Cara Memperbaiki Layar Eksternal yang Berkedip di Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda menggunakan layar Apple dengan MacBook atau Mac desktop, semuanya biasanya sempurna. Namun, tampilan non-Apple dapat menunjukkan perilaku aneh seperti berkedip, dan tidak selalu jelas bagaimana cara memperbaikinya. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda coba.

Disable Variable Refresh Rate

Ada fitur yang dikenal sebagai Adaptive Sync di macOS yang tersedia saat Anda menggunakan kombinasi perangkat keras yang tepat. Khususnya, jika Anda memiliki monitor kecepatan refresh variabel dan menggunakan koneksi DisplayPort. Apa yang dilakukan adalah mengubah kecepatan refresh monitor secara dinamis agar sesuai dengan kecepatan bingkai konten di layar.

Ada dua alasan Anda ingin menggunakan Adaptive Sync. Salah satunya adalah untuk menghemat listrik, yang tidak terlalu berguna untuk monitor desktop yang terhubung ke dinding. Yang kedua adalah untuk mencegah masalah seperti pulldown judder saat memutar (misalnya) film 24fps. Jika Anda mengedit konten video, sinkronisasi adaptif adalah alat yang hebat untuk dimiliki, karena Anda melihat konten pada kecepatan bingkai yang seharusnya.

Sayangnya, tidak setiap monitor menangani Adaptive Sync dengan baik. Misalnya, kami menggunakan LG Ultragear 1440p 165Hz dengan M1 MacBook Air, dan perubahan kecepatan refresh sangat jelas, bermanifestasi sebagai kedipan cepat setiap kali apa pun di layar bergerak. Jika Anda melihat jenis kedipan berbasis gerakan ini, solusi terbaik adalah menonaktifkan Adaptive Sync.

Klik tombol Apple di kiri atas layar dan pilih System Preferences.

Pilih Displays.

Dari jendela Displays, klik Display Settings.

Pilih monitor yang dimaksud dari panel sebelah kiri.

Jika Refresh Rate terdaftar sebagai “variabel”, pilih refresh rate statis sebagai gantinya.

Sekarang gambar Anda harus benar-benar stabil, setidaknya sampai Anda reboot atau cabut lalu masukkan kabel monitor. Kami tidak dapat menemukan cara untuk menonaktifkan kecepatan refresh variabel secara permanen di macOS dan defaultnya adalah pengaturan ini setiap kali. Satu-satunya solusi permanen adalah berpindah dari DisplayPort ke HDMI, yang tidak mendukung fitur tersebut atau menonaktifkan kecepatan refresh variabel pada monitor itu sendiri.

Periksa Dongle Anda

Sebagian besar Mac modern memiliki kekurangan port, mengandalkan beberapa port dan adaptor Thunderbolt untuk menghubungkan periferal. Ini berfungsi dengan baik secara umum, tetapi jika Anda mengalami layar berkedip, mungkin ada masalah dengan dongle HDMI atau DisplayPort Anda. ada pembaruan firmware atau perbaikan lain yang tersedia untuk masalah yang diketahui.

Coba Urutan Plug-in yang Berbeda

Kami telah melihat beberapa kedipan aneh dan piksel layar “merangkak” saat menggunakan monitor eksternal dengan Mac , dan satu perbaikan yang andal adalah menyambungkan berbagai komponen menggunakan urutan tertentu. Yang paling penting tampaknya adalah mendaur ulang adaptor. Jadi cabut adaptor dari Mac, dan kemudian monitor dari adaptor. Kemudian colokkan adaptor terlebih dahulu, lalu pasang monitor.

Kami juga menemukan bahwa jika Anda menggunakan adaptor daya melalui adaptor, cukup cabut adaptor daya dari dongle dan pasang kembali, atau gunakan daya pada Thunderbolt alternatif port tampaknya menyelesaikan masalah gambar. Perbaikan utama di sini tampaknya memaksa “boot ulang” dongle.

Periksa Pengaturan Monitor Anda

Pengaturan monitor Anda sendiri mungkin menyebabkan kedipan dan ini tidak harus khusus untuk Mac. Mematikan fitur kecepatan refresh variabel pada monitor adalah salah satu yang telah kami sebutkan sebelumnya. Namun, Anda juga harus memeriksa apakah Penyisipan Bingkai Hitam diaktifkan. Beberapa monitor PC memiliki fitur ini, tetapi fitur ini umum di TV. Jadi, jika Anda mendapatkan gambar yang berkedip-kedip saat menghubungkan Mac ke TV, itu mungkin alasannya.

Fitur ini tidak selalu disebut Penyisipan Bingkai Hitam. Ini mungkin memiliki nama alternatif seperti “pengurangan blur” atau “mode respons 1ms”. Sedikit waktu mesin pencari akan membantu menemukan nama pengaturan yang benar jika layar Anda memiliki fitur ini.

Perbarui Monitor atau Firmware TV Anda

Beberapa monitor dan hampir semua TV modern memungkinkan Anda memperbarui firmware perangkat. Sepertinya ini bukan penyebab masalah kedipan Anda, tetapi ada baiknya memeriksa apakah masalah kompatibilitas Mac telah diatasi dalam pembaruan terbaru untuk tampilan Anda jika ada.

Coba DisplayPort

Jika Anda memiliki monitor yang menerima koneksi DisplayPort, mungkin ada baiknya beralih ke dongle DisplayPort jika Anda mendapatkan kedipan atau keanehan lainnya pada HDMI. Kami mengalami masalah acak pada Mac kami menggunakan adaptor HDMI, terutama yang macOS tidak mendeteksi resolusi dan kecepatan refresh monitor dengan benar.

Itulah berita seputar Cara Memperbaiki Layar Eksternal yang Berkedip di Mac, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.