Cara Memperbaiki Layar Buram di Windows 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Ubah pengaturan resolusi dan penskalaan tampilan Windows Anda jika Anda memiliki layar buram dalam kondisi desktop normal. Aktifkan ClearType jika teks terlihat buram, atau berikan lebih banyak kekuatan pada masalah dengan mengaktifkan mode grafis “Kinerja Tinggi” di aplikasi yang terpengaruh. Pembaruan driver juga dapat membantu memperbaiki masalah visual. Layar buram atau tidak jelas dapat membuat penggunaan desktop Windows 11 dan aplikasi Anda menjadi pengalaman yang menyedihkan. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah, mulai dari mengubah pengaturan hingga memperbarui driver.

Mengubah Resolusi dan Pengaturan Penskalaan

Ada perbedaan antara pengaturan penskalaan dan resolusi di Windows. Menyetel keduanya dengan benar dapat memperbaiki kegunaan dan membuat masalah kualitas, seperti layar buram.

Tampilan beresolusi rendah dapat digambarkan sebagai “buram” karena resolusi yang lebih rendah menghasilkan piksel yang terlihat lebih besar. Pengaturan penskalaan memungkinkan Windows menaikkan atau menurunkan skala UI (antarmuka pengguna) bergantung pada kerapatan piksel sehingga elemen UI tidak tampak terlalu kecil pada monitor dengan kerapatan piksel tinggi.

Keduanya dapat disesuaikan pada Setelan > Sistem > Tampilan. Pertama, tingkatkan resolusi layar untuk meningkatkan kerapatan piksel (Windows akan memiliki setelan “disarankan” untuk tampilan Anda). Anda kemudian dapat mengatur penskalaan secara independen pada salah satu monitor Anda yang terpasang.

Aktifkan ClearType untuk Teks Buram

Jika teks tampak buram, berpiksel, atau sulit dibaca di Windows 11, menyesuaikan pengaturan font untuk memastikan ClearType diaktifkan dapat membantu. Ini harus diaktifkan secara default, tetapi ada baiknya memeriksa apakah Anda mengalami masalah dengan rendering font.

Buka Pengaturan> Personalisasi> Font dan klik tombol dropdown “Pengaturan Terkait”. Di menu yang muncul, klik opsi “Adjust ClearType text” lalu pastikan “Enable ClearType” dicentang di jendela yang muncul.

Hit “Next” dan jalankan melalui ClearType Text Tuner untuk memastikan bahwa tampilan Anda sudah diatur untuk hasil terbaik. Anda harus memilih contoh teks yang paling cocok untuk Anda untuk menyetel cara Windows merender font di layar Anda. Aktifkan Pengaturan Grafik Kinerja Tinggi

Jika layar Anda terlihat kabur di aplikasi tertentu, Anda dapat mencoba memaksa Windows untuk menggunakan pengaturan kinerja tinggi setiap saat. Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Sistem> Tampilan> Grafik dan pilih aplikasi. Anda dapat memilih dari daftar aplikasi yang sudah diisi sebelumnya, atau tekan “Browse” dan temukan file EXE yang ingin Anda targetkan.

Sekarang tekan “Options” dan pilih “High performance” di jendela yang muncul. Tekan “Simpan” dan coba luncurkan aplikasi lagi. Ini akan menyebabkan Windows membuang semua yang ada di aplikasi, bahkan jika Anda menggunakan laptop yang terhubung ke daya baterai.

Terutama ini akan memengaruhi kinerja, tetapi juga dapat memengaruhi kejernihan gambar. Anda harus dapat meningkatkan pengaturan grafis seperti resolusi dan tingkat detail tanpa mengkhawatirkan Windows menahan performa.

Pertimbangkan Pembaruan Driver Grafis

Memperbarui driver grafis Anda sangat penting untuk tetap mengikuti rilis terbaru. Driver baru dapat memperbaiki masalah seperti performa buruk, sering error, gangguan, dan masalah rendering seperti visual buram.

Anda dapat melakukannya menggunakan utilitas yang disertakan dengan kartu grafis Anda seperti NVIDIA GeForce Experience (atau melakukan pembaruan driver tanpa GeForce Experience) dan AMD’s Auto -Deteksi dan Instal utilitas. Jika Anda memiliki grafis Intel ARC atau Intel Extreme, Anda dapat menggunakan Asisten Driver & Dukungan Intel. Pembaruan driver baru dapat meningkatkan kinerja fitur yang sudah Anda gunakan, terutama solusi peningkatan seperti Deep Learning Super Sampling (DLSS) NVIDIA. Hal ini terutama terjadi ketika AMD FidelityFX Super Resolution (FSR) berpindah dari peningkatan spasial ke temporal, menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Putar Video

Terkadang pembaruan driver kartu grafis tidak berjalan sesuai rencana, membuat Anda berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada sebelum Anda memulai. Pelajari cara memulihkan dari pembaruan driver GPU yang buruk. Terakhir, jika tampilan Anda buram karena tertutup kotoran, pastikan Anda menghindari kerusakan dengan membersihkannya dengan benar.

TERKAIT: Cara Memperbaiki Layar Berkedip di Windows 10

Disadur dari HowToGeek.com.