Cara Memperbaiki Kesalahan Rumus Umum di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Formulas dapat menjadi cara yang ampuh untuk memanipulasi, mengevaluasi, menemukan, dan menganalisis data. Tapi dengan formula bisa muncul masalah. Berikut adalah beberapa kesalahan rumus umum di Microsoft Excel, cara memperbaikinya, dan alat untuk bantuan lebih lanjut.

Ketika Anda memasukkan rumus ke dalam sel dan menekan Enter atau Return, Anda mungkin melihat salah satu kesalahan berikut di sel, bukan yang diharapkan hasil. Anda mungkin juga melihat kesalahan di luar yang tercantum di sini, tetapi ini adalah beberapa kesalahan rumus yang paling umum di Excel.

Error: #####

Ini mungkin salah satu kesalahan termudah untuk diperbaiki di Excel. Jika Anda memiliki data dalam sel dan kolom tidak cukup lebar untuk menampilkan data tersebut, Anda akan melihat #####.

Fix: Memperluas kolom dengan menyeret header huruf ke kanan. Atau, cukup klik dua kali panah dua sisi di sisi kanan kolom. Ini menyesuaikan lebar untuk mengakomodasi string data terpanjang di kolom itu.

Error: #DIV/0!

Anda akan melihat #DIV/0! kesalahan jika Anda membagi dengan nol atau sel kosong. Ini dapat terjadi dengan mudah jika Anda belum memasukkan semua data Anda sebelum membuat rumus.

Dalam contoh kami, kami membagi sel B2 dengan sel C2 dan C2 kosong.

Fix: Konfirmasikan bahwa sel Anda berisi nilai yang bukan nol atau kosong. Anda juga dapat menggunakan fungsi IFERROR sehingga jika terjadi kesalahan, ia mengembalikan hasil yang Anda tentukan daripada #DIV/0! error.

Error: #N/A

Saat Anda menggunakan fungsi pencarian seperti XLOOKUP, HLOOKUP, VLOOKUP, dan MATCH, Anda akan melihat kesalahan ini saat rumus tidak dapat menemukan kecocokan.

 

Di bawah ini kami memiliki rumus untuk fungsi XLOOKUP di mana nilai pencarian (20735) tidak ada di kumpulan data kami.

Catatan: Tinjau data Anda untuk memastikan nilai yang Anda cari ada atau konfirmasi bahwa Anda telah memasukkan yang benar nilai dalam rumus.

Error: #NAME?

#NAME? kesalahan adalah kesalahan rumus umum lainnya yang akan Anda lihat di Excel. Yang ini dapat terjadi karena beberapa alasan.

Anda akan melihat kesalahan ini jika rumus:

Berisi fungsi yang salah ejaBerisi nama yang tidak ditentukanAda kesalahan ketik pada nama yang ditentukanTidak ada tanda kutip untuk teksTidak ada titik dua di antara rentang sel

Di sini, kami memiliki satu rumus dengan salah eja fungsi dan lainnya dengan titik dua yang hilang.

Fix: Cari kesalahan ejaan, kesalahan ketik, operator yang hilang, dan rentang bernama yang dirujuk dalam rumus Anda telah ditentukan.

Error: #NULL!

Anda akan melihat kesalahan ini dalam beberapa kasus. Yang paling umum adalah jika Anda memiliki operator rentang yang salah dalam rumus Anda.

Misalnya, di sini kita memiliki fungsi SUM untuk menambahkan dua rentang sel. Rumusnya berisi spasi, bukan koma, yang merupakan pemisah gabungan.

Lain kali Anda akan melihat #NULL! kesalahan adalah jika Anda menggunakan operator persimpangan untuk rentang yang tidak berpotongan.

Fix: Perbaiki operator rentang atau gabungan dalam rumus Anda atau ubah rentang sel ke rentang yang berpotongan.

Error: #REF!

Jika Anda mereferensikan sel tidak valid dalam rumus, Anda akan melihat pesan #REF! kesalahan. Ini dapat terjadi jika Anda menghapus kolom atau baris yang berisi referensi, jika Anda menggunakan fungsi pencarian seperti VLOOKUP di mana referensi tidak ada, atau Anda menggunakan INDIRECT untuk buku kerja tertutup.

Dalam rumus di bawah ini, kami menggunakan SUM untuk mengurangi nilai di sel B2 dari nilai di sel C2. Kami kemudian menghapus kolom C yang menghasilkan kesalahan.

Fix: Ganti kolom atau baris, buat ulang rumus, atau buka kembali buku kerja yang direferensikan.

Error: #VALUE!

Jika Anda melihat kesalahan ini, berarti ada yang salah dengan cara rumusnya tertulis atau dengan sel yang Anda referensikan. Anda mungkin menggunakan fungsi matematika untuk data non-numerik atau sel yang berisi spasi tersembunyi.

Di sini, kami menggunakan SUM untuk mengurangi nilai dalam dua sel di mana satu berisi teks, bukan angka.

Fix: Perbaiki format data yang Anda gunakan seperti teks alih-alih nomor. Dalam contoh kami, kami hanya memasukkan referensi sel yang salah. Atau, lihat referensi sel untuk ruang tersembunyi, seperti spasi awal atau akhir, dan hapus.

Alat untuk Membantu Mengatasi Kesalahan di Excel

Kesalahan dapat memperparah tetapi dapat mencegah kita membuat kesalahan dan menggunakan data yang salah. Untuk bantuan tambahan dalam menemukan kesalahan di Excel, coba alat ini.

 

Aktifkan pemeriksaan kesalahan latar belakang: Buka File > Opsi > Rumus. Centang kotak di bawah Pemeriksaan Kesalahan, lalu gunakan kotak di bagian Aturan Pemeriksaan Kesalahan untuk yang ingin Anda lihat.

Gunakan alat Evaluasi Rumus: Buka Rumus > Evaluasi Rumus untuk membuka evaluasi langkah demi langkah rumus Anda.

Trace kesalahan: Jika Anda tidak yakin dengan sel dengan masalah dalam rumus Anda, Anda dapat menggunakan alat pelacakan kesalahan. Buka Rumus > Pemeriksaan Kesalahan dan pilih “Kesalahan Jejak.” Anda kemudian akan melihat garis biru dari rumus Anda ke sel dalam argumen. Perbaiki rumus untuk menghapus tracing.

Dapatkan bantuan untuk kesalahan: Ketika Anda memiliki sel dengan kesalahan dan melihat ikon kesalahan ditampilkan, klik untuk menampilkan opsi tambahan. Pilih “Bantuan untuk Kesalahan Ini” untuk membuka bilah sisi dengan detail tentang masalah tersebut.

Semoga mengetahui kapan kesalahan rumus umum ini terjadi dapat membantu Anda menghindarinya di masa mendatang. Untuk lebih lanjut, lihat dasar-dasar menyusun rumus di Excel.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki Kesalahan Rumus Umum di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.