio. Driver sudah usang dan tidak dapat bekerja dengan sistem operasi Anda. Untungnya, beberapa metode akan memastikan bahwa perangkat keras Anda selalu aktif dan berjalan. Teruslah membaca untuk mempelajari cara melewati kesalahan pada PC atau laptop Anda.

Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai. (Kode 10) Operasi Gagal Operasi yang Diminta Tidak Berhasil

Ketika kesalahan terjadi, jendela Pengelola Perangkat akan memberi tahu Anda bahwa “operasi yang diminta tidak berhasil.” Windows 10 menunjukkan kesalahan sebagai “{Operation Failed}.” Jika Anda mengalami masalah ini pada PC atau laptop yang menjalankan sistem operasi Windows (OS), memperbarui sistem akan memungkinkannya mengenali perangkat keras yang terhubung.

Memperbarui Windows 11

Memperbarui Windows 11 relatif mudah. Untuk melakukannya:
Navigasi ke menu Start dan klik kanan.Pilih “Pengaturan” atau temukan menggunakan bilah pencarian.Pilih “Pembaruan Windows”. Ketuk “Periksa pembaruan” untuk menemukan pembaruan yang tersedia.
PC akan segera memperbarui OS Anda atau di lain waktu, tergantung pada pengaturan Windows Anda.

Update Windows 10

Pengguna Windows 10 dapat memperbarui OS mereka dan menjaganya tetap bebas dari kesalahan. Berikut cara melakukannya:
Buka menu Start dan ketuk ikon roda gigi di sudut kiri menu.Klik “Perbarui & Keamanan” dan pilih “Pembaruan Windows”. Tekan “Periksa pembaruan.”
PC Anda akan secara otomatis mulai menginstal versi OS terbaru. Atau, komputer dapat menginstal OS saat Anda tidak menggunakannya.

Memperbarui Windows 8

Anda juga dapat memperbarui OS Windows 8 dan memperbaiki kesalahan perangkat keras. Untuk melakukannya:
Buka Control Panel dan pilih “Windows Update.” Pilih “Check for updates.” Jika Anda melihat tombol “Install updates”, tekanlah.
Jika PC Anda tidak menampilkan tombol “Install updates”, itu akan secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan yang tersedia.

Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai. (Kode 10) Status_device_power_failure

Error kode 10 biasanya terjadi karena Device Manager tidak dapat mendaftarkan driver yang sudah ketinggalan zaman. Terkadang pembaruan driver tidak kompatibel dengan sistem Anda dan menyebabkan driver tidak berfungsi. Anda dapat mengembalikan sistem ke versi sebelumnya atau menginstal ulang versi Windows yang lebih lama.

Mengembalikan Sistem

Memutar kembali sistem memastikan bahwa driver perangkat keras dan OS Anda kompatibel. Untuk beralih ke versi sebelumnya:
Buka menu Mulai dan pilih “Pengaturan.” Ketuk “Perbarui dan keamanan”. Pilih “Pemulihan” dan navigasikan ke “Kembali ke versi sebelumnya.” Pilih “Mulai.”
Terkadang tombol ” Mulai” opsi akan muncul abu-abu. Dalam hal ini, Anda harus memulihkan sistem operasi Anda ke versi sebelumnya.

Kembalikan Versi Windows Sebelumnya

Jika Anda baru saja memperbarui OS, beberapa modifikasinya dapat memblokir driver perangkat keras. Setelah Anda kembali ke versi yang lebih lama, Anda akan dapat menggunakan semua perangkat keras Anda. Untuk melakukannya:
Tahan “Windows + R” untuk meluncurkan kotak dialog Run. Ketik “rstrui” ke dalam bidang teks dan ketuk “Enter.” Tekan “OK.” Pilih titik pemulihan dan pilih “Berikutnya.” Ikuti langkah- petunjuk layar untuk menyelesaikan proses.
Restart komputer Anda dan periksa apakah metode ini berhasil.

Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai. (Kode 10) WiFi

Jika PC tidak mengenali adaptor Wi-Fi, sebaiknya instal ulang driver nirkabel dan aktifkan Device Manager untuk mendeteksinya.

Anda harus mengunduh versi driver terbaru terlebih dahulu.
Kunjungi situs web resmi produsen dan temukan driver yang didukung oleh perangkat Anda menggunakan nomor seri atau produk. Unduh versi terbaru driver.
Setelah Anda mengunduh driver, Anda harus menghapus instalan versi saat ini.
Hold “Windows + X” dan pilih “Device Manager.” Gulir ke bawah dan klik opsi “Network Adapters” untuk memperluasnya. Ketuk dua kali nama driver saat ini. Arahkan ke bagian “Driver” dan tekan “Uninstall Driver.” Jika PC menampilkan “Hapus file instalasi dari opsi sistem”, pilih. Nyalakan kembali PC.
Anda sekarang dapat menginstal versi driver terbaru. Untuk melakukannya:
Cabut semua kabel Ethernet dari PC.Temukan file driver yang diunduh, buka zip folder dan mulai penginstalan.Ikuti petunjuk di layar.
Proses akan menyelesaikan masalah sebelumnya.

Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai. (Kode 10) Permintaan untuk Deskriptor HID Gagal

Kesalahan juga dapat terjadi pada touchpad laptop Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Pemecah Masalah untuk memperbaiki deteksi perangkat keras. Atau, Anda dapat menginstal ulang driver touchpad.

Jalankan Pemecah Masalah

Pemecah Masalah Perangkat Keras dan Perangkat mendiagnosis dan memperbaiki masalah dalam perangkat yang Anda sambungkan ke PC atau laptop. Untuk menggunakannya:
Arahkan kursor ke tombol Start dan klik kanan. Pilih “Windows PowerShell” atau “Command Prompt.” Ketik “msdt.exe -id DeviceDiagnostic” ke dalam kotak teks. Pemecah Masalah akan ditampilkan di jendela terpisah . Tekan “Berikutnya.”
Setelah program selesai memindai sistem, program akan menampilkan opsi perbaikan yang memungkinkan.

Instal Ulang Driver Touchpad

Jika driver touchpad sudah usang atau rusak, menginstal ulang akan memungkinkan Pengelola Perangkat mengenalinya. Untuk melakukannya:
Luncurkan Pengelola Perangkat. Ketuk tab “Perangkat Antarmuka Manusia” untuk memperbesarnya. Temukan touchpad yang sesuai dengan HID dan klik kanan di atasnya. Pilih “Copot pemasangan perangkat.” Program akan memandu Anda melalui penginstalan ulang. Setelah Anda telah menyelesaikan langkah-langkahnya, restart perangkat Anda.
Windows akan menemukan versi driver terbaru dan menginstalnya secara otomatis.

Perangkat Ini Tidak Dapat Mulai. (Kode 10) Bluetooth

Jika driver Bluetooth menyebabkan kesalahan, Anda dapat menginstal ulang atau memperbaiki file yang rusak.

Instal Ulang Driver Secara Manual

Pengguna Windows memiliki opsi untuk memperbarui driver Bluetooth mereka secara manual. Untuk melakukannya:
Tahan “Win + R” untuk membuka dialog Run. Ketik “devmgmt.msc” di kotak Run dan tekan “Enter.” Ketuk dua kali opsi “Bluetooth”. Arahkan kursor ke adaptor Bluetooth Anda dan kanan -klik.Pilih “Hapus instalan perangkat.” Pilih “Hapus perangkat lunak driver untuk perangkat ini” dan klik “Copot pemasangan.” Mulai ulang PC. Unduh versi driver terbaru dari situs web produsen. Buka zip folder unduhan dan mulai penginstalan ulang. Ikuti petunjuk di layar.
Perbarui Driver Secara Otomatis

Perangkat lunak pihak ketiga seperti Driver Easy memperbarui driver Bluetooth secara otomatis. Untuk menggunakan program:
Download dan luncurkan Driver Easy.Tekan tombol “Scan Now”. Program akan menganalisis komputer dan mengidentifikasi driver yang bermasalah. Pilih “Update All.” Driver Easy akan secara otomatis menginstal versi kompatibel dari driver yang rusak atau usang. Ketika program telah memperbarui driver Bluetooth, restart PC untuk menerapkan perubahan.
Perbaiki File yang Rusak

Terkadang file yang tertanam di driver mencegah PC untuk mendaftarkannya. Untuk memperbaiki file-file ini:
Tekan “Mulai” dan masukkan “CMD” ke dalam bilah pencarian. Ketika Prompt Perintah muncul di hasil pencarian, lakukan klik kanan dan ketuk “Jalankan sebagai Administrator.” Ketik “regsvr32 /u btmshellex.dll ” di bidang teks dan tekan “Enter.” Tindakan ini membatalkan pendaftaran file dll PC. Ketik “regsvr32 btmshellex.dll” di kotak teks dan tekan “Enter.” Tindakan ini mendaftarkan file dll PC. Mulai ulang komputer.
Metode ini akan memungkinkan PC Anda mengenali driver Bluetooth tanpa masalah. Namun, pengguna yang masih mengalami masalah harus menghubungi produsen motherboard mereka. Jika motherboard bermasalah, pabrikan akan memberikan informasi tentang melewati masalah driver Bluetooth.

Metode lain untuk memperbaiki file dan komponen yang rusak adalah dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti Restoro. Program mengidentifikasi file masalah dan menghapusnya dari PC. Untuk menggunakannya:
Unduh dan luncurkan Restoro.Program memindai komputer dan memberi Anda laporan menyeluruh tentang statusnya.Laporan ini menguraikan semua masalah yang dihadapi PC. Pilih “Mulai Perbaikan” untuk menyelesaikannya secara otomatis.
Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai. (Kode 10) Audio

Ketika sistem suara Anda memicu kesalahan, mengupgrade driver kartu suara akan menyelesaikan masalah kompatibilitas. Untuk melakukannya:
Tahan “Windows + X” untuk meluncurkan Device Manager. Klik pada bagian “Sound, video, and game controllers” untuk memperluasnya. Klik kanan pada driver sound system Anda. Pilih “Update driver.” Ketuk “Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui.”
Jika ada pembaruan yang tersedia, Windows akan mengunduh dan menginstalnya secara otomatis. Setelah penginstalan selesai, reboot PC Anda dan periksa apakah sistem suara Anda berfungsi dengan baik.

Perangkat Ini Tidak Dapat Memulai. (Kode 10) Permintaan I/O Dibatalkan

Kesalahan sering terjadi pada perangkat keras yang terhubung ke PC melalui kabel USB. Memperbarui atau menginstal ulang driver yang sesuai akan memungkinkan mereka berfungsi dengan OS Anda.

Memperbarui Driver

Untuk memperbarui driver perangkat USB, Anda harus mengakses Device Manager. Untuk melakukannya:
Ketik “pengelola perangkat” di bilah menu Pencarian dan pilih Pengelola Perangkat dari hasil pencarian. Klik kanan pada perangkat USB yang ingin Anda perbarui. Ketuk “Perbarui Driver.” Pilih “Cari secara otomatis untuk perangkat lunak driver yang diperbarui .”
Jika Windows gagal menemukan pembaruan, periksa situs web produsen. Mereka juga akan memberikan instruksi yang akan memandu Anda melalui proses.

Instal Ulang Driver

Anda juga akan menggunakan Pengelola Perangkat untuk menginstal ulang driver perangkat USB. Berikut cara melakukannya:
Arahkan ke bilah tugas dan ketik “pengelola perangkat” di bidang pencarian. Ketuk Pengelola Perangkat untuk meluncurkannya. Klik kanan pada nama perangkat USB dan klik “Copot pemasangan”. Mulai ulang PC.
Windows akan menginstal ulang driver secara otomatis dan menghapus gangguan perangkat keras.

Keep Hardware Error-Free

Menghubungkan perangkat USB ke PC akan meningkatkan pengalaman pengguna, sehingga kesalahan Kode 10 dapat mencegah Anda memaksimalkan PC. Kabar baiknya adalah ada beberapa cara untuk mengatasi kesalahan, dan biasanya melibatkan penyesuaian driver OS atau perangkat keras Anda.

Pernahkah Anda mengalami kesalahan ini? Manakah dari metode di atas yang Anda gunakan? Beri tahu kami di komentar.