Cara Memperbaiki Ketika Windows Tidak Mengenali Headphone

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Banyak orang senang mendengarkan musik atau audio game menggunakan headphone, karena kualitas suaranya biasanya jauh lebih baik daripada speaker standar. Sayangnya, ada kalanya komputer Anda menolak untuk mengenali dan mendukung perangkat tersebut. Hal ini menyebabkan kebingungan dan gangguan karena Anda mungkin tidak yakin apa yang harus dilakukan. Jangan khawatir, ada banyak solusi yang tersedia di ujung jari Anda. Baca terus untuk mempelajari semua tentang memperbaiki masalah ini. Perhatikan bahwa perbaikan ini berfungsi di semua versi Windows.

Windows Tidak Mengenali Headphone

Tidak masalah jika Anda menggunakan jack audio 3,5mm, perangkat headphone USB, atau headphone nirkabel, ada kalanya Windows menolak untuk menerimanya. Anda ingin mendengarkan audio dengan perangkat ini, tetapi masalahnya tidak selalu terletak pada headphone itu sendiri. Selain driver audio yang rusak, ini mungkin masalah perangkat keras. Sebagian besar perangkat audio tidak memerlukan penyiapan tambahan, terutama yang berkabel. Anda hanya perlu menyambungkan perangkat ke jack audio atau port USB gratis agar perangkat dapat langsung bekerja. Ketika berbicara tentang Bluetooth, segalanya mungkin menjadi lebih rumit.

Aktifkan Perangkat yang Dinonaktifkan

Jika sepasang headphone berfungsi dengan perangkat lain tetapi tidak dengan komputer Anda, maka ada kemungkinan perangkat tersebut telah dinonaktifkan. Berikut cara memulihkannya:
Buka Panel Kontrol. Cari “Suara”. Buka tab “Putar” untuk melihat perangkat audio yang diaktifkan di dalamnya. Klik kanan di ruang dan aktifkan “Tampilkan Perangkat yang Dinonaktifkan”. Jika Anda melihat headphone Anda di atasnya, klik kanan padanya dan pilih “Aktifkan.” Terapkan pengaturan ini dan pilih “OK.” Uji headphone Anda dan lihat apakah audio diputar melaluinya. Beberapa orang menonaktifkan perangkat secara tidak sengaja, tetapi seharusnya tidak menjadi masalah jika Anda melakukan langkah-langkah di atas.

Jalankan Pemecah Masalah Audio

Pemecah masalah audio berguna saat Anda tidak yakin penyebab masalahnya. Jika itu tidak menyelesaikan masalah, itu mencoba mengarahkan Anda ke solusi. Itu dapat ditemukan di semua versi Windows. Ikuti langkah-langkah ini untuk memecahkan masalah:
Buka menu Pengaturan di komputer Anda. Pilih “Perbarui dan Keamanan”. Klik “Pemecahan Masalah”. Buka “Pemecah Masalah Tambahan” atau “Pemecah Masalah Lain” sesuai dengan versi Windows. Pilih ” Mainkan Audio” pemecah masalah. Pilih perangkat yang tidak berfungsi dan klik “Berikutnya”. Tunggu hingga pemecah masalah mengidentifikasi masalah apa pun. Jika diminta untuk menonaktifkan “Efek Suara dan Penyempurnaan”, pilih opsi untuk melakukannya. Hapus centang “Aktifkan Penyempurnaan Audio”. Terapkan pengaturan.
Karena pemecah masalah audio tidak selalu menampilkan pesan yang sama, ikuti petunjuk dan lihat apakah headphone berfungsi setelah pemindaian selesai.

Perbarui Driver Audio Anda

Windows dan semua sistem operasi lainnya memerlukan driver terbaru untuk berfungsi pada tingkat optimal. Karena driver lama dapat mengandung kekurangan, disarankan untuk sering memperbaruinya. Meski begitu, ada kalanya memutar kembali ke yang lebih lama adalah langkah yang lebih aman karena beberapa yang baru dapat menimbulkan bug.

Berikut cara memperbarui driver audio Anda:
Tekan Tombol Windows + X. Buka “Pengelola Perangkat”. Cari “Audio Inputs And Outputs.”Klik kanan opsi “Headphones”.Pilih “Update Driver.”Klik “Search Automatically For Drivers.”Restart komputer Anda.Uji headphone Anda.
Langkah-langkah ini untuk memutar kembali ke driver lama:
Tekan Windows Key + X.Buka Device Manager.Pilih “Audio Inputs And Outputs.”Klik kanan “Headphones.”Pilih “Properties.”Klik pada “Roll Back Driver.”Konfirmasi dan mulai ulang komputer Anda.
Audio driver harus selalu aktif -to-date, karena Windows biasanya memperbaruinya sendiri. Namun, kesalahan terjadi, dan sekarang tugas Anda untuk memperbaikinya. Ini membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Itu akan mengakibatkan semua perangkat lain tidak menghasilkan suara. Namun, ini adalah perbaikan mudah yang hanya membutuhkan beberapa klik. Inilah yang harus dilakukan:
Buka Panel Kontrol Windows.Buka Suara.Dalam “Pemutaran”, cari headphone Anda.Klik headphone, lalu pilih “Setel Default”.Uji dan lihat apakah suara diputar melaluinya.
Hanya itu diperlukan untuk menukar perangkat default. Jika tidak satu pun dari langkah-langkah ini berhasil, itu mungkin jack audio yang rusak, port USB, atau headphone itu sendiri.

Windows Tidak Mengenali Headphone Mic

Headphone atau headset gaming cenderung memiliki mikrofon untuk membantu gamer melakukan obrolan suara satu sama lain. Dengan begitu, mereka tidak perlu membeli mikrofon USB. Sayangnya, pengaturan kadang-kadang tidak berfungsi dan menolak untuk mengenali mikrofon.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab mikrofon tidak berfungsi.
Mikrofon rusakKabel rusakPort audio yang tidak berfungsiAnda tidak menyalakan sakelar mikrofon
Ini adalah masalah perangkat keras, tetapi jika Anda headset berfungsi di perangkat lain, Anda dapat mencoba solusi di bawah ini. Uji mereka satu per satu sampai ada yang berhasil. Berikut cara memperbaikinya:
Buka Panel Kontrol. Buka bagian “Suara”. Klik “Perekaman”. Klik kanan headset Anda dan buka “Properti”. Klik “Level” dan geser volume ke 100.Uji dan lihat apakah mikrofon menerima audio.
Gunakan Port yang Benar

Jack audio 3,5mm laptop memiliki fungsi input dan output. Namun, PC desktop biasanya memiliki dua port ini. Satu untuk input, dan yang lainnya untuk output audio. Jika Anda menggunakan jack yang salah, headset Anda tidak akan berfungsi.

Dalam hal ini, Anda dapat mengganti jack, dan itu harus didaftarkan. Meski begitu, beberapa headphone tidak berfungsi dengan PC. Anda perlu memastikan bahwa Anda mendapatkan headset yang benar untuk perangkat Anda.

Untungnya, tersedia adaptor dan pembagi. Perangkat ini berguna jika portanya tidak kompatibel.

Kerusakan Kecil

Tidak menyenangkan melihat headphone dan mikrofon headset Anda tidak dikenali oleh sistem. Meskipun mungkin ada masalah perangkat keras, solusi yang kami bahas terbukti membantu dalam banyak kasus. Tidak perlu khawatir tentang masalah ini karena Anda dapat memperbaikinya dengan sangat cepat.

Metode mana yang membantu Anda? Apa solusi lain yang Anda ketahui yang tidak tercakup di sini? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.